Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek (Teknis Pelaksanaan)

Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan No. 1027/Menkes/SK/IX tahun 2004, standar pelayanan kefarmasian apotek meliputi manajemen sumber daya serta pelayanan. Tujuan disusunnya standar pelayanan kefarmasian ini antara lain sebagai pedoman dalam setiap kegiatan praktek apoteker dalam melakukan tugas profesinya.

Selain itu, penetapan standar ini juga berfungsi untuk melindungi masyarakat dari segala macam tindakan pelayanan yang ilegal serta melindungi profesi apoteker dalam melaksanakan praktek kefarmasiannya secara resmi dan legal.

Lalu, bagaimana teknis pelaksanaan standar kefarmasian pelayanan apotek yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Untuk informasi lebih lanjut bisa Sobat Vmedis simak dalam artikel di bawah ini!

Jenis Layanan dalam Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek

Adapun beberapa jenis layanan dalam standar kefarmasian yang perlu Sobat Vmedis ketahui. Di antaranya meliputi pelayanan resep, edukasi dan promosi, serta pelayanan Home Care. Berikut ini penjelasannya:

1. Pelayanan Resep

Layanan kefarmasian ini mencakup dua hal, yaitu skrining resep dan penyiapan obat. Segala hal yang berkaitan dengan persyaratan administratif, kecocokan farmasetik, serta pertimbangan klinis merupakan cakupan dari skrining resep.

Sedangkan penyiapan obat meliputi aktivitas meracik, memberi tiket, menyerahkan, memberi informasi terkait obat, konseling, hingga monitoring penggunaan obat kepada pasien.

2. Edukasi dan Promosi

Sobat Vmedis juga harus tahu bahwa tugas apoteker bukan hanya sekedar meracik dan memberi resep obat saja, namun juga memberikan edukasi dan promosi kepada masyarakat.

Edukasi yang dimaksud adalah memberi pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang self healing untuk orang dengan penyakit ringan hingga aturan memilih dan membeli obat yang sesuai untuk orang dengan penyakit berat.

Sementara itu, apoteker juga turut berpartisipasi dalam mempromosikan jenis dan penggunaan obat yang benar, baik itu dengan cara menyebar brosur, poster, mengadakan kegiatan penyuluhan, dan sebagainya.

3. Home Care

Jenis pelayanan yang satu ini juga sudah menjadi tanggung jawab apoteker sebagai care giver kepada masyarakat. Caranya, dengan memberikan pelayanan kefarmasian yang sifatnya home visit.

Terutama pasien dengan penyakit kronis atau kurang mampu secara finansial untuk melakukan pengobatan di rumah sakit. Dalam melakukan pelayanan ini, SObat Vmedis jangan sampai lupa untuk membuat medication record atau catatan medis pengobatan pasien Home Care.

Teknis Pelaksanaan Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek

Setelah tahu tentang apa saja jenis layanan dalam standar kefarmasian di apotek, Sobat Vmedis juga perlu memahami bagaimana teknis pelaksanaannya. Prosedur pelaksanaan kefarmasian apotek mulai dari perencanaan hingga pencatatan dan pelaporan.

Untuk infomasi lebih rinci, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perencanaan

Kegiatan perencanaan merupakan tahap awal dalam standar pelayanan kefarmasian apotek. Pada tahap ini, Sobat Vmedis harus menetapkan jenis dan jumlah persediaan farmasi dan alat-alat kesehatan.

Dengan strategi perencanaan yang tepat, maka Sobat Vmedis akan lebih mudah dalam menyiapkan, menghitung, dan menyesuaikan budget sesuai kebutuhan.

2. Pengadaan

Tahap ini merupakan realisasi dari segala kebutuhan yang telah direncanakan dan disepakati sebelumnya. Pengadaan kebutuhan farmasi dan alat kesehatan harus diperoleh dari pemasok yang memiliki izin dan terjamin legalitasnya.

3. Penyimpanan

Selanjutnya adalah penyimpanan. Teknis penyimpanan juga harus sesuai standar kefarmasian apotek. Pastikan ketersediaan lemari/rak dalam jumlah yang memadai, langit-langit bangunan tidak berpori atau bocor, lemari pendingin untuk obat tertentu, wadah, dan lain-lain. Selain itu, kebersihan dan kerapian apotek juga harus diperhatikan.

4. Pencatatan dan Pelaporan

Strategi ini penting untuk memantau transaksi keluar masuknya sediaan farmasi dan alat kesehatan yang ada di apotek. Setelah dicatat, Sobat Vmedis juga harus rutin membuat laporan yang berisi data kegiatan administrasi yang ditujukan untuk pihak-pihak yang berkepentingan.

Sudah Paham Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian Apotek?

Nah, itu tadi informasi terkait teknis pelaksanaan standar kefarmasian apotek yang wajib Sobat Vmedis ketahui dan pahami. Dengan menjalankan standar kefarmasian yang baik dan benar, maka dapat memudahkan Sobat Vmedis dalam mengelola apotek.

Untuk lebih mempermudah dalam segala aktivitas pengelolaan dan monitoring apotek, Sobat Vmedis wajib pakai aplikasi apotek vmedis yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta seoba Otomatis.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?