Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mencatat Keuangan Klinik

Mencatat Keuangan Klinik

Mencatat Keuangan Klinik – Laporan keuangan merupakan hal yang paling penting baik bagi instansi maupun perusahaan. Termasuk bagi sebuah klinik. Tidak hanya prima dalam pelayanan saja, klinik yang baik juga diharuskan memiliki sistem pencatatan keuangan yang terarah dan terintegrasi dengan baik dan mampu menyajikan laporan keuangan secara akurat.

Catatan keuangan klinik juga bisa dijadikan pedoman apakah klinik Anda mengalami keuntungan maupun kerugian dalam periode tertentu. Meski begitu, dalam mencatat keuangan klinik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Setidaknya ada tiga hal penting yang patut untuk Anda pelajari agar pencatatan keuangan tersebut berjalan dengan baik. Apa sajakah hal tersebut? Berikut di antaranya.

Pembayaran billing pasien

Mungkin bagi Anda yang masih awam mungkin bertanya apa itu billing pasien? Pada dasarnya, sistem ini sama dengan sistem billing pada umumnya. Namun, dalam sebuah klinik sistem ini merupakan sebuah proses administrasi dalam hal ini pembayaran yang berkaitan dengan apa yang ada dalam pelayanan klinik. Misalnya saja mulai pembayaran pelayanan kesehatan, obat-obatan dan sebagainya.

Pembayaran billing pasien klinik ini sangat penting sebagai data utama ketika Anda mencatat keuangan klinik. Di sini Anda bisa melihat berapa transaksi keuangan yang ada baik setiap hari, setiap minggu, hingga setiap bulannya.

Pembuatan laporan laba rugi

Mencatat laporan laba rugi dalam setiap klinik ada dua metode yang bisa Anda terapkan. Metode tersebut adalah single step dan berjenjang (multiple step). Laporan laba rugi yang menggunakan metode single step inilah banyak digunakan. Hal ini karena metode tersebut lebih rinci dan relevan dalam menyajikan laporan laba rugi yang ada dalam periode tertentu. Biasanya untuk pelaporan keuangan dalam satu bulan.

Laporan laba rugi memberikan manfaat bagi Anda dalam mencatat keuangan klinik. Salah satunya adalah metode ini menyajikan beban berdasarkan sifat. Contohnya saja gaji petugas klinik, upah, pembelian keperluan klinik, serta transportasi dan dana lainnya. Kelebihan dari metode ini untuk klinik adalah Anda bisa memprediksi arus kas di periode berikutnya.

Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi klinik

Saat ini Anda juga bisa menggunakan aplikasi klinik dalam melakukan pencatatan dan penghitungan keuangan klinik dalam kurun waktu tertentu. Baik berupa laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan. Sebenarnya, dalam menggunakan aplikasi klinik ini ada beragam manfaat yang bisa Anda rasakan.

Salah satunya yaitu dapat meminimalisir kesalahan penghitungan keuangan yang sering terjadi jika dilakukan secara manual. Tentu saja ini dapat berpengaruh pada hasil keuangan keseluruhan, dan Anda pun harus menghitungnya lagi dari awal.

Kemudian, manfaat lain jika Anda menggunakan aplikasi klinik dalam mencatat transaksi keuangan adalah dapat menghemat waktu. Hal ini karena penghitungan semua arus keuangan mulai pembayaran billing pasien, penjualan obat, hingga laporan laba rugi akan dihitung secara otomatis oleh sistem yang sudah terintegrasi. Dengan demikian Anda bisa melihatnya kapan saja dan di mana saja secara real time.

Kini, menggunakan aplikasi klinik untuk menghitung dan mencatat keuangan tidak lagi sulit. Salah satunya Anda bisa menggunakan aplikasi Vmedis Klinik. Dengan pengoperasian yang mudah dan nyaman, akan membantu pengelolaan klinik menjadi lebih baik. Selain itu, melalui aplikasi klinik pelayanan bisa lebih ditingkatkan guna kenyamanan para pasien dan petugas medis sendiri.

Semoga bermanfaat dan memberikan tambahan wawasan kepada Anda sebagai pimpinan maupun pengelola klinik, terutama dalam melakukan pencatatan keuangan secara berkala.

Share