Contoh Salinan Resep Dokter Yang Dapat Kamu Pelajari

Contoh Salinan resep dokter

Contoh salinan resep dari dokter – Halo, Sobat Vmedis! Kamu pasti pernah, dong menerima resep dari dokter. Biasanya, hal tersebut berisi anjuran obat yang harus kamu beli ke apotek. Dokter menuliskan obat-obat tersebut atas diagnosanya terhadap penyakit yang kamu derita. Mungkin bagi orang awam yang tidak mengerti, salinan resep dokter tampak seperti tulisan nama obat biasa, namun ternyata banyak sekali loh makna-makna yang dapat Sobat Vmedis pelajari dalam secarik kertas tersebut.

Contoh Salinan resep dokter

Unsur yang Terkandung Dalam Contoh Salinan Resep Dokter

Sebuah resep dokter secara legal hanya dapat ditulis oleh dokter umum, dokter spesialis dan dokter gigi. Salah satu tujuan penting dari salinan resep dokter ini adalah agar dapat memudahkan apoteker atau pelayan kesehatan untuk memberikan obat yang sesuai. Sebuah salinan yang bisa kita bilang benar adalah resep yang mudah apoteker mengerti, dan tertulis dengan jelas sesuai kaidah penulisan resep.

Salinan resep dokter haruslah mempunyai unsur-unsur yang terkandung sebagai berikut:

1. Identitas Dokter

Dalam sebuah salinan resep dokter, haruslah terdapat identitas asli dan resmi dari dokter yang menulisnya. Identitas tersebut seperti nama dan gelar sang dokter, nomor surat izin praktek dokter tersebut, alamat lengkap tempat praktek, nomor telepon dokter, tanggal lengkap saat resep tersebut tertulis dan tanda tangan dokter dan stempel resmi (tidak wajib).

2. Identitas Pasien

Selain identitas dari sang dokter yang meresepkan obat, sebuah salinan juga haruslah mengandung identitas pasien. Mulai dari nama, umur, jenis kelamin, dll. Hal ini bertujuan agar resep yang tertulis jelas ditujukan untuk siapa.

  • Informasi Obat

Ada dua bagian yang menjadi inti dalam sebuah salinan yang kamu dapat, yaitu:

  • Simbol R

Yang termasuk kedalam simbol R (receipt) ini adalah keterangan obat yang dokter berikan. Seperti nama obat, dosis yang dokter sarankan untuk pasien konsumsi, bentuk obat tersebut dan jumlah obat tersebut yang bisa apoteker berikan pada pasien.

  • Simbol S

Yang termasuk kedalam simbol S ini adalah aturan-aturan yang harus pasien terapkan dalam mengkonsumsi obat tersebut. Contohnya seperti pada waktu kapan pasien harus meminum obat tersebut, Apakah obat tersebut harus pasien minum sesudah atau setelah makan, dosis yang harus pasien konsumsi setiap kali minum, atau cara pasien dalam menggunakan obat atau informasi lain.

  • Legalitas

Hal ini adalah unsur penting lain dalam sebuah salinan resep dokter karena dapat menentukan kelegalitasan surat resep tersebut. Biasanya dokter resmi memberikan tanda penutup dan tanda tangan dokter yang bertanggung jawab dalam penulisan resep tersebut.

Hal-Hal yang Perlu Sobat Vmedis Tahu

Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu tahu dalam sebuah salinan resep dokter bahwa setiap salinan resep mengandung:

1. Sifat Rahasia

Artinya, salinan resep dokter adalah sesuatu yang bersifat rahasia dan hanya boleh terlihat oleh dokter, apoteker yang bersangkutan dan keluarga terdekat pasien. Hal ini agar mengurangi terjadinya penyalahgunaan resep oleh orang yang tak bertanggung jawab.

2. Pihak yang Bertanggung Jawab

Pihak yang bertanggung jawab dalam pemberian resep obat tersebut adalah dokter dan petugas farmasi yang memberikan obat tersebut kepada pasien. Jika terjadi sesuatu, maka pihak tersebutlah yang akan mendapatkan hukuman.

Nah, Itulah hal-hal yang dapat Sobat Vmedis pelajari dalam setiap salinan resep dokter. Untuk informasi lengkap seputar apotek, segera download software apotek terbaik di Indonesia, disini kamu bisa mendapatkan banyak informasi akurat tentang apotek loh, selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?