3 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis Apotek

 

Persaingan bisnis apotek cukup ketat, mengingat industri ini perlu menangani banyak data dan konsumen yang terbatas dan cerdas. Waktu yang dimiliki oleh apotek untuk memasarkan obat baru sebelum obat generik membanjiri pasar juga menjadi tantangan tersendiri. Untuk dapat sukses menghadapi persaingan bisnis apotek, ada beberapa strategi yang perlu Anda lakukan. Apa saja? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Menyediakan sarana dan prasarana terbaik

Strategi sukses menghadapi persaingan bisnis apotek yang pertama adalah menyediakan sarana dan prasarana terbaik bagi konsumen. Anda perlu menyediakan sarana dan prasarana yang nyaman, ramah, dan terasa leluasa. Bagaimana caranya? Anda bisa menentukan tata letak, pencahayaan, serta tata ruang yang membuat pengunjung (tidak hanya pasien atau konsumen) merasa betah untuk berlama-lama berada di apotek Anda.

Kenyamanan menjadi kunci utama kesuksesan bisnis apotek karena semakin nyaman pengunjung berada di apotek Anda, semakin besar pula peluang mereka untuk membeli obat-obatan dari apotek Anda. Menciptakan first impression (kesan pertama) yang baik bisa menjadi awal bagi kesuksesan Anda bersaing dalam bisnis apotek. Jadi, pastikan Anda menyediakan saranan dan prasarana apotek terbaik untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Selalu utamakan pelayanan

Memiliki staf yang ramah terhadap konsumen adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Perubahan suasana hati bisa terjadi, namun jangan sampai hal tersebut menular kepada pengunjung apotek Anda. Pastikan staf bisnis apotek Anda selalu menyambut pengunjung dengan hangat agar mereka dapat lebih rileks dan senang saat berada di apotek Anda. Pelayanan yang baik juga akan memberikan personal touch yang membuat konsumen lebih percaya dengan sistem pelayanan Anda.

Jika pengunjung sudah mendapatkan kepercayaan dari bisnis apotek Anda, akan lebih mudah untuk mengarahkan mereka terhadap pembelian yang lebih besar dan berkelanjutan. Kepercayaan yang terjalin dengan baik akan menghasilkan loyalitas pengunjung terhadap apotek Anda. Maksimalkanlah pelayanan apotek dengan terus menebar senyuman, pelayanan yang ramah tanpa amarah, dan penjelasan yang informatif dan komunikatif. Berikan juga penjelasan yang mudah dipahami agar konsumen lebih mengerti dan tertarik untuk membeli produk di apotek Anda.

Mengembangkan apotek melalui pendekatan spiritual intelligent

Untuk sukses menghadapi persaingan bisnis apotek, Anda harus mencoba berbagai cara. Termasuk dengan melakukan pendekatan spiritual intelligent. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang menuntun aktivitas apotek yang berlandaskan pada nilai-nilai universal, seperti kasih dan ketulusan. Jika bisnis apotek Anda sudah mampu menerapkan pendekatan dengan model valubes-driven marketing ini, Anda akan mampu menjalin hubungan yang baik terhadap konsumen maupun para stakeholder bisnis apotek Anda.

Bagaimana wujud spiritualise tersebut? Anda bisa melakukannya dengan mencintai jejaring stakeholder apotek dan menjunjung tinggi kejujuran. Apotek yang sudah berkembang dan berhasil mencapi tahap spiritual ini akan membangun hubungan antara apotek dan berbagai pihak yang berkepetingan yang langgeng dan tidak lekang oleh waktu. Strategi ini menuntut keterlibatan apoteker secara langsung untuk memberikan manfaat maksimal.

Tidak semua hal mengenai konsumen yang bisa ditugaskan kepada karyawan dan asiten apoteker. Berbagai kondisi yang merupakan bagian dari upaya menunjukkan kasih dan ketulusan terhadap konsumen seperti proses skrining resep dan pemberian asuhan kefarmasian akan lebih efektif jika dilakukan langsung oleh apoteker. Hal ini, secara tidak langsung, juga mengembalikan kesejatian apotek sebagai tempat pengabdian profesi apoteker yang sudah mengucap sumpah. Strategi ini juga bentuk penerapan konsep No Pharmacist, No Service.

Dengan beberapa strategi sukses menghadapi persaingan bisnis apotek di atas, Anda bisa memulai bisnis apotek yang sukses dan tidak kalah dibanding pesaing. Lakukanlah berbebagai strategi di atas untuk mendapatkan kesuksesan yang Anda harapkan. Semoga bermanfaat!

Share