Kategori Obat Yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Mengkonsumsinya

kategori obat

Hi sobat Vmedis sekalian pasti sudah paham bahwa mengkonsumsi obat merupakan cara untuk menyembuhkan penyakit dalam dan luar tubuh. Setiap macam obat memiliki kegunaannya sendiri dalam menyembuhkan penyakit yang ada. Agar kamu tidak salah menentukannya harus tahu kategori obat apa saja. 

Kategori Obat Yang Harus Kamu Pahami

Obat terbagi dalam beberapa kategori. Setiap kategori tersebut memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Kategori obat tersebut, antara lain :

1. Obat Bebas

Untuk kategori yang pertama yaitu obat bebas. Sobat Vmedis dapat membeli obat tersebut tanpa harus memiliki resep dari dokter. Bisa membelinya melalui apotek atau toko – toko obat yang sudah memiliki izin resmi. Obat jenis ini bisa terbilang lebih aman untuk menangani penyakit ringan yang ada di masyarakat.

Kemudian dapat menggunakan atau penanganannya secara mandiri sehingga lebih cepat dan praktis. Sudah teruji juga secara ilmiah bahwa obat jenis ini tidak menimbulkan efek yang berlebihan pada konsumen. Contoh obat bebas seperti oralit, parasetamol, dan masih banyak lagi. 

2. Obat Bebas Terbatas

Obat ini juga bisa sobat Vmedis beli tanpa harus menyertakan resep dari dokter dan dapat membelinya di apotek atau toko obat resmi. Namun kamu harus tahu bahwa obat ini termasuk jenis yang keras dan harus memperhatikan dengan teliti informasi yang ada dalam kemasannya. Agar nantinya sesuai dengan takaran penggunannya,

Terdapat batasan jumlah dalam penjualan obat ini dan harus disertai dengan tanda peringatan seperti P1-P6. Kemudian sudah jelas bahwa penjualan terbatas obat ini hanya kamu dapatkan di toko obat resmi. Serta obat ini relatif aman penggunaanya asalkan mentaati anjuran yang tercantum. 

3. Obat Keras

Untuk kategori obat ini berbeda dari yang sebelumnya yaitu untuk mendapatkannya harus dengan resep dari dokter. Pembeliannya obat ini bisa melalui apotek atau rumah sakit tersebut. Tetapi ada jenis obat keras yang bisa sobat Vmedis dapatkan di apotek tanpa harus ada resep dokter. Contohnya seperti ranitidin, linestrenol, dll.

4. Narkotika

Pastinya kalian para sobat Vmedis sering dengar jenis obat narkotika. Obat ini biasanya dalam dunia kesehatan sebagai obat bius atau penghilang rasa sakit sementara. Maka dari itu obat narkotika ini dalam setiap prosesnya dari pembuatan sampai konsumsi sangat ketat. Tidak sembarangan orang bisa memakainya.

Untuk mendapatkannya kamu harus menunjukan surat atau resep asli dari dokter dan sudah terlegalisir. Mendapatkannya bisa melalui apotek dan rumah sakit. Kemudian setiap apotek dan rumah sakit yang menyediakan jenis obat tersebut wajib melaporkan setiap pembelian dan penggunaan kepada pemerintah. 

5. Obat Herbal

Kategori obat satu ini banyak orang menggunakannya sebagai alternatif. Obat herbal memang menjadi pilihan di kalangan masyarakat karena khasiatnya untuk penyakit tertentu. Bukan hanya itu saja, namun juga obat herbal ini tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya yang berbeda dari obat medis pada umumnya.

Sudah Paham Dengan Beberapa Jenis Kategori Obat?

Dengan demikian, memahami berbagai macam kategori obat memang harus kamu lakukan agar tidak salam dalam menggunakannya. Setiap kategori memiliki perbedaan dalam cara mengkonsumsinya dan terdapat peraturan yang mengikat. Penjualan obat – obatan medis juga tidak bisa secara bebas dan harus berizin resmi.

Namun sekarang ini orang – orang banyak memilih obat herbal karena murah dan tidak menimbulkan efek samping. Meskipun begitu, obat medis tetap menjadi pilihan pertama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh. 

Untuk kamu yang bekerja sebagai apoteker dapat mencoba Software Apotek dari Vmedis. Segala pekerjaan seperti mengurus dokumen obat – obatan akan lebih mudah dan cepat terselesaikan disini. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?