Contoh Laporan PKPA Apotek (Praktek Kerja Profesi Apoteker)

Contoh Laporan PKPA Apotek

Contoh Laporan PKPA Apotek – Halo, Sobat Vmedis! Pada hakikatnya setiap profesi yang ada membutuhkan sebuah laporan rutin yang akan mereka serahkan kepada pemimpinnya. Biasanya, sebuah laporan berisi penilaian dari pekerjaan-pekerjaan yang para karyawan kerjakan selama satu bulan penuh. Sama halnya dengan profesi kebanyakan, seorang apoteker memiliki laporannya tersendiri. Laporan itu bernama Laporan PKPA atau kependekan dari Laporan Praktek Kerja Profesi Apoteker. Biasanya, laporan PKPA sendiri sering dipakai oleh mahasiswa atau mahasiswi apoteker sebagai tugas mata kuliah mereka. Lalu sebenarnya apa pengertian dan contoh laporan PKPA yang bisa kamu pelajari?

Pengertian PKPA Apotek (Praktek Kerja Profesi Apoteker)

Peran seorang apoteker dalam menjalankan apotek terbilang sangat penting karena para apoteker berurusan langsung pada obat yang dokter berikan kepada pasien. Jadi untuk menurunkan tingkat terjadinya human error pada para apoteker, banyak universitas bekerja sama dengan banyak sekali apotek-apotek Indonesia untuk melaksanakan program praktek kerja profesi untuk para calon apoteker.

Kesalahan human error yang mungkin terjadi pada apoteker contohnya seperti salah memberi dosis obat yang dokter berikan, salah memberi informasi kepada pasien, atau salah memonitoring penggunaan obat agar dapat terdokumentasi sesuai dengan harapan. Para apoteker juga harus bisa menyadari kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengobatan yang dokter berikan walaupun kemungkinan seperti itu mempunyai skala yang sangat kecil.

Program itu dinamakan sebagai PKPA (Program Kerja Profesi Apoteker). Melalui program PKPA yang terlaksana pada apotek resmi, Universitas berharap para calon apoteker lebih bisa memahami atau mempunyai pengalaman dalam berhadapan langsung dengan kegiatan pekerjaan dan pelayanan yang berhubungan dengan farmasi. Hingga akhirnya Universitas banyak menghasilkan lulusan apoteker yang mempunyai sikap dan sifat yang berlandaskan hakikat ilmu kefarmasian.

Maksudnya adalah apoteker tersebut dapat dan mampu memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat luas mengenai obat-obatan yang mereka akan konsumsi.  

Tujuan PKPA

Ada 2 tujuan akhir yang menjadi goals dari program PKPA ini, tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

Praktek Kerja Profesi Apoteker mempunyai sebuah tujuan umum untuk memberikan dasar pengetahuan kepada calon apoteker berdasarkan pengalaman yang praktis sehingga kedepannya para calon apoteker tersebut dapat mampu serta terampil untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai apoteker yang berkualitas dan membantu masyarakat.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus terlaksananya PKPA atau Praktek Kerja Profesi Apoteker ini adalah sebagai berikut :

  • Bertujuan sebagai proses yang dapat meningkatkan pemahaman para calon apoteker atas peran yang mereka pegang, fungsi-fungsi apoteker, dan tanggung jawab yang mereka tanggung dalam setiap pelayanan kefarmasian pada apotek.
  • Dapat memberikan pengalaman kepada para calon apoteker untuk bisa melihat dan belajar tentang strategi-strategi dan kegiatan apa saja yang dapat mereka lakukan.
  • Program ini juga bisa memberikan gambaran nyata tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi pada bidang farmasi.

Contoh Laporan PKPA Apotek

Setiap peserta program praktek kerja profesi apoteker ini wajib memberikan laporan yang dikumpul di akhir masa praktek. Contohnya adalah seperti berikut :

Contoh Laporan PKPA Apotek

Jangan lupa Share Artikel ini jika bermanfaat dan bagi anda yang ingin Bikin Hampir semua Laporan di apotek anda terbuat OTOMATIS, silahkan Coba Aplikasi Apotek Vmedis GRATIS!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?