Surat Pesanan Narkotika yang Benar itu Bagaimana?

Surat Pesanan Narkotika

Kamu pasti sering mengunjungi apotek untuk memesan obat. Obat yang kamu pesan pastinya mempunyai tujuan untuk kamu gunakan sebagai keperluan medis. Seperti yang sering kita ketahui, ketika ingin membeli obat di apotek, ada beberapa obat yang memerlukan surat pesanan dari dokter, terutama apabila obat tersebut adalah obat yang tergolong narkotika.

Sebagai apoteker, pastinya kamu harus mengetahui bagaimana format surat pesanan narkotika yang sesuai dengan standar yang ada. Tetapi, ada beberapa orang awam atau pasien yang tidak paham tentang bagaimana menuliskan format surat pesanan narkotika untuk keperluan medisnya. Hal ini sangat sering terjadi kepada pasien yang tidak mempunyai wawasan mengenai surat ini.

Tentunya narkotika yang kamu pesan akan kamu gunakan khusus dan hanya untuk keperluan medis yang kamu hadapi. Ketika kamu tidak mempunyai surat pesan narkotika ini, apoteker akan susah memberikan kamu obat yang tergolong narkotika untuk keperluan medismu. Apalagi, jika kamu tidak memiliki surat ini ketika sedang memiliki obat narkotika.

Narkotika dalam Dunia Medis

Sepertinya dalam masyarakat, istilah narkotika sudah tidak asing lagi jika dibicarakan. Tetapi konotasi dalam pemaknaan narkotika ini akan selalu mengarah ke arah negatif seperti pecandu, kriminal, orang jahat, dan stigma lainnya. Tetapi yang jelas, ketika bertemu dengan keperluan medis, narkotika ini mempunyai peran yang penting dalam penyembuhan sintetis maupun herbal.

Obat yang tergolong narkotika ini mempunyai efek seperti menurunnya tingkat kesadaran, hilang rasa pada indera, mengurangi rasa nyeri pegal, dan bahkan menghilangkan rasa nyeri pegal pada tubuhmu. Narkotika ini juga menjadi obat yang seringkali mengakibatkan ketergantungan kepada penggunanya. Maka dari itu, sebagai apoteker kamu harus berhati – hati dalam memberikan surat pesan narkotika ini.

Format Surat Pesanan Narkotika yang Benar

Tentunya, dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana format surat pesanan narkotika yang benar agar kamu bisa melihat bagaimana standar surat yang akan kamu perlukan dalam dunia medis.sebenarnya untuk menuliskan format surat ini tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Dalam format surat ini, tentunya kamu memerlukan nama dokter dan nomer surat ijin praktek atau SIP yang ia miliki. Hal ini untuk membuktikan bahwa kamu memang sedang diperlukan mengkonsumsi obat narkotika tersebut. Selanjutnya kamu perlu menuliskan alamat apotik tempat kamu memesan obat. 

Sisanya, kamu hanya perlu memasukkan data diri kamu dan meminta tanda tangan dari doktermu. Di bawah ini kami akan menyediakan salah satu contoh surat pesanan narkotika yang benar.

Contoh :

Surat Pesanan Narkotika

Catatan:

  • Satu Surat Permintaan hanya berlaku untuk satu jenis Narkotika / Psikotropika
  • Surat Permintaan dibuat sekurang – kurangnya 3 (tiga) rangkap

Surat pesanan narkotika ini pastinya harus kamu gunakan untuk keperluan medis saja. Ketika kamu menggunakan format pesanan narkotika ini untuk hal lain, kamu akan berurusan dengan hukum dalam penyalahgunaan obat terlarang. Yang pasti kamu akan dengan mudah terlacak keberadaannya apabila kamu menyalahgunakan obat narkotika atau psikotropika ini. Kunjungi software apotek terbaik untuk informasi lengkapnya yuk, selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?