Obat Konsinyasi, Sudahkah Anda Memahaminya?

Obat Konsinyasi

Dalam menjalankan bisnis apotek, ada banyak istilah yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Salah satunya mungkin adalah obat konsinyasi. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah konsinyasi, namun belum terlalu memahami apa maknanya. Konsinyasi sendiri merupakan istilah yang berhubungan dengan dunia bisnis, tidak terkecuali bisnis apotek. Tertarik untuk memahaminya lebih baik? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Konsinyasi dalam praktis jual beli

Untuk memahami obat konsinyasi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang istilah konsinyasi dalam praktik jual beli. Sebenarnya, konsinyasi kerap dilakukan oleh berbagai pemilik bisnis untuk menjalankan bisnisnya. Tidak hanya terjadi di satu tempat, kegiatan konsinyasi bisa dilakukan di banyak tempat penjualan. Namun, kendati mayoritas pemilik bisnis sudah melakukan kegiatan konsinyasi, tidak sedikit pula yang belum memahami istilah konsinyasi dengan baik.

Sederhananya, konsinyasi merupakan sebuah praktik jual beli yang dilakukan pedagang utama dengan menempatkan. Atau menitipkan barang dagangannya ke berbagai tempat penjualan. Konsinyor merupakan sebutan bagi pihak pedagang utama.yang menitipkan barang dagangannya tersebut. Sementara konsinyi (komisioner) adalah sebutan bagi pihak pedagang yang menerima barang titipan tersebut untuk dijual kembali kepada para pelanggan.

Nah, barang yang dititipkan dan diperdagangkan oleh kedua belah pihak tersebut, konsinyor dan konsinyi itulah yang disebut dengan barang konsinyasi. Untuk melakukan kerja sama bisnis yang saling menguntungkan, pihak konsinyor dan konsinyasi mempunyai sejumlah perjanjian mengenai syarat. Dan harga penjualan barang dagang dalam sistem penjualannya agar keuntungan bagi kedua belah pihak tidak merugikan salah satu pihak dan berdasarkan kesepakatan bersama.

Pengertian obat konsinyasi

Setelah penjelasan konsinyasi dalam praktik jual beli, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami pengertian obat konsinyasi. Konsinyasi yang secara umum termasuk metode pengadaan obatan-obatan baru. Bagi apotek saat ini dianggap lebih efektif karena pembayaran dilakukan setelah obat laku. Apotek juga berkesempatan mengembalikan obat pada pihak distributor dalam kurun waktu tertentu jika ternyata obat tersebut tidak diminati masyarakat.

Obat konsinyasi cukup menguntungkan bagi pemilik bisnis apotek karena apotek tidak mendapat kerugian bahkan ketika obat tersebut tidak 100% terjual di pasaran. Munculnya metode penjualan ini sendiri tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang cenderung sulit menerima obat baru. Meski kandungan obatnya jelas dan sudah lolos sertifikasi BPOM dan Dinas Kesehatan. Dengan metode ini, pihak distributor maupun apotek tidak akan dirugikan.

Mendukung penjualan obat konsinyasi

Mengingat obat konsinyasi merupakan peluang yang cukup menjanjikan untuk memberikan keuntungan besar bagi bisnis apotek Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil langkah untuk mendukung penjualan tersebut. Salah satu cara termudahnya adalah dengan menggunakan aplikasi klinik VMedis apotek yang lebih dari sekedar aplikasi apotek. VMedis Apotek bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi bisnis apotek Anda.

Sebagai aplikasi apotek handal yang dilengkapi dengan fitur lengkap dan cocok untuk semua jenis apotek, VMedis Apotek menawarkan Anda serangkaian fitur yang otomatis, termasuk hitung konsinyasi otomatis. Dengan begitu, Anda mampu menghemat waktu dan pekerjaan di apotek Anda akan semakin mudah untuk dilakukan. Penggunaannya juga mudah karena aplikasi klinik ini dibuat untuk semua device, mulai dwari komputer desktop, laptop, tablet, hingga smartphone.

Aplikasi klinik yang dibuat untuk dapat digunakan oleh semua operating system (OS). Mulai dari Windows, Linux, Mac OS dan berbagai OS-OS lainnya ini juga dibuat dalam versi online dan hybrid. Jadi, akses dan pemantauan terhadap stok obat dan setiap transaksi dalam apotek Anda bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, keberlangsungan dan kelancaran bisnis apotek Anda pun bisa lebih terjamin.

Nah, itulah informasi tentang obat konsinyasi yang perlu Anda ketahui. Setelah memahami obat konsinyasi, sudah yakinkah Anda untuk mencobanya sekarang? Semoga bermanfaat!

 

Share