Pelayanan Farmasi di Apotek yang Bisa Kamu Coba, Gratis!

Pelayanan Farmasi di Apotek

Pernahkah Sobat Vmedis merasa tidak enak badan, tetapi tidak tahu harus mengonsumsi obat apa? Saat mengunjungi apotek, apakah seseorang dari apotek itu menganjurkan untuk membeli obat tertentu? Itulah salah satu pelayanan farmasi di apotek.

Berbeda dengan toko obat yang hanya memperjualbelikan obat bebas, apotek menyediakan beberapa pelayanan yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat. Pasien yang datang ke apotek adalah prioritas.

Pelayanan farmasi di apotek tidak hanya berupa anjuran, tetapi masih ada beberapa pelayanan lain yang ditawarkan.

4 Pelayanan Farmasi di Apotek 

Apoteker melayani dengan penuh dedikasi supaya kesehatan pengunjung atau pasien dapat meningkat dan lebih baik. Tidak hanya memberikan masukan tentang obat mana yang patut dikonsumsi dan sesuai dengan situasi, ada beberapa pelayanan farmasi lain di apotek

1. Mengkaji Resep Dokter

Resep dokter yang diterima oleh apoteker tidak akan langsung diterima. Informasi yang tertera dalam resep akan melalui prosedur analisis. 

Proses pertama adalah administrasi, dimana apoteker akan memeriksa latar belakang pasien dan dokter, bahkan tanggal resep yang diberikan. Proses ini penting untuk mendukung kedua proses selanjutnya, yaitu ketersediaan obat dan keamanan obat terhadap Sobat Vmedis.

Apotek butuh memastikan bahwa obat yang diminta tersedia dan aman untuk dikonsumsi. Jika ditemukan adanya potensi alergi atau efek samping, obat tidak akan dianjurkan untuk dibeli dan harus dikomunikasikan dengan dokter terkait.

Hal ini bertujuan supaya obat yang diterima oleh Sobat Vmedis sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Memberikan Informasi Tentang Obat

Menjelaskan segala sesuatu tentang obat, termasuk kegunaannya adalah salah satu pelayanan farmasi di apotek. 

Sobat Vmedis dapat menanyakan apapun tentang obat yang paling tepat dalam menyembuhkan suatu penyakit. Apoteker akan memberikan masukan dan menjelaskan fungsi obat terkait. 

Tanggung jawab apoteker adalah untuk memberitahu beberapa hal, termasuk cara mengkonsumsi obat, mengingatkan berapa lama obat harus dikonsumsi, hingga tanggal kadaluarsa obat.

3. Konseling Tentang Kondisi Tubuhmu

Pelayanan farmasi di apotek ini menawarkan sesi interaktif. Apoteker dapat mensosialisasikan tentang obat kepada pasien terkait.

Apoteker akan melakukan pendekatan terlebih dahulu dan menjelaskan semua tentang obat terkait, dari cara menggunakan obat hingga cara menyelesaikan masalah penggunaan obat. 

Walaupun konseling bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pasien, pelayanan ini tidak untuk semua orang, melainkan hanya beberapa kriteria. 

Orang yang bisa mendapatkan konseling adalah Sobat Vmedis yang memiliki kebutuhan khusus, pasien yang memiliki penyakit kronis, pasien yang menggunakan obat dengan instruksi khusus, hingga pasien dengan kepatuhan rendah. 

4. Memantau Kegunaan dan Efek Samping Obat

Pasien akan dipantau sebagai bentuk dari pelayanan farmasi di apotek. Apoteker harus memastikan hasil dari penggunaan obat efektif. Selain itu, apoteker perlu meminimalisasi resiko efek samping.

Apoteker akan memberikan nasihat jika adanya potensi masalah. Biasanya pemantauan ini hanya terhadap orang tertentu, seperti yang mengonsumsi lebih dari lima macam obat.

Manakah Pelayanan Farmasi di Apotek yang Pernah Kamu Terima?

Mutu kesehatan pasien atau pelanggan adalah tujuan utama dari seorang apoteker. Pelayanan farmasi di apotek tidak hanya akan menjadi sarana jual beli obat, tetapi membantu supaya Sobat Vmedis selalu sehat. 

Sekarang, sudah ada software apotek terbaik di Indonesia yang siap membantu segala kesulitan sobat Vmedis yang berkaitan dengan apotek, selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?