Laporan Mutasi Obat untuk Melacak Pergerakan Obat di Apotek Anda

Laporan Mutasi Obat

Laporan Mutasi Obat dalam operasional apotek sangat penting untuk dicatat dengan baik. Pencatatan yang baik akan memudahkan Anda dalam memantau perkembangan ketersediaan obat di apotek. Salah satunya ialah mengenai laporan mutasi atau keluar masuknya obat. Apa itu mutasi apotek, manfaatnya dengan menggunakan aplikasi apotek? Inilah ulasan yang perlu Anda perhatikan.

Apa itu mutasi obat apotek?

Sebelum membuat laporan mutasi keluar masuknya obat, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu mutasi obat serta tujuannya. Pada dasarnya, mutasi obat merupakan sebuah proses memasukkan dan mengeluarkan jumlah stok obat di apotek baik yang berkitan dengan transaksi maupun tidak. Misalnya, pengembalian apotek ke supplier karena hal tertentu.

Dengan adanya laporan mutasi keluar masuk obat ini, akan memudahkan Anda melihat perkembangan apotek. Selain itu, juga bisa melihat obat manakah yang paling laku dari arus keluar obat. Anda bisa mengontrol pembelian obat dari supplier berdasarkan jumlah yang dibutuhkan apotek Anda.

Membuat laporan mutasi obat menggunakan aplikasi apotek

Keunggulan fitur mengapa aplikasi apotek sangat penting untuk Anda gunkan ialah adanya layanan laporan mutasi atau keluar-masuknya obat. Membuat laporan mutasi dalam aplikasi apotek ini juga dirasa sangat mudah sehingga tidak terlalu merepotkan Anda daripada mencatatnya dalam bentuk konvensional.

Anda cukup melakukan setting kapan mutasi akan dilakukan. Beberapa yang perlu diperhatikan di sini adalah, kapan tanggal mutasi tersebut dilakukan. Kemudian, masukkan jenis mutasi masuk atau mutasi keluar. Jangan lupa untuk memasukkan jenis obat dan jumlah obat yang dimutasi berdasarkan keterangannya. Anda pun bisa mencetak kartu stok obat untuk menampilkan jumlah keluar masuknya obat berdasarkan data yang Anda masukkan untuk bukti secara fisik pada apotek Anda.

Fitur laporan mutasi obat aplikasi apotek

Dalam aplikasi apotek, terdapat beberapa fitur unggulan yang mempermudah Anda dalam melakukan pembuatan laporan mutasi obat. Beberapa di antaranya kolom fitur seperti yang ada di bawah ini:

  • Adanya kolom tanggal yang digunakan memudahkan dalam menuliskan pada tanggal berapakah terjadi proses transaksi keluar masuknya obat pada sebuah apotek

 

  • Fitur dalam aplikasi apotek juga dilengkapi kolom nomor bukti yang digunakan sebagai bukti transaksi di tiap keluar masuknya obat. Selain itu, juga ada kolom nama obat dalam menuliskan jenis dan nama obat apa saja yang mengalami mutasi di apotek Anda

 

  • Anda juga bisa menambahkan keterangan dalam mutasi obat pada kolom keterangan. Pada kolom ini Anda bisa menuliskan keterangan obat tertentu untuk memperjelas data stok obat dalam apotek secara valid.

 

  • Ada pula kolom keluar masuk mutasi obat. Pada kolom masuk Anda bisa mencatat jumlah obat dan jenis apa sajakah yang sudah masuk dalam apotek. Khususnya setelah melakukan pembelian dari supplier. Sementara untuk kolom keluar obat, berguna menuliskan jumlah obat dari jenis apa sajakah yang sudah dikeluarkan apotek Anda. Terutama kepada para pembeli maupun pasien.

 

  • Terakhir, ada pula fitur kolom stok. Ketika Anda melakukan mutasi obat, maka akan terjadi perubahan jumlah stok baik yang tersedia maupun tidak. Di sini apoteker dan petugas apotek dapat melakukan pengecekan stok obat secara otomatis. Mengingat, dalam aplikasi apotek ketika Anda memasukkan data, maka semua data tersebut akan dikelola secara otomatis.

Setelah mengetahui ulasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa laporan mutasi obat sangatlah penting dalam melacak pergerakan keluar-masuk apotek. Maka dari itu, untuk memudahkan pembuatan laporan tersebut lakukanlah secara berakala. Kemudian, untuk menunjang pekerjaan ini Anda bisa menggunakan aplikasi apotek terbaik salah satunya adalah Vmedis Apotek yang dilengkapi fitur lengkap.

Share