Selalu Catat Perubahan Harga Obat, Apakah Penting untuk Dilakukan?

Merubah Harga Obat

Banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis apotek. Salah satunya adalah mencatat perubahan harga obat. Produk obat-obatan yang masuk dan keluar dari bisnis apotek Anda berlangsung setiap hari. Dan mungkin terjadi perubahan harga obat yang perlu Anda ketahui. Lantas, apakah perlu bagi Anda untuk selalu mencatat perubahannya? Yuk, temukan jawabannya dengan simak informasi di bawah ini!

Kenapa harga obat bisa berubah?

Ada banyak alasan di balik perubahan harga obat. Mungkin saja bisnis apotek menerapkan kebijakan penetapan harga yang berbeda dari bisnis apotek lainnya. Atau juga dipengaruhi oleh harga obat di Indonesia yang cenderung mahal. Selama ini, mahalnya harga obat di Indonesia memang menajdi salah satu kendala dalam peningkatan standar kesehatan di Indonesia. Penyebab mahalnya harga jual obat di Indonesia pun beragam.

Salah satu penyebab utamanya adalah karena sekitar 90% bahan baku obat yang dijual di Indonesia masih harus diimpor dari luar negeri. Karena bahan bakunya 90% harus diimpor dari luar negeri, otomatis obat-obatan di Indonesia dijual dengan harga yang cukup tinggi. Jika bahan baku naik, maka harga obat yang dijual di apotek juga bisa naik mengikuti perubahan harga bahan baku tersebut. Selain itu, nilai tukar rupiah yang belum stabil juga jadi faktor penentu.

Dengan ketidakstablian nilai tukar rupiah, para pelaku industri farmasi di Indonesia. Saat ini hanya mampu menyediakan stok bahan baku yang digunakan selama setahun ke depan. Untuk mengatasi kenaikan harga obat yang cukup tidak menentu di Indonesia. Ada beberapa program yang sudah dijalankan pemerintah. salah satunya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang membantu masyarakat mendapat obat dengan harga lebih  terjangkau.

Lantas, pentingkah mencatat perubahan harga obat?

Jadi, apakah Anda perlu mencatat perubahannya? Untuk kelancaran bisnis apotek Anda, jawaban yang tepat adalah iya. Tidak bisa dipungkiri dalam bisnis apotek harga obat akan berubah, apapun alasannya. perlu mencatat perubahan harga obat dengan detail dan rapi agar bisnis apotek Anda memperoleh kevalidan data perubahan harga. Anda perlu mencatat harga baru obat dan data harga obat baru untuk menjalankan bisnis apotek dengan lancar.

Dan anda sebaiknya mencatat informasi harga obat beserta informasi yang berkaitan dengan harga obat yang berlaku pada bisnis apotek Anda saat ini. Pencatatan yang detail dan lengkap akan menghindarkan Anda dari penjualan obat dengan harga yang tidak tepat.

Jika Anda menjual obat apotek dengan harga-harga jual yang sedang berlaku saat ini, atau pun setelah terjadi perubahan harga obat, maka bisnis apotek Anda akan terhindar dari kerugian yang tidak diperlukan.

Bagaimana cara mudah mencatat perubahan harga?

Mencatat perubahan secara manual mungkin menyusahkan, oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda mempertimbangkan penggunaan aplikasi apotek seperti Vmedis. Program atau aplikasi yang dapat membantu meringankan bisnis apotek yang Anda miliki ini bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan, penjualan obat, hingga pencatatan perubahan harga obat. Aplikasi apotek terbaik ini juga menawarkan fitur yang sangat lengkap.

Dengan menggunakan Vmedis, Anda dapat melakukan update harga obat tanpa harus membeli stok obat terlebih dahulu. Tidak hanya itu, Vmedis juga menawarkan beragam menu yang bermanfat bagi Anda. Mulai dari menu penjualan yang dapat digunakan untuk memasukan data penjualan dari apotek ke konsumen. Menu lihat harga untuk melihat harga di apotek jika terdapat pertanyaan dari customer, hingga menu retur penjualan dan menu retur pembelian.

 

Share