Butuh Obat? Inilah Perbedaan Toko Obat dan Apotek dalam Menjual Obat

Perbedaan Toko Obat dan Apotek

Hai sobat Vmedis! Apakah sobat dalam keadaan sehat? Saat ini menjaga kesehatan harus sobat Vmedis prioritaskan. Sebab musim pancaroba telah datang, musim panas pun mulai berganti menjadi musim hujan. Keadaan panas yang sungguh terik dan hujan yang tiba-tiba dapat membuat kita mudah merasa kelelahan hingga akhirnya tumbang. 

Apabila sobat Vmedis merasa tidak enak badan, sobat Vmedis harus segera beristirahat dan memperbaiki pola makan. Jangan lupa untuk memberikan tubuh Vmedis waktu untuk beristirahat sebab kerja lembur juga tidak baik untuk badan. Namun apabila istirahat dan memperbaiki pola makan masih kurang, segeralah membeli obat yang mampu mengobati penyakit tersebut.

Nah untuk membeli obat, toko obat dan apotek adalah dua tempat yang bisa sobat Vmedis rujuk. Sebelum membeli, tahukah kamu apa perbedaan toko obat dan apotek? Yuk kita pahami artikel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan kedua tempat tersebut!

Toko Obat 

Toko obat adalah fasilitas umum yang memiliki izin operasional untuk menjual obat-obatan. Fasilitas umum satu ini juga harus memiliki pemilik sebab ia yang akan menjadi penanggung jawab. Toko obat bisa sobat Vmedis temui di banyak tempat. Izin yang dimiliki oleh toko obat adalah izin usaha menjual obat-obatan.

Toko obat memang menjual obat, namun tidak semua obat bisa dirujuk ke sini. Tempat ini hanya boleh menjual obat generik yang memiliki tanda hijau dan biru. Dua tanda tersebut adalah penanda untuk obat yang bebas dan obat bebas terbatas. 

Obat bebas memiliki tanda hijau sebab ia tidak membutuhkan resep atau arahan dokter dalam mengkonsumsinya. Sedangkan obat bebas terbatas memiliki tanda hijau. 

Jenis obat ini tidak memerlukan resep dokter namun apabila sobat Vmedis membutuhkan obat ini untuk mengobati sakit, sobat Vmedis dapat memeriksa cara penggunaannya di balik kemasan obat. 

Kemudian, perbedaan toko obat dan apotek adalah toko obat cukup dijaga oleh asisten apoteker. Membeli di toko obat pun tidak memerlukan resep dokter. Tempat ini juga tidak bisa menjadi tempat rujukan resep dari dokter.  

Apotek

Tempat yang menjual obat ini harus memiliki izin apotek dan hanya boleh dijaga oleh apoteker. Apotek tidak harus lebih besar dari toko obat, namun yang menjadi penanggung jawab adalah apotek itu sendiri. Apabila sobat Vmedis merasa ragu untuk membeli di toko obat, maka tempat ini bisa jadi pilihan yang lebih baik.

Dalam menjual obat, apotek diberikan kekuasaan untuk menjual obat bebas, obat bebas terbatas, obat keras dan obat psikotropika. Pilihan obat yang dijual di apotek memang lebih banyak dan lebih lengkap di toko obat. Alasan di balik banyaknya jumlah obat sebab apotek menerima rujukan resep dokter.

Para apoteker khusus yang menjaga apotek dapat membantu sobat Vmedis untuk membeli obat menurut resep yang dokter berikan.  

Sudah Tahu Perbedaan Toko Obat dan Apotek?

Setelah memahami perbedaan toko obat dan apotek di atas, sobat Vmedis pasti tahu kemana harus membeli obat. Apabila sobat Vmedis memiliki resep dokter, maka pergilah membeli obat melalui apotek. Namun apabila sobat Vmedis hanya membutuhkan obat ringan dengan cara penggunaan di balik kemasan obat, toko obat adalah jawaban yang tepat. 

Namun tidak semua orang memiliki waktu lebih banyak untuk berbelanja secara langsung. Beberapa lebih mengandalkan belanja online. Nah, apabila sobat Vmedis lebih menyukai belanja online, gunakan software apotek untuk memeriksa jenis obat dan penggunaannya secara lengkap. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?