Arti Kata Apotek dan Asal Usul Sejarahnya, Lengkap!

Arti Kata Apotek

Sobat Vmedis pastinya sudah tahu sebenarnya apa itu Apotek. Kata Apotek ini seringkali sobat Vmedis jumpai dalam istilah medis maupun dalam percakapan sehari – hari. Sebenarnya, istilah apotek ini akan sering sobat Vmedis jumpai pada percakapan sehari – hari. Tapi sebelumnya, kira – kira apa arti dari kata apotek ya?

Apotek, apo-tek adalah sebuah tempat meramu dan menjual obat berdasarkan resep dokter serta memperdagangkan barang medis; atau rumah obat. Pastinya dengan definisi tersebut sobat Vmedis sudah tahu sebenarnya apotek itu secara garis besar adalah rumah meramu obat yang menjual barang medis sesuai dengan resep dokter.

Bahasa Apotek

Apotek ini aslinya adalah bahasa serapan dari bahasa belanda yaitu Apotheek yang mempunyai makna tempat menjual dan membuat atau meramu obat. Apotek ini adalah tempat dimana apoteker melakukan praktik profesi dari farmasi. Jadi kurang lebih apotek ini adalah kantor bekerjanya seorang apoteker.

Sebelum masuk ke bahasa Belanda, apotek ini diturunkan dari bahasa Yunani yaitu Apotheca yang mempunyai makna penyimpanan. Arti penyimpanan dalam konteks ini masih sangat luas belum mengarah ke obat-obatan, tetapi memang nyatanya pada jaman itu kerajaan banyak menyimpan obat medis di apotheca.

Sejarah Arti Kata Apotek

Sejarahnya, istilah apotek ini atau apoteke datang dari seorang dokter Romawi yang bernama Galen pada tahun 131 – 201 Masehi. Dokter Galen menamakan tempatnya yang ia gunakan untuk melakukan pemeriksaan pasiennya yang sakit yaitu latron. Kemudian, Dokter Galen memberikan nama pada tempat ia menyimpan obat yaitu Apotheca.

Nama dari Dokter Galen ini sudah ada pada pada ilmu farmasi apoteker dalam meracik obat secara mekanis atau mungkin lebih sobat Vmedis kenal dengan istilah Galenical. Istilah Galenika ini banyak masyarakat gunakan pada teknik meramu obat, misalkan pada menyaring inti sebuah tanaman dan sediaan dari alam menjadi sebuah obat yang bisa siap pasien konsumsi.

Pada abad ke – 2 itu, istilah dari apotek hanya sebatas sebagai gudang penyimpanan obat – obatan untuk keperluan pasien. Kemudian , arti apotek mempunyai makna untuk tempat pembuatan dan juga penyaluran obat – obatan mulai ada pada tahun 500 – 750 tahun setelah masa dari Dokter Galen. 

Hal yang lucu adalah penggunaan istilah apotek ini kemudian tidak lanjut pada Romawi, melainkan berada pada Baghdad. Pada zaman itu, seorang apoteker yang bekerja di apotek dan meramu obat memiliki status sosial yang sangat tinggi dan terkenal. Sehingga, istilah ibn-al-attar atau yang artinya seorang anak apoteker seringkali masyarakat gunakan. 

Pada masa itu, tokoh farmasi yang terkenal adalah seorang apoteker yang mempunyai nama Avicenna atau Ibnu Syina. Ia merupakan seorang dokter sekaligus farmasi atau apoteker dari Persia yang terkenal pada tahun 930 – 1037 Masehi.

Apoteker dan Dokter

Sampai pada awal abad ke-13, istilah apoteker dan dokter mempunyai irisan makna yang mirip. Sehingga mayoritas masyarakat menyebutnya sebagai healer, medicineman, shaman, thabib, sinshe, dan lainnya. Pada waktu itu, istilah ini sangat membingungkan masyarakat ketika akan menghubungi dokter ataupun apoteker.

Setelah itu, pada tahun 1240 tepatnya, kerajaan Sicillia mengeluarkan sebuah undang – undang yang secara spesifik memisahkan profesi dari seorang farmasis atau apoteker dan dokter. Undang – undang ini menyatakan bahwa dokter mempunyai fungsi untuk memeriksa pasien dan memberikan resep obat kepada pasien.

Sementara, apoteker adalah orang yang membuatkan obat melalui resep yang mereka dapatkan dari dokter. Setelah itu, pada tahun 1407 muncul Pharmacist’s Code of Genoa yang melarang kerjasama antara dokter dan apoteker.

Baik itu tadi info tentang arti kata apoteker, lalu bagi anda yang belum pakai vmedis, silahkan dicoba dulu GRATIS di Software Apotek Terbaik di Indonesia! . Dengan memakai vmedis, anda bisa bergabung ke komunitas vmedis, yang berisi banyak apotek suskes di seluruh indonesia.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?