Penulisan Apotek yang Benar, Penting Untuk Kamu Ketahui!

Penulisan Apotek yang Benar, Penting Untuk Kamu Ketahui!

Apotek atau Apotik? Sebenarnya mana sih yang penulisan apotek yang benar? Sebagian besar dari Sobat Vmedis pasti seringkali merasa bingung ketika akan menuliskan kata benda tersebut. Apalagi ketika ingin menulis sebuah surat formal yang harus benar-benar memperhatikan ejaannya. Sobat Vmedis sering lupa manakah yang benar, Apotek atau Apotik.

Rasa bingung tersebut muncul karena kebiasaan orang-orang yang seringkali salah kaprah dalam menulis kata benda yang satu ini. Hal ini seringkali membuat Sobat Vmedis merasa ragu untuk menentukan manakah ejaan yang benar dalam penulisan kosa kata tersebut. 

Apabila hal ini terus saja terjadi, bisa saja penulisan yang salah, menjadi dibenarkan begitu saja karena kebiasaan yang sudah benar-benar salah kaprah ini. Lantas bagaimana cara ampuh untuk mengetahui manakah penulisan yang benar? 

Sebenarnya Sobat Vmedis bisa mengetahuinya dengan membedah dan menelusuri asal usul dari kata ini. Dengan menelusuri hal tersebut, Sobat Vmedis bisa mengetahui dengan mudah manakah penulisan yang benar sesuai dengan ejaannya. Untuk itu, berikut ini mari kita bahas terkait penulisan kata tersebut yang benar dengan memperhatikan asal usul dari kosakata tersebut. Simak selengkapnya!

Penulisan Apotek yang Benar Dengan Memperhatikan Asal Usulnya

Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, Sobat Vmedis perlu mengetahui bahwa kosakata yang satu ini merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yaitu apotheek. Apotheek sendiri memiliki arti tempat menjual, meramu atau membuat obat. 

Kata dari Bahasa Belanda tersebut, sebenarnya juga berasal dari bahasa lain yaitu apotheca yang merupakan kosakata dari Bahasa Yunani yang memiliki arti gudang atau penyimpanan.

Setelah mengetahui asal usulnya, sekarang saatnya membedah asal usul tersebut untuk kemudian menyimpulkan penulisan apotek yang benar. Nah, melihat asal usulnya, kata ini berasal dari apotheek yang gugus vokal ketiganya yaitu ee. Dari sini saja, Sobat Vmedis pastinya sudah dapat mengetahui penulisannya yang benar itu seperti apa. Ya benar, penulisan yang benar adalah apotek, bukan apotik.

Mengapa demikian? Ini karena jika penulisannya adalah apotik, maka gugus vokal ketiganya seharusnya adalah “ie” bukan “ee”. Karena disitu Sobat Vmedis dapat menemukan gugus vokal “ee”, berarti ketika diserap akan berubah menjadi huruf “e” bukan “i”.

Hal tersebut jugalah yang mempengaruhi nama pekerja di tempat apotek. Orang-orang tersebut memiliki sebutan Apoteker, bukan Apotiker. Apoteker sendiri sebenarnya juga merupakan kata serapan dari salah satu kosakata Bahasa Belanda yaitu Apotheker. Kata tersebut memiliki arti yang sebenarnya adalah ahli ilmu obat-obatan. Maka dari itu, sebutan tersebut cocok untuk para pekerja yang berada di Apotek sebagai orang yang ahli di bidang obat-obatan.

Itulah Dia Bagaimana Menulis Apotek Sesuai Dengan Ejaan

Setelah memahaminya, jangan sampai Sobat Vmedis salah dalam penulisan apotek yang benar lagi. Hal tersebut memang terlihat sepele, namun, ketika Sobat Vmedis mampu menuliskan apotek dengan benar, maka itu dapat meningkatkan profesionalitas Sobat Vmedis. 

Apalagi bagi Sobat Vmedis yang memiliki apotek sendiri. Jangan sampai salah menuliskan kata apotek ini ketika ingin menggunakannya sebagai nama dari apotek Sobat Vmedis ya!

Selain menuliskan kata apotek dengan benar, Sobat Vmedis juga dapat meningkatkan profesionalitas apotek Sobat Vmedis dengan menggunakan software dari Vmedis. Dengan software ini, Sobat Vmedis bisa memantau kondisi dari apotek Sobat Vmedis dimanapun dan kapanpun. Sangat nyaman sekali, bukan?

Maka dari itu, langsung saja beli dan gunakan software apotek vmedis ini. Dengan begitu, Sobat Vmedis tidak perlu lagi repot-repot datang langsung ke apotek hanya sekadar untuk memantau kondisi apotek Sobat Vmedis saja.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?