Ingin Bisnis Apotek Anda Sukses? Ini Solusinya!

Ingin Bisnis Apotek Anda Sukses Ini Solusinya!

Menjalani bisnis apotek di era modern seperti sekarang ini bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak hal yang harus dilakukan demi tercapainya target penjualan dan juga memuaskan para pelanggan. Belum lagi Anda juga harus memikirkan bagaimana mengembangkan bisnis agar tidak hanya menjadi bisnis seumur jagung. Setiap harinya, permintaan atas obat-obatan tidak pernah berhenti dari masyarakat. Dari obat-obatan untuk menjaga kesehatan hingga menyembuhkan penyakit.

Agar bisnis apotek Anda bisa mencapai kesuksesan, berikut beberapa solusi yang bisa Anda terapkan dalam bisnis yang mau atau sedang Anda jalankan.

Bisnis Apotek perlu profesional

Tidak ada bisnis yang bisa berjalan lancar sekaligus memuaskan konsumen tanpa perlayanan terbaik. Anda harus bersikap profesional dalam menjalankan bisnis. Berikan pengalaman berbelanja yang bisa menyenangkan hati para konsumen demi bisa mengambil hati mereka. Dengan kepuasan yang didapatkan oleh konsumen, mereka pastinya akan kembali ke apotek milik Anda jika membutuhkan obat-obatan. Ditambah konsumen yang puas bisa merekomendasikan apotek Anda ke kerabat dan teman-teman terdekat untuk membeli obat di sana.

Terus pantau stok obat-obatan

Dalam membuka bisnis apotek, tentu saja stok obat-obatan yang Anda miliki bisa mencukupi kebutuhan. Masukkan stok produk obat-obatan yang sudah pasti laku di pasaran dan juga jangan lupa beberapa obat-obatan wajib yang sesuai dengan arahan Departemen Kesehatan.

Kalau Anda belum tahun, daftar obat-obatan wajib itu bisa dilihat di Dinas Kesehatan di daerah tempat Anda membangun bisnis. Tapi perlu diingat, Anda tidak perlu memasukkan stok yang terlalu banyak. Beli saja untuk satu bulan ke depan agar tidak ada stok yang terbuang atau tidak berhasil dijual karena permintaan dari konsumen terlalu sedikit.

Manajemen penjualan yang baik

Bisnis apotek yang baik harus memiliki manajemen penjualan yang baik pula. Anda bisa melakukan evaluasi penjualan dalam jangka waktu tertentu, misalnya tiga bulan sekali.

Anda bisa mengecek produk obat-obatan apa saja yang laku, apa saja yang banyak dicari oleh para konsumen tapi tidak Anda stok dengan cukup dan produk apa saja yang tidak laku. Dengan melakukan evaluasi ini, Anda bisa memiliki manajemen penjualan yang lebih baik sehingga membuat bisnis apotek Anda semakin lancar.

jalin kerja sama dengan para detailer obat

Biasanya, ketika Anda membuka bisnis apotek, apotek Anda akan didatangi oleh para medical representative (MR) atau biasa disebut detailer. Merekalah yang akan menawarkan berbagai jenis obat-obatan yang bisa Anda jual nantinya.

Namun ada satu trik khusus yang bisa Anda terapkan. Jangan terburu-buru dalam membeli produk dari mereka karena biasanya mereka akan menawarkan paket produk yang lebih murah. Kenapa demikian? Selayaknya seorang salesman, detailer obat juga memiliki target penjualan yang harus mereka capai. Di sanalah Anda bisa memanfaatkan hal itu.

Jalin kerja sama dengan klinik dan dokter

Membangun jalinan kerja tidak hanya dilakukan dengan para detailer obat saja. Anda juga harus menjalin kerja sama dengan para klinik dan dokter yang ada di sekitar bisnis apotek Anda berada.Keuntungan utama yang bisa Anda dapatkan dari kerja sama ini adalah Anda bisa mengetahui obat-obatan apa saja yang seharusnya distok di dalam apotek Anda sesuai rekomendasi dari kilinik dan juga dokter.

Selain itu, ketika ada pasien yang sedang terkena sakit, biasanya klinik dan dokter yang sudah menjalin kerja sama dengan Anda akan merekomendasikan apotek yang Anda miliki sebagai tempat penebusan resep dokter. Simbiosis mutualisme bisa terjalin dari sana.

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda terapkan di dalam bisnis apotek yang sedang atau mau Anda jalani. Selain itu, software apotek seperti Vmedis  juga bisa membantu Anda menjalankan bisnis apotek Anda dengan lebih efektif dan efisien. Semoga sukses!

Share