Mengenal BPJS Apotek serta Manfaatnya!

BPJS Apotek

Bagi Sobat Vmedis yang sudah terdaftar di BPJS Apotek, mungkin pernah mengalami situasi dimana sudah datang jauh-jauh ke apotek rupanya obat yang kita cari justru habis atau tidak tersedia. 

Hal ini sering kali membuat kita kecewa, terlebih lagi jika jarak dari rumah dan apotek tujuan tergolong cukup jauh. Namun, kini Sobat Vmedis sudah dapat mengakses BPJS Apotek yang membantu kita tidak perlu lagi kecewa kehabisan obat padahal sudah datang ke apotek.

Lantas sebenarnya apa sih yang BPJS Apotek itu? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengenal tentang aplikasi ini.

Apa itu BPJS Apotek?

BPJS Apotek atau Apotek Online BPJS merupakan sebuah aplikasi yang mana fasilitas dari BPJS Kesehatan untuk memudahkan para apoteker dan juga para anggota BPJS. Aplikasi ini berguna untuk menjembatani apoteker mengecek ketersediaan obat pada faskes-faskes yang bekerjasama dengan BPJS.

Pengguna BPJS juga dapat mengecek ketersediaan obat di faskes masing-masing melalui aplikasi ini. Sehingga Sobat Vmedis tidak perlu lagi mencari-cari faskes mana yang menyediakan obat apabila kehabisan stok. Sebab, dengan melalui aplikasi berbasis website ini kiat dapat mengeceknya dengan mudah.

Aplikasi ini juga dapat membantu apoteker melayani pengguna BPJS dengan maksimal. Melalui aplikasi ini, menyediakan fitur yang dapat apoteker gunakan untuk melaporkan obat-obat yang mendapatkan komplain dari pasien atau pembeli.

Manfaat

Aplikasi apotek online ini merupakan aplikasi berbasis website yang dapat diakses semua pengguna. Selain yang telah dipaparkan di atas, ada banyak lagi manfaat BPJS Apotek ini bagi pasien yang terdaftar BPJS dan juga bagi para apoteker.

1. Manfaat Bagi Pengguna BPJS

Dengan hadirnya aplikasi ini memudahkan akses pasien BPJS sehingga tidak perlu lagi datang jauh-jauh ke faskesnya untuk menebus obat. Apabila obat yang mereka cari tidak tersedia di faskes terdekat, maka apoteker dapat memberi rujukan pasien ke faskes lain yang menyediakan obatnya hanya dengan aplikasi ini.

Pengguna juga menjadi lebih hemat waktu dan tenaga sehingga, penebusan obat kini jauh lebih efektif daripada saat melakukannya secara offline. Pasien juga dapat melakukan konsultasi obat melalui aplikasi ini.

2. Manfaat Bagi Apoteker

Adanya kemudahan akses yang ada pada aplikasi apotek online ini juga memberikan banyak manfaat dari segi apoteker. Mereka dapat berhubungan langsung secara online dengan para pasien BPJS dengan mudah.

Faskes juga dapat meng klaim penagihan obat dari luar paket dengan lebih mudah. Selain itu faskes juga memiliki riwayat semua transaksi obat pasien sehingga memudahkan mereka untuk memberikan rujukan obat selanjutnya.

Semua data dalam aplikasi tentunya memiliki database lengkap yang aman sehingga pihak apotek dapat memiliki backup data pasien secara detail dan lengkap.

BPJS Apotek bukanlah merupakan aplikasi baru dan satu-satunya yang BPJS Kesehatan sediakan untuk mempermudah para pengguna BPJS dan memberikan kenyamanan kesehatan yang baik. Selain aplikasi ini, masih ada aplikasi JKN yang berguna untuk memudahkan administrasi bagi para anggota BPJS.

Bagaimana? Sobat Vmedis sudah paham? Sobat Vmedis juga dapat mengakses software apotek vmedis yang bisa bridging BPJS dan juga telah tersedia untuk mobile phone di Google Playstore ataupun di Apps Store. Sekian, semoga artikel ini berguna untukmu!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?