Cara Membuka Apotek Resmi. Peluang Bisnis Bagi Apoteker?

Cara Membuka Apotek Resmi. Peluang Bisnis Bagi Apoteker

Kini toko obat atau apotek menjadi peluang bisnis tersendiri. Maka dari itu tata cara membuka apotek harus sobat Vmedis ketahui.

Seorang apoteker tidak hanya bekerja dalam instansi rumah sakit. Namun saat ini marak para apoteker yang memiliki apotek sendiri. Kebanyakan dari mereka membuka jenis apotek retail.

Apotek itu adalah menjual obat-obatan yang menyembuhkan penyakit yang ringan. Meskipun demikian, cara membuka apotek retail juga memerlukan tahapan yang panjang.

Cara Membuka Apotek

Berikut ini langkah-langkah yang harus sobat Vmedis ketahui!

1. Pemilihan Tempat Usaha yang Stategis

Tempat untuk apotek tidak bisa sembarangan. Bangunan tersebut harus Strategis dan aksesnya mudah dijangkau oleh masyarakat.

Usahakan letak apotek tidak jauh dari fasilitas umum seperti perumahan dan rumah sakit. Keduanya adalah lokasi yang sering kita jumpai orang-orang yang membutuhkan obat.

Maka dari itu, membuka apotek pada tempat tersebut menjadi keuntungan tersendiri. Selain letaknya yang strategis, ini dia syarat lain yang harus sobat Vmedia penuhi.

2. Memiliki SIUP

SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Sobat Vmedis dapat mengurusnya pada daerah masing-masing sesuai tempat berdirinya apotek.

Dalam mendirikan apotek, wajib hukumnya memiliki surat ini. Hal itu karena SIUP adalah bukti pengesahan dari pemerintah setempat bahwa membuka apotek yang sobat Vmedia lakukan telah sah menurut hukum Indonesia.

3. Memiliki SIMA

Surat ini dengan SIUP sangat berbeda. Surat Izin Mendirikan Apotek memerlukan beberapa persyaratan untuk dipenuhi oleh calon pemilik apotek.

Berikut ini salinan berkas yang harus sobat Vmedis siapkan saat melaksanakan cara membuka apotek.

  • Akta Notaris
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Apoteker dan asisten apoteker
  • Surat Izin Kerja (SIK) sebagai apoteker dan ijazah
  • Bukti sewa tempat atau Surat Hak Milik (SHM) jika bangunan milik sendiri
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat ini berbeda dengan SIUP. Hal itu karena SIMA adalah surat yang nantinya berguna untuk mengajukan permohonan ke Dinas Kesehatan.

Hanya ini saja? Tentu tidak, sob! Berikut ini adalah langkah-langkah lainnya yang wajib dikerjakan oleh pendiri apotek.

4. Mengisi Formulir APT-1

Langkah yang pertama yaitu pastikan berkas-berkas yang telah siap. Kemudian sebagai pemilik apotek, sobat Vmedis wajib datang (tanpa diwakilkan) ke Dinas Kesehatan tingkat Kabupaten dan mengisi formulir APT-1.

Setelah persyaratan awal sudah terselesaikan, maka tugas Dinas Kesehatan tingkat kabupaten dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk melakukan survey. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan kesesuaian dengan berkas yang telah terlampirkan sebelumnya.

Kehadiran BPOM cukup berpengaruh bagi calon pengusaha apotek. Hal itu karena mereka bertugas untuk mengecek kesiapan teknis dari apotek tersebut.

5. Lengkapi Administrasi

Jika sudah layak, maka Dinas Kesehatan akan memberikan surat rekomendasi untuk sobat Vmedis melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Langkah selanjutnya dalam cara membuka apotek adalah administrasi.

Biaya administrasi awal dalam mendirikan apotek yaitu sebesar Rp250.000 rupiah. Dengan memberikannya pada bagian kasir, kemudian kamu akan mendapatkan beberapa tanda bukti pembayaran. Simpan baik-baik bukti tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

6. Menunggu Penerbitan Legalitas

Selanjutnya kamu hanya menunggu penerbitan legalitas mendirikan apotek. Sobat Vmedis wajib menunggunya selama 14 hari kerja. Setelah legalitas telah keluar, kamu dengan leluasa mengembangkan bisnis baru dalam bidang apotek.

Membuka Apotek Dengan Bantuan Software

Setelah semuanya telah terlaksana, maka saatnya kamu mengembangkan apotek tersebut. Kini kecanggihan teknologi dapat membantu usaha apotek berkembangan pesat dengan bantuan sebuah software.

Kini Indonesia memiliki software apotek terbaik. Perangkat lunak tersebut dapat membantumu dalam mengembangkan bisnis apotek yang saat ini serba digital.

Yuk tunggu apalagi? Segera kunjungi website software apotek terbaik ini untuk penawaran yang menarik. Manfaatkanlah untuk kinerja bisnis apotek yang lebih baik dari sebelumnya!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?