Gaji Farmasi beserta Tugas dan Prospek Kerja Farmasi

Gaji Farmasi

Seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya, menjadi farmasi adalah cita-cita yang cukup umum jika ditanyakan kepada orang. Hal tersebut karena farmasi ini berkaitan erat dengan obat-obatan dan bertugas untuk membantu dokter dalam penanganan terhadap pasien. Sebagai balas jasa yang telah mereka lakukan, Sobat Vmedis tentunya penasaran akan gaji yang mereka dapat. Berikut ini adalah kisaran gaji farmasi.

Apa Tugas Pekerja Farmasi?

Sebagai seseorang yang sudah ahli pada bidangnya, para pekerja farmasi memang sudah terbekali dengan berbagai ilmu sedari mereka masih kuliah atau menjalankan pendidikan. 

Seorang sarjana farmasi akan menjalankan sumpah yang telah mereka ucapkan saat mereka akan lulus. Salah satu bidang pekerjaaan yang akan mereka tempati adalah menjadi apoteker pada apotek-apotek yang ada.

Inilah beberapa tugas farmasi atau apoteker :

  • Para petugas farmasi akan mendistribusikan, memproduksi dan mendesign obat sedemikian rupa untuk penyakit-penyakit yang ada.
  • Meracik obat tersebut dengan Standard Operating Prosedur yang berlaku.
  • Mengawasi obat-obat sesuai dengan resep dokter kepada para pasien agar obat tersebut dapat digunakan sebagaimana mestinya.
  • Melakukan konsultasi terhadap pasien-pasien untuk obat-obat generous yang tidak memerlukan resep dokter.
  • Menjelaskan efek samping obat selengkap-lengkapnya kepada pasien.

Prospek Kerja Farmasi

Pada zaman yang sudah canggih ini, memang persaingan kerja sudah sangat sengit dan meninggi. Banyak sekali para lulusan sarjana-sarjana yang belum mendapat pekerjaan setelah mereka lulus. Begitu juga dengan farmasi. 

Selain skill-skill yang mumpuni, banyak lowongan pekerjaan untuk para mahasiswa dan mahasiswi pekerjaan yang memerlukan pengalaman.

Sebelum mengetahui berapa besar gaji farmasi, Sobat Vmedis harus tahu terlebih dahulu prospek kerja para lulusan farmasi ini. Berikut ini beberapa pekerjaan yang dapat Sobat Vmedis ketahui :

1. Industri Farmasi

Bekerja dalam bidang industri farmasi memang menjadi harapan utama para lulusan karena sejalan dengan ilmu-ilmu yang mereka pelajari di perkuliahan. Kefarmasian yang identic dengan obat-obatan tidak hanya akan membuatmu memegang obat semata. 

Sobat Vmedis dapat bekerja pada perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang makanan, minuman, sampai ke bidang makeup.

Gaji Farmasi yang ada pada industri ini cukup tinggi tergantung posisi yang kamu dapat. Umumnya, berkisar pada angka Rp 47.000.000 sampai ke Rp 87.000.000 per tahunnya.

2. Industri Pendidikan

Menjadi lulusan farmasi bukan berarti kamu harus memegang obat-obatan terus loh. Kamu bisa membagi ilmu yang kamu dapat pada orang lain dalam industri pendidikan ini. Bekerja sebagai dosen atau guru untuk anak didikmu. 

Namun, untuk menjadi dosen, Sobat Vmedis perlu melanjutkan pendidikan lebih tinggi sampai minimal S2 dengan jurusan farmasi. Namun jika kamu lebih memilih untuk menjadi guru, maka kamu tidak harus melanjutkan studi sampai jenjang S2.

Gaji Farmasi untuk industri pendidikan ini juga tidak kalah dengan industri pertama. Berkisar antara Rp48.000.000 sampai ke Rp70.000.000 tergantung instansi pendidikan yang kamu pilih.

3. Farmasi Pemerintahan

Prospek kerja bidang farmasi untuk mendukung pemerintahan Indonesia juga terbilang cukup banyak. Ada lembaga resmi pemerintah Indonesia yang mengurus tentang makanan dan obat-obatan, Yitu BPOM. Selain BPOM, Sobat Vmedis juga dapat mencari pekerjaan pada BPJS yang bertugas untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk instansi ini, gaji farmasi yang akan kamu dapat adalah sekitar Rp4.000.000 sampai Rp16.000.000 per bulannya.

Tertarik Untuk Bekerja di Bidang Farmasi

Itulah beberapa prospek dan kisaran gaji farmasi yang bisa Sobat Vmedis tahu. Cukup menggiurkan, bukan? Nah, sekarang ini, sudah ada juga software apotek online Vmedis yang bisa kamu pilih sebagai alternatif pembelian obat jadi tidak perlu ribet lagi untuk mencari apotek. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?