Contoh Surat Sehat dan Cara Mengurusnya, Penting!

Seringkali kita mendengar istilah surat keterangan sehat, tetapi apakah sobat Vmedis mengetahui bagaimana contoh surat sehat yang resmi? Ketika melamar pekerjaan, mengurus dokumen pengajuan beasiswa, mengikuti tes penerimaan pegawai negeri, atau keadaan yang lain tidak jarang melibatkan dokumen surat keterangan sehat. 

Sobat Vmedis tentunya pernah kewalahan atau bingung untuk menyelesaikan keperluan adminstrasi tersebut.

Dengan segera membuat surat sehat merupakan satu-satunya solusi dari permasalahan tersebut. Namun nyatanya tidak seluruh orang mengetahui apa itu surat keterangan sehat. Bagi siapa saja yang sedang mencari contoh surat sehat, maka sobat Vmedis sedang membaca artikel yang tepat!

Mengenal Tentang Surat Sehat

Surat sehat merupakan dokumen yang menyatakan keadaan kesehatan seseorang dengan bukti yang sebenar-benarnya. Dokter melalui lembaga kesehatan resmi mengeluarkan surat sehat sebagai salah satu dokumen resmi yang memiliki masa berlaku. 

Pemohon harus mempersiapkan beberapa dokumen untuk mengurus surat sehat. Saat membuat surat sehat, pemohon membawa fotokopi identitas diri dan pasfoto berwarna. 

Pihak yang mengeluarkan surat sehat juga memiliki tanggung jawab atas kebenaran data. Pemohon juga perlu memperhatikan masa berlaku surat sehat yang berkisar antara satu minggu hingga satu bulan. Ketika masa berlaku tersebut telah habis maka sobat Vmedis harus membuat surat sehat yang baru.

Contoh Surat Sehat

Rumah sakit, puskesmas, dan klinik merupakan lembaga kesehatan yang resmi menerbitkan surat sehat. Berikut ini lembaga yang mengeluarkan surat sehat secara resmi dan contoh surat sehat:

1. Contoh Surat Sehat dari Rumah Sakit

Sobat Vmedis yang membuat surat sehat di rumah sakit, biasanya akan datang saat jam buka agar tidak terjebak dalam antrean. Surat sehat yang dikeluarkan rumah sakit memiliki tarif yang bervariasi. Sobat Vmedis perlu mengetahui bahwa biaya yang dibutuhkan di RSUD lebih terjangkau daripada RS Swasta.

Sobat V medis menuju ke antrean umum setelah menyelesaikan bagian pendaftaran. Ketika giliran telah tiba, langkah selanjutnya adalah observasi oleh dokter terkait dengan kesehatan, berat badan, tinggi badan, dan tekanan darah.

Sobat Vmedis perlu menunggu hingga pihak rumah sakit menerbitkan surat sehat setelah selesai mengikuti prosedur hingga ke tahap pemeriksaan.

Pihak rumah sakit mengeluarkan contoh sebagai berikut:

Surat Sehatsource: pelayananpublik.id

2. Contoh Surat Sehat dari Puskesmas

Sobat Vmedis dapat membuat surat sehat di puskesmas yang mana langkah-langkah yang dilakukan secara garis besar mirip dengan mengurus di rumah sakit. Pemohon akan menyadari bahwa mengurus surat kesehatan di puskesmas memerlukan data seperti fotokopi identitas dan pas foto.

Sobat Vmedis perlu menunggu hingga pihak puskesmas menerbitkan surat sehat setelah selesai mengikuti prosedur hingga ke tahap pemeriksaan.

Pihak puskesmas mengeluarkan surat sehat sebagai berikut:

source: pelayananpublik.id

 

3. Contoh Surat Sehat dari Klinik

Lembaga ketiga yang secara resmi dapat menerbitkan surat sehat adalah klinik. Klinik kesehatan memiliki prosedur pendaftaran yang kurang lebih sama dengan puskesmas dan rumah sakit.

Sobat Vmedis memilih klinik untuk membuat surat sehat mungkin karena tempat ini akan mempersingkat waktu karena tidak terlalu ramai. Namun selain itu, sobat Vmedis juga melakukan pemeriksaan jadwal operasional klinik terlebih dahulu. 

Maka berikut ini adalah surat sehat yang berada pada pilihan ketiga dan dapat sobat Vmedis dapatkan melalui klinik:

Contoh Surat Sehatsource: vmedis

Ternyata mengurus surat keterangan kesehatan tidak sulit bukan? Terlebih lagi sobat Vmedis telah mengetahui bagaimana cara mengurus sekaligus telah melihat contoh surat sehat yang diterbitkan oleh instansi resmi yang berwenang.

Lalu apakah anda seorang pengusaha Klinik? kalau iya maka anda ga perlu repot2 manual bikin suratnya, anda bisa bikin lewat Aplikasi Klinik Vmedis, dimana bikin surat sehat dan sakit tinggal input datanya aja.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?