Contoh Faktur Pembelian Obat Yang Perlu Orang Ketahui!

Contoh Faktur Pembelian Obat

Hi Sobat Vmedis, kalian tahu apa itu faktur pembelian?. Faktur pembelian yaitu sebuah dokumen yang berasal dari pembeli dan berisi pesanan yang ditujukan untuk penjual. Dalam membeli obat juga terdapat faktur pembelian. Terdapat contoh faktur pembelian obat yang penting kamu ketahui. 

Contoh Faktur Pembelian Obat Dalam Kegiatan Transaksi

Dalam kegiatan perdagangan khususnya untuk Apotek, faktur pembelian ini sangat penting karena agar memudahkan para petugas untuk mengecek. Informasi yang terdapat dalam faktur pembelian menjadi bukti saat terjadi masalah dalam proses pembelian.

 

Contoh Faktur Pembelian Obat

Dengan adanya faktur pembelian obat ini, pihak menerima dapat mengecek apakah obat yang mereka kirim sudah sesuai dengan pesanan. Saat proses pengiriman kita tidak tahu apakah barang kiriman tersebut utuh atau terdapat perubahan seperti jumlah atau jenisnya.

Untuk pembelian obat-obatan khususnya saat menerima faktur pembelian, kita dapat mengetahui batas tanggal kadaluwarsanya. Karena adanya faktur pembelian tersebut maka mudah untuk menelusurinya dan dapat segera melaporkan kepada  pihak penjual.

Dalam faktur pembelian atau penjualan biasanya terdapat tiga lembar yang masing – masing lembar untuk penjual, pembeli, dan disimpan dalam buku. Jadi berbeda dengan bukti pembelian atau penjualan dari nota yang hanya memiliki dua lembar.

Faktur pembelian dan penjualan memiliki perbedaan dalam isinya jadi tergantung dengan kebutuhannya. 

Terdapat komponen dalam contoh faktur pembelian obat antara lain :

1. Nama Penjual dan Pembeli

Faktur pembelian harus mencantumkan nama penjual dan pembeli agar jelas proses transaksi yang ada oleh siapa saja. Dalam contoh tersebut terdapat dengan jelas nama penjual atau supplier dato PT. Vmedis Internasioanl dan pembeli dari APOTEK Demo.

2. Nama Alamat dan Nomer Telepon 

Mencantumkan alamtat pada faktur pembelian atau penjualan sangat penting agar mudah mengetahui tempatnya saat terjadinya sesuatu pada pesanannya. Pada contoh tersebut terdapat alamat pengirim dari PT. Vmedis Internasional dan juga nomor telepon dari penjual dan pembeli.

3. Apa Saja dan Berapa Jumlah Pesanannya

Karena ini merupakan faktur pembelian maka harus mencantumkan apa saja dan berapa jumlah barang yang akan dipesan. Terlihat jelas pada contoh tersebut yaitu apa jenis pesanan obat, jumlah satuannya, dan total keseluruhan pembelian.

4. Tanggal Pemesanan dan Nomer Pemesanan

Dalam faktur pembelian terdapat juga tanggal pemesanan dan nomer pemesanannya yang harus penjual cantumkan agar tahu dan mudah dalam melacaknya. Pada contoh faktur pembelian obat tersebut terdapat tanggal dan waktu pemesanan serta nomor pesanannya. 

5. Keterangan Izin Praktek

Pihak pembeli khususnya untuk Apotek harus mencantumkan keterangan izin praktik agar pembelian obat tersebut jelas untuk badan resmi. Pada contoh tersebut terlihat pembeli mencantumkan kode izin praktik agar penjual dapat dengan mudah mencari tahu.

6. Tanda Tangan Penjual dan Pembeli

Satu hal ini tidak boleh terlewatkan atau tidak tercantum pada faktur pembelian. Tanda tangan yang tercantum pada faktur pembelian sebagai bukti bahwa dokumen tersebut sah dan valid dari pihak penjual dan pembeli. Dalam contoh tersebut terdapat kolom tanda tangan untuk supplier atau penjual dan kolom untuk pembeli.

Sudah Paham Para Sobat Vmedis Tentang Faktur Pembelian Obat?

Dengan demikian. faktur pembelian obat memang harus terlampir karena sebagai bukti pembelian dan untuk mempermudah pengecekan. Dalam faktur pembelian terdapat juga jenis barang dan total dari pembelian secara detail. Informasi tentang penjual dan pembeli juga tidak boleh terlupakan dan harus tercantum dengan jelas.

Terdapat situs yang akan memudahkan kamu dalam membuat segala dokumen seperti laporan dan kartu stok secara otomatis. Dengan mengunjungi Software Apotek sekarang juga untuk memudahkan pekerjaan kamu!.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?