Resep Obat Dokter Dengan Berbagai Informasi Di Dalamnya

Resep Obat Dokter

Hi sobat Vmedis, kamu pernah berobat ke rumah sakit dan diberikan resep obat?. Nah untuk yang belum tahu, terdapat beberapa informasi pada resep obat dokter yang bisa pahami. Terutama kamu yang saat ini sedang bekerja sebagai apoteker untuk pertama kali. Sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan dalam bertugas. 

Apa Itu Resep Obat Dokter?

Resep obat dokter yaitu sebuah dokumen tertulis rahasia dari seorang dokter untuk para apoteker yang nantinya mempersiapkan obat pasien. Informasi yang tertulis di dalamnya sesuai dengan kebutuhan pasien setelah dokter selesai memeriksa dan mendiagnosa. Dokter umum, spesialis, dan gigi yang memiliki wewenang menulis. 

Informasi Yang Ada Di Dalam Resep Obat Dokter

Setelah sobat Vmedis sudah tahu sedikit tentang resep obat itu apa, maka selanjutnya kita membahas informasi penting di dalamnya. Beberapa informasi tersebut, antara lain :

1. Identitas Dokter Yang Menulis Resep

Informasi yang pertama yaitu adanya identitas dokter yang menulis resep obat. Tertulis di dalamnya seperti nama dokter, surat izin praktek, alamat tempat praktek, nama tempat praktek, kota, tanggal penulisan,dan paraf. Biasanya identitas dokter tersebut sudah ada dan tercetak di dalam blanko resep. 

2. Identitas Pasien 

Dalam resep obat tersebut juga tidak lupa menuliskan identitas pasien. Setelah hasil pemeriksaan dan diagnosa, dokter mulai menuliskannya. Identitas pasien seperti nama, jenis kelamin, umur, berat badan, alamat rumah, dan nomor telepon. Dokter nantinya akan mengisi pada format yang sudah tersedia di blanko. 

3. Keterangan Obat

Berikutnya yaitu adanya keterangan dari obat tersebut. Di dalamnya terdapat simbol R ( Recipe) yang mencangkup nama obat, dosis, bentuknya, dan jumlah obat yang diperlukan. Sedangkan simbol S yang artinya cara dan pemakaian obat seperti meminum obat sebelum atau sesudah makan, waktu minum, dan lainnya. 

4. Keterangan Legalitas

Setelah semuanya sudah tercantum dari identitas dokter, pasien, dan keterangan obat maka selanjutnya yaitu keterangan legalitas. Dengan menyertakan garis penutup yang terdapat tanda tangan dokter. Sehingga membuktikan bahwa resep ini memang sah dan legal dari tulisan dokter yang memeriksanya. 

Hal Yang Perlu Sobat Vmedis Perhatikan Dalam Resep Obat Dokter

Terdapat beberapa hal penting yang perlu sobat Vmedis ketahui dalam sebuah resep obat, yaitu :

1. Resep Obat Bersifat Rahasia

Resep obat tersebut merupakan sebuah dokumen yang rahasia. Nantinya yang boleh mengetahui informasi di dalamnya hanya dokter dan pasien yang bersangkutan. Kemudian juga bisa kepada yang merawatnya dan pastinya apoteker. Maka dari itu pasien tidak boleh memberikan resep tersebut kepada orang lain. 

2. Adanya Pihak Yang Bertanggung Jawab Atas Resep Obat

Adanya resep obat maka nantinya terdapat pihak yang harus bertanggung jawab jika terjadi kesalahan yaitu dokter dan apoteker. Jika terjadi kelalaian atau kesalahan maka pihak yang bertanggung jawab akan terkena sanksi. Sanksi bisa berupa lisan, tulisan, penghentian praktek sementara, dan sampai pencabutan surat izin. 

Sudah Paham Apa Saja Isi Dalam Resep Obat Dokter?

Dengan demikian, beberapa informasi dalam resep obat di atas harus bisa kamu pahami terutama para apoteker. Berbagai keterangan di dalamnya harus sesuai dengan standar penulisan resep obat. Jangan sampai adanya kebocoran resep kepada orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

Kemudian untuk kamu yang ingin memahami tentang apotek dan memudahkan segala urusan dokumen obat – obatan dapat menggunakan Software Apotek terbaik di Indonesia, Vmedis. Dengan begitu pekerjaan akan terasa ringan dan cepat. Semoga sukses!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?