Contoh Penulisan Resep Obat oleh Tenaga Kesehatan

Contoh Penulisan Resep Obat oleh Tenaga Kesehatan

Sejumlah tenaga kesehatan, terutama dokter, wajib bisa menulis resep obat dengan benar. Untuk itu, bagi Sobat Vmedis yang berencana berkarir di dunia medis perlu tahu cara menulis resep obat sesuai aturan yang berlaku. Tidak ada salahnya jika Sobat Vmedis merujuk beberapa contoh penulisan resep obat di artikel ini sebagai referensi.

Kelengkapan Dalam Penulisan Resep Obat

Dokter biasanya menulis resep obat di secarik kertas sebagai upaya pemberian terapi untuk pasien. Setelah itu, pasien menyerahkan resep obat ke apotek, dimana nantinya apoteker akan mengambilkan obat atau meraciknya sesuai dosis pada resep.  

Pihak apotek bersedia memberikan obat apabila isi resep lengkap. Oleh karena itu, Sobat Vmedis harus jeli dengan bagian ini. Kelengkapan tersebut terdiri dari:

1. Identitas dokter

Identitas dokter terdiri dari nama, nomor SIP, alamat praktek, dan nomor telepon dokter. Selain itu, Sobat Vmedis juga harus mengisi nama kota/kabupaten serta tanggal pembuatan resep yang tertera di bagian atas.  

2. Nama Obat

Penulisan obat diawali dengan simbol R (recipe) yang artinya ambil resep. Lalu, tulis nama obat, dosis, bentuk, dan aturan pakai (simbol S atau signatura) secara lengkap dan jelas. 

Penulisan nama obat sebaiknya menggunakan nama latin maupun generik (merek dagang). Selanjutnya, di bagian penutup beri garis dan paraf dokter. Untuk lebih jelasnya, Sobat Vmedis bisa menyimak di bagian contoh penulisan resep obat

3. Identitas Pasien

Identitas pasien (Pro) terdiri dari nama, usia, dan alamat. Sobat Vmedis perlu perhatikan usia dan berat badan pasien supaya apoteker bisa menyesuaikan dosis obatnya. Faktanya, dosis obat untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa maupun usia lanjut.

Blanko Resep Obat

Blanko resep obat terdiri dari 3 bagian, yaitu informasi dokter/rumah sakit, kolom penulisan obat, dan identitas pasien. Bentuk blanko tersebut bisa saja berbeda-beda tiap dokter maupun rumah sakit. Tapi, 3 komponen tersebut wajib ada dalam blanko resep.

Sobat Vmedis dapat merujuk salah satu blanko resep yang digunakan di RS dr. Rivai Abdullah Palembang sebagai contoh penulisan resep obat.

Contoh Penulisan Resep Obat

Contoh Penulisan Resep ObatContoh Resep Obat

Jenis obat yang biasanya diresepkan untuk pasien diantaranya obat yang sudah jadi, obat yang perlu diracik, dan alat kesehatan. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) membagikan beberapa contoh penulisan resep obat berdasarkan jenisnya sebagai berikut:

1. Resep Obat Jadi Menggunakan Nama Generik atau Merek Dagang

R/ Hydrocortison krim 1% tube No I

S aplic.in.loc.dol.

           _______________________ z

      Pro : Anak T (5 th)

2. Resep Obat yang Perlu Diracik

R/ Ceftix 10 mg

Epexol 5 mg

Salbutamol 0,425 mg

Longatin 4,5 mg

Rhinofed 1/12 tab

Dexametason 1/5 tab

M.fla pulv dtd no XV

_____________________ z

     Pro : anak 8 bulan

3. Resep untuk Alat Kesehatan (Alkes)

R/ Kassa steril box No. I

S ue

______________ z

     Pro : Bp. Z (55 th)

Sudah Paham dengan Contoh Penulisan Resep Obat Diatas? 

Sobat Vmedis bisa coba mempraktekkan contoh penulisan resep obat di atas supaya lebih familiar dengan resep obat ketika sudah terjun ke dunia kerja kesehatan. Selain itu, menggunakan contoh ilustrasi kasus pada pasien juga bisa membantu meningkatkan kemampuan menulis resep obat.

Pada kenyataannya, setelah pasien mendapatkan resep obat, mereka perlu menebus obat tersebut di apotek. Rumah sakit atau fasilitas kesehatan publik biasanya sudah punya apotek sendiri. Sementara itu, pasien yang berobat melalui praktek dokter pribadi harus menebus obat ke apotek terdekat. 

Sobat Vmedis tidak perlu khawatir jika tidak punya waktu untuk ke apotek karena sekarang sudah ada software Vmedis. Aplikasi ini merupakan salah satu Software Apotek terbaik yang menawarkan kemudahan bagi pasien dan pengelola/pemilik apotek. 

Apotek Vmedis bisa membantu Sobat Vmedis mendapatkan informasi ketersediaan obat sekaligus mempermudah pemilik dalam mengelola apotek dari jarak jauh. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?