Informasi Seputar Gaji Kerja di Apotek

Gaji Kerja di Apotek

Gaji kerja di apotek di setiap daerah memiliki rentang berbeda. Tentu saja, bagi Anda yang bekerja menjadi asisten apoteker di pinggir kota maupun pusat kota dipengaruhi banyak faktor seperti gaya hidup dan tunjangan lainnya.

Meskipun demikian, profesi menjadi seorang apoteker ternyata juga masuk dalam kategori gaji tertinggi. Hal itu karena apoteker dapat bekerja di dunia industri maupun perusahaan farmasi maupun kosmetik. Biasanya, tugas mereka adalah mengerjakan penelitian maupun pengembangan racikan dalam sebuah produk.

Gaji di apotek memang dipengaruhi banyak faktor baik harga bahan obat, kualifikasi maupun kepemilikan usaha. Meskipun begitu, profesi ini tetap menjanjikan.

Mengenal Apa Itu Apoteker

Salah satu profesi yang diidam-idamkan di bidang kesehatan adalah apoteker. Profesi ini lebih banyak bekerja mengenai obat-obatan sekaligus membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Hal itu karena pekerjaannya berhubungan langsung dengan keselamatan dan kesehatan orang lain.

Umumnya, apoteker yang bekerja di apotek adalah seorang sarjana farmasi maupun diploma. Selain itu, lulusan tersebut juga dinyatakan lulus uji kompetensi, ucap sumpah jabatan apoteker dan melakukan asistensi kurang lebih 2 tahun. Bidang pekerjaan tersebut juga memerlukan kemampuan di dalam ilmu kimia dan kesehatan.

Agar sobat Vmedis dapat bekerja secara legal, maka sesudah menempuh bangku pendidikan sebagai apoteker maka perlu melakukan pengurusan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) dan pengurusan Surat Izin Praktik Apoteker (SIPA).

Apoteker yang kerja di apotek memiliki peran penting dalam menentukan sekaligus memastikan tingkat keefektifan dan keamanan dalam pemakaian obat serta pendidikan dalam memakai obat secara rasional dan efek sampingnya.

Tidak hanya itu, seorang apoteker tidak sekedar dibekali dengan ilmu kimia. Namun, mereka juga mampu mengolah obat-obatan dari herbal dengan berdasar pada dasar ilmiah dengan bekal ilmu fitokimia maupun fitofarmaka.

Berapa Gaji Kerja di Apotek?

Gaji Seorang Asisten Apoteker dengan Lulusan SMK Farmasi

Tidak hanya dapat menempuh pendidikan seorang profesi apoteker, pada kenyataannya terdapat cara cepat untuk bekerja di bidang farmasi bagi lulusan SMK Farmasi. Sesudah lulus dari sekolah tersebut, Anda dapat secara langsung dapat bekerja sebagai seorang asisten apoteker  di apotek terdekat,.

Salah seorang apoteker dari lulusan SMK Farmasi tersebut dapat mendapatkan pendapatan setara dengan UMR yang sesuai di daerah.

Gaji Apoteker dengan Status Pegawai Negeri Sipil

Seorang apoteker dengan status PNS dari golongan III/b dengan masa kerja 0 tahun dan belum menikah,. Biasanya memperoleh Take Home Pay dengan kisaran Rp3-Rp3,3 juta dan termasuk dengan gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan beras dan layanan jasa. Kisaran gaji Rp3 juta ini juga berlaku bagi apoteker yang bekerja di BPOM. Apabila dilihat, mereka dapat memperoleh gaji dengan peluang tergantung dari instansi maupun lembaga dimana dia bekerja.

Gaji Teknisi Farmasi

Perlu Sobat Vmedis ketahui. Kisaran penghasilan alias gaji dari seorang teknisi farmasi maupun asisten apoteker berkisar Rp7.492.993,88 tiap bulan pada tahun 2021. Namun perolehan gaji tersebut berdasarkan pengalaman apoteker selama 6- 10 tahun. 

Tidak hanya pengalaman, seorang apoteker tersebut tidak hanya bekerja di counter obat. Tetapi juga bertugas dalam mengerjakan berbagai jenis produk maupun obat-obatan di laboratorium untuk asistensi, proses peracikan obat dan pengujian.

Seorang apoteker yang memiliki sertifikat umumnya dapat membangun apotek sendiri. Umumnya, seorang apoteker memberikan pelayanan bagi para lulusan farmasi di bidang layanan kesehatan lain seperti, rumah sakit, laboratorium klinik dan lainnya.

Sekarang, Sudah Tahu Berapa Gaji Kerja di Apotek?

Itulah informasi seputar gaji kerja di apotek. Bagi sobat Vmedis yang ingin mendapatkan berbagai jenis kebutuhan informasi seputar apotek terdekat tanpa perlu keluar rumah. Pilihan terbaik adalah gunakan aplikasi apotek vmedis untuk memenuhi kebutuhanmu. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?