Aplikasi SIMONA Apotek: Membuat Laporan Bulanan & Self Assessment

Aplikasi SIMONA Apotek

Aplikasi SIMONA apotek merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai sistem pembinaan serta monitoring untuk rumah sakit, apotek, toko obat, apotek, dan klinik yang merupakan bagian dari Fasilitas Pelayanan Kefarmasian.

Sebagai apoteker atau orang yang bekerja di bidang kefarmasian, Sobat Vmedis wajib tahu cara registrasi akun serta melakukan self assessment untuk perpanjangan izin apotek melalui aplikasi ini. Simak berikut caranya.

Registrasi Aplikasi SIMONA Apotek

Saat ini proses perpanjangan izin apotek dilakukan melalui sistem digital, yaitu SIMONA. Siapkan data-data apotek di tempat Sobat Vmedis bekerja, termasuk kode SIPNAP.

Jika Sobat Vmedis belum punya, silahkan registrasi terlebih dahulu lalu berikan kode pendaftarannya ke surel admin-simona@kemkes.go.id.

  1. Pertama, buka browser dan akses situs web SIMONA yaitu simona.kemenkes.go.id
    2. Selanjutnya, klik tombol berwarna hijau yang bertuliskan “Daftar”
    3. Isi data umum pada kolom yang berada di bagian kiri layar Sobat Vmedis. Untuk kolom kode, istilah kode SIPNAP apotek.

Saat ini, Sobat Vmedis sudah berhasil melakukan pendaftaran akun pada aplikasi SIMONA apotek. Lakukan login dengan mengisi kolom surel dan password lalu klik “Login”.

Cara Membuat Laporan Pelayanan Kefarmasian Bulanan

Setelah login, Sobat Vmedis dapat melihat tiga menu utama aplikasi SIMONA apotek pada bagian kiri, yaitu Pelaporan Pelayanan Kefarmasian, Form Self Assessment, dan Peraturan & Edukasi.

Berikut cara mengisi Pelaporan Pelayanan Kefarmasian yang wajib Sobat Vmedis isi setiap bulannya.

  1. Login ke aplikasi SIMONA apotek dan masuk ke menu Pelaporan Pelayanan Kefarmasian
    2. Pada bagian kanan atas, klik tombol “Buat Pelaporan” dan tunggu sejenak
    3. Tentukan bulan dan tahun yang akan Sobat Vmedis buat laporannya
    4. Kemudian klik “kirim” dan Sobat Vmedis telah selesai melakukan pelaporan bulanan.
    5. Lakukan screenshoot pada halaman Riwayat Pelaporan Apotek. Nantinya hasil screenshoot ini merupakan salah satu syarat dokumen untuk perpanjangan izin apotek.

Langkah-langkah Pengisian Self Assessment Aplikasi SIMONA Apotek

Self Assessment perlu Sobat Vmedis isi dan kirim dokumennya saat perlu mengurus pengubahan atau perpanjangan izin apotek. Berikut langkah mudah melakukan self assessment.

  1. Login pada aplikasi SIMONA apotek lalu klik menu “Form Self Assessment”
    2. Pada bagian kanan atas, klik tombol “Isi Form” dan tunggu sejenak
    3. Akan muncul formulir, dari nama apotek, alamat, hingga keterangan mengenai tenaga kefarmasian yang bekerja di apotek.
    4. Setelah terisi semua, silahkan Sobat Vmedis klik “Kirim”
    5. Kemudian pada layar akan muncul ke halaman sebelumnya yaitu halaman Riwayat Self Assessment Apotek. Jika proses self assessment tadi berhasil, maka akan muncul pada halaman ini.

Pada saat mengisi form self assessment pada aplikasi SIMONA apotek ini, Sobat Vmedis harus sudah memiliki NIB atau Nomor Induk Berusaha. Jika belum, NIB dapat diurus melalui Online Single Submission (OSS).

Nggak Mau Ribet Mengelola Apotek?

Demikian cara registrasi aplikasi SIMONA apotek serta melakukan laporan yang dibutuhkan untuk perizinan apotek. Tips paling ampuh untuk mempermudah melakukan pelaporan adalah memanfaatkan software apotek terbaik di Indonesia yaitu Vmedis.

Tersedia banyak fitur yang akan mempermudah pekerjaanmu sebagai apoteker seperti monitor stok obat dan keuangan apotek, kartu stok otomatis, stok opname tanpa tutup apotek, hingga mendapatkan laporan pareto obat.

Dengan demikian Sobat Vmedis akan lebih mudah untuk mengerjakan laporan-laporan yang dibutuhkan karena data otomatis akan tersedia melalui software ini.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?