Surat Sehat Dokter dan Pahami Cara Membuatnya

Surat Sehat Dokter

Hi sobat Vmedis, pastinya sudah tahu bahwa saat ini surat sehat dokter sangat penting sebagai dokumen pelengkap. Biasanya penggunaannya untuk melamar pekerjaan entah itu swasta atau negeri. Tidak luput juga ketika menempuh jenjang pendidikan harus melampirkan surat keterangan sehat dari dokter tersebut. 

Nantinya surat tersebut sebagai bukti bahwa sobat Vmedis sekalian dalam keadaan yang sehat dari luar dan dalamnya. Jika ingin mendapatkannya bisa mengunjungi lembaga kesehatan seperti puskesmas atau rumah sakit terdekat. 

Cara Membuat Surat Sehat Dokter

Terdapat cara atau langkah – langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat surat keterangan sehat dari dokter. Dengan begitu bisa membantu kamu dalam setiap prosesnya nanti. 

Contoh Surat Sehat1. Puskesmas

Sobat Vmedis pastinya sudah tahu bahwa membuatnya dapat melalui puskesmas atau rumah sakit, nah untuk cara pertama melalui puskesmas yaitu : 

  • Datanglah ke puskesmas terdekat pada pagi hari saat jam kerja dimulai yaitu pada pukul 07.30. Jangan sampai kamu datang melebihi jam siang yaitu pukul 12.00 karena pada jam tersebut sudah tutup pelayanannya.
  • Membawa kartu identitas asli yang kamu miliki seperti KTP atau yang lainnya. Siapkan pas foto 3×4 untuk berjaga – jaga jika nantinya diperlukan. Jika surat sehat tersebut untuk kamu, jangan menggunakan identitas orang lain.
  • Untuk kamu yang belum pernah membuat surat sehat maka bisa menanyakan prosedur dan antrian kepada petugas yang ada. Agar nantinya kamu paham setiap prosesnya dan tidak ada kekurangan dalam membuatnya. 
  • Ketika nomor antrian sudah terpanggil maka kamu harus menyerahkan identitas dan dokumen yang sudah ada. Kemudian jangan lupa untuk membayar biaya administrasi antara Rp 10.000-Rp50.000. Jumlah nominal tersebut tergantung dari kebijakan puskesmas. 
  • Saat di dalam ruangan nantinya dokter akan memberi pertanyaan seputar riwayat penyakit. Kemudian memeriksa tekanan darah, mata, telinga, berat, dan tinggi badan. 
  • Setelah sudah melalui pemeriksaan, dokter akan mengisi surat sehat tersebut dan menandatanganinya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan surat keterangan sehat yang terlegalisir.

2. Rumah Sakit

Untuk yang ingin mendapatkan surat keterangan sehat melalui rumah sakit dapat memahami langkah – langkah berikut :

  • Sobat Vmedis bisa mendatangi rumah sakit terdekat dengan lokasi rumah. Kemudian dapat memilih RSUD yang biasanya memiliki biaya administrasi lebih murah daripada rumah sakit swasta lainnya. 
  • Berikutnya kamu ke bagian customer service dan sampaikan bahwa ingin membuat surat keterangan sehat. Nantinya kamu akan diarahkan ke bagian pembuatan surat sehat. 
  • Langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan sebagai pasien rumah sakit. Untuk kamu yang belum pernah ke rumah sakit tersebut bisa mendaftarkan sebagai pasien baru. 
  • Setelah itu nantinya akan mereka arahkan ke bagian umum untuk memeriksa kesehatan. Hampir sama seperti di puskesmas yaitu riwayat sakit, tekanan darah, kesehatan mata, dan lainnya. 
  • Setelah sudah menyelesaikan pemeriksaan dan dalam kondisi sehat maka dokter akan mengeluarkan surat keterangan sehat yang sudah bertanda tangan. 

Mudah Bukan Cara Membuat Surat Sehat Dokter?

Dengan demikian, cara membuat surat keterangan sehat dari dokter tidak sesulit yang kalian bayangkan. Melalui puskesmas atau rumah sakit terdekat, sobat Vmedis bisa membuatnya. Kemudian jangan lupa membawa dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat nantinya. 

Untuk kalian yang memiliki usaha di bidang kesehatan atau memiliki klinik, anda dapat menggunakan Software Klinik dari Vmedis. Hampir Segala urusan pekerjaan, mendata pasien klinik, daftar layanan, ketersediaan obat, dan administrasi akan terbantu nantinya. Sehingga akan menghemat waktu dan tenaga dalam bekerja. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?