Modal Buka Apotek yang Diperlukan dan Keuntungan Membuka Apotek

Modal Buka Apotek

Kini, apotek semakin dibutuhkan oleh banyak orang, membuka apotek menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Jika sobat Vmedis tertarik untuk membuka apotek, simak dahulu apa saja modal buka apotek yang perlu sobat Vmedis persiapkan dan juga apa saja keuntungan membuka apotek berikut ini.

Modal Buka Apotek

Sebelum membuka sebuah apotek, maka ada baiknya sobat Vmedis mengetahui beberapa informasi mengenai biaya-biaya yang perlu sobat Vmedis keluarkan dan berapa modal buka apotek tersebut. Simak informasi pentingnya berikut ini ya.

1. Biaya Perizinan

Biaya modal buka apotek yang pertama sobat Vmedis pikirkan adalah biaya perizinan. Sebelum apotek buka, sobat Vmedis wajib mengurus perizinan usaha yang nantinya sobat Vmedis butuhkan untuk mendapatkan SIA atau Surat Izin Apotek.

Surat izin apotek bisa sobat Vmedis dapatkan dengan biaya sekitar Rp1.000.000,- dan biaya biasanya berbeda-beda tergantung wilayah masing-masing.

2. Biaya Perabotan atau Peralatan

Biaya berikutnya yang perlu sobat Vmedis pikirkan adalah biaya perobatan atau peralatan. Perabotan atau peralatan yang perlu sobat Vmedis persiapkan adalah seperti etalase untuk menaruh obat-obatan, lemari, kursi untuk pengunjung dan karyawan.

Untuk apotek dengan skala kecil, sobat Vmedis bisa menunda untuk menggunakan AC. Nantinya setelah apotek sobat Vmedis berkembang, sobat Vmedis bisa menambahkan AC demi kenyamanan pengunjung apotek.

Untuk biaya perabotan dan peralatan ini bervariasi tergantung dari kebutuhan masing-masing apotek, namun biasanya berkisar antara Rp6.000.000,- sampai dengan Rp8.000.000,-

3. Biaya Obat-obatan

Biaya modal buka apotek yang paling besar adalah biaya untuk obat-obatan, dan hal ini tergantung dari besarnya skala apotek yang sobat Vmedis buka. Bagi sobat Vmedis yang membuka apotek dengan skala kecil, sobat Vmedis bisa memulai dengan obat-obatan ringan seperti batuk, pilek, sakit perut dan juga yang lainnya.

Selain obat-obatan tersebut, sobat Vmedis juga bisa menyediakan berbagai vitamin harian yang banyak masyarakat butuhkan dan juga perlengkapan kesehatan lainnya seperti hand sanitizer, masker, tisu yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Biaya obat-obatan naik sekitar 5-10% setiap tahunnya. Oleh karena itu, semakin menunda kamu mendirikan apotek maka biaya yang dikeluarkan kemungkinan akan semakin besar. Saat ini, diperkirakan untuk melengkapi isian obat wajib apotek dibutuhkan modal sekitar 70-80 jutaan. 

Perkiraan ini tergantung seberapa besar apotek yang akan kamu dirikan, semakin lengkap obatnya maka modal yang diperlukan semakin banyak pula.

4. Gaji Karyawan

Biaya modal buka apotek terakhir yang perlu sobat Vmedis pikirkan adalah gaji karyawan. Untuk besaran gaji karyawan ini bervariasi tergantung dari kesepakatan bersama antara pemilik usaha dan juga para pekerjanya. Biasanya gaji karyawan mengikuti standar gaji UMR daerah masing-masing.

Untuk apotek dengan skala kecil, sobat Vmedis bisa menyediakan 2 sampai 3 orang karyawan yang bekerja untuk apotek sobat Vmedis. Seiring berjalannya waktu dan apotek berkembang, maka jumlah karyawan juga bisa bertambah.

Keuntungan Membuka Apotek

Membuka apotek ternyata memiliki berbagai keuntungan yang sobat Vmedis bisa rasakan. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa keuntungan membuka apotek yang sobat Vmedis bisa rasakan

1. Bisnis yang Menjanjikan

Apotek merupakan sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak, di tengah pandemi Covid-19 dan juga pola hidup masyarakat terutama kota-kota besar, kesehatan menjadi masalah serius yang ada dalam pikiran banyak orang.

Dengan hadirnya apotek di tengah masyarakat, mereka tidak perlu harus pergi ke rumah sakit yang mungkin membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama hanya demi untuk mendapatkan obat. Masyarakat bisa langsung mengunjungi apotek dan membeli obat-obatan yang mereka butuhkan.

2. Konsumen Akan Selalu Datang

Jika sobat Vmedis membuka sebuah apotek, maka dengan tingkat kebutuhan masyarakat terhadap obat-obatan, bisa dipastikan bahwa apotek akan selalu kedatangan konsumen. 

Orang-orang yang datang ke apotek, bukan hanya untuk membeli obat-obatan untuk menyembuhkan suatu penyakit saja, melainkan sobat Vmedis juga bisa menyediakan berbagai multivitamin yang masyarakat butuhkan.

3. Tidak Membutuhkan Ruang dan Tempat yang Luas

Bagi sobat Vmedis yang akan membuka sebuah apotek, maka sobat Vmedis tidak perlu menyediakan tempat atau lahan yang luas seperti sebuah rumah sakit. Sebuah apotek kurang lebih membutuhkan lahan yang hanya seluas sebuah ruko saja.

Bahkan untuk apotek skala kecil, sobat Vmedis bisa menggunakan halaman rumah saja. Sobat Vmedis hanya tinggal memberikan papan pemberitahuan apotek di depan halaman rumah saja agar masyarakat tahu bahwa sobat Vmedis membuka sebuah apotek.

Itulah apa saja modal buka apotek yang perlu sobat Vmedis persiapkan dan juga keuntungan membuka apotek. Membuka dan menjalankan sebuah apotek tentu tidaklah mudah, namun kini sudah ada software apotek yang akan membantu sobat Vmedis menjalankan bisnis apotek dengan lebih mudah. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?