Definisi Apotek: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tugas Apoteker

Definisi Apotek

Mendengar kata apotek pasti ada Sobat Vmedis langsung teringat penulisan yang benar “Apotek atau Apotik”, ada juga yang langsung teringat dengan obat-obatan. Untuk penulisan yang benar menurut KBBI adalah apotek. Definisi apotek secara umum adalah sebuah tempat yang meramu obat serta menjual obat secara eceran. Untuk mengenal lebih lanjut simak selengkapnya di bawah ini!

Definisi Apotek

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1027/MENKES/SK/IX/2004, suatu tempat yang merupakan sarana kefarmasian seperti kegiatan penyaluran farmasi serta perbekalan kesehatan bagi masyarakat adalah pengertian dari apotek. Sebagai sarana kefarmasian, apoteker adalah orang yang mempraktikkan kefarmasian.

Jenis-Jenis Apotek

Meskipun secara harfiah kental dengan obat dan alat medis, namun ada beberapa apotek yang juga menjual kosmetik. Terdapat beberapa jenis apotek, yaitu sebagai berikut:

1. Apotek Klinik atau Rumah Sakit

Sesuai namanya, jenis yang satu ini berada di bawah naungan sebuah klinik atau rumah sakit. Kewajiban utama apotek adalah menyediakan kebutuhan obat untuk para pasien di pusat pelayanan kesehatan. Para apoteker yang bekerja akan memberikan obat pada pasien sesuai dengan permintaan dokter.

2. Apotek Komunitas (Retail)

Berdiri di tengah-tengah pemukiman masyarakat, apotek ritel hadir untuk menyediakan obat pada komunitas di wilayah tertentu. Dengan kata lain, kebutuhan masyarakat untuk membeli obat yang cukup umum bisa mereka dapatkan melalui apotek komunitas. Biasanya obat yang tersedia adalah obat batuk, pilek, pusing, dan lainnya.

3. Apotek Racikan

Menyediakan obat untuk pasien yang berupa racikan bubuk maupun larutan tertentu sesuai permintaan adalah definisi apotek racikan. Meskipun yang utama adalah obat racikan, obat jadi juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan pasien. Sobat Vmedis bisa menemukan apotek racikan di pusat pelayanan kesehatan maupun pemukiman.

4. Apotek Industrial

Apotek yang bersifat industrial karena merepresentasikan suatu merek dagang tertentu adalah pengertian dari apotek industrial. Tujuannya adalah untuk membangun brand awareness pada masyarakat untuk mengenal produk dari merek tersebut. 

5. Apotek Riset

Jenis riset tidak terlalu terkenal seperti jenis lainnya karena kewajiban atau tugas utamanya bukanlah menyediakan obat-obatan bagi masyarakat, melainkan untuk melakukan penelitian. Para apoteker yang bekerja di sini akan memastikan keamanan dan manfaat dari obat yang beredar di masyarakat.

6. Apotek Berjalan

Di beberapa daerah terpencil yang sukar pelayanan kesehatan seringkali terdapat apotek berjalan. Para apoteker ini biasanya membawa obat-obatan melalui fasilitas kesehatan seperti mobil ambulans maupun mobil kesehatan lainnya. Selain menyediakan obat, apotek berjalan juga berperan sebagai pelayanan medis terjangkau bagi masyarakat sekitar.

7. Apotek Perawatan Rumah

Jenis terakhir adalah apotek yang melayani pasien secara langsung untuk mendapatkan obat di rumahnya. Pada umumnya, apotek ini hanya menyediakan obat suntik atau spesialisasi tertentu seperti kemoterapi, ahli gizi, maupun kesehatan mental.

Apoteker: Fungsi dan Tugas

Setelah membahas definisi apotek, fokus selanjutnya adalah membahas pelayan apotek atau apoteker. Masih dengan surat keputusan menkes, apoteker merupakan sarjana farmasi yang telah menyelesaikan pendidikan profesi serta mengucapkan sumpah berdasarkan peraturan perundangan untuk melakukan pekerjaan kefarmasian.

Melalui pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwa seorang apoteker harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai obat-obatan serta sikap yang baik dalam melayani pasien. Berikut adalah fungsi dan tugas dari para apoteker:

  1. Merancang, memproduksi, dan mendistribusikan obat.
  2. Mengawasi keamanan dan kesesuaian obat dengan resep dokter bagi pasien.
  3. Menjelaskan efek samping obat yang akan timbul pada pasien.
  4. Menjelaskan peraturan pemakaian obat termasuk hal-hal yang perlu pasien hindari.
  5. Menghitung dosis obat sesuai dengan individu pasien dan jenis penyakitnya, misalnya obat untuk anak-anak berbeda dengan obat untuk orang dewasa.

Mau Punya Apotek yang Lebih Profesional?

Sobat Vmedis yang ingin memiliki apotek dengan layanan terbaik bisa mulai menggunakan Aplikasi Apotek Vmedis yang membantu pelayanan mulai dari kartu stok obat hingga laporan keuangan apotek secara otomatis. Langsung saja akses di https://vmedis.com/software-apotek-terbaik/ 

Semakin berkembangnya zaman, semakin berlomba-lomba pula masyarakat beradaptasi dengan perkembangannya. Mulai beradaptasi dengan era digital menggunakan Aplikasi Apotek Vmedis, yang sudah pasti mudah dan terpercaya.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?