Apa Saja Kewajiban Apoteker?, Pengusaha Apotek Wajib Tahu!

Apa Saja Kewajiban Apoteker

Apa Kewajiban Apoteker? – Mungkin masih ada pengusaha apotek yang cuma mengganggap apoteker sebagai syarat pelengkap pembukaan apotek. Padahal sebenarnya tugas apoteker itu ga cuma itu saja. Tugas apotek itu sangat mulia. Tanpa apoteker, mungkin akan banyak masyarakat yang salah beli obat / tidak tahu kapan obat itu dikonsumsi. Apotek tanpa apoteker hanyalah toko obat.

Untuk itu di artikel ini saya akan membagikan tugas – tugas apoteker :

1. Meracik obat resep

Aktivitas meracik resep obat seperti mengisi, mencampur, dan memberi aturan minum (etiket). Sehingga pasien tidak perlu bingung obat apa yang perlu di beli dan bagaimana, kapan meminumnya.

2. Berkomunikasi dengan pemberi resep

Dokter yang menuliskan resep menjadi partner apoteker. Setiap kali pesanan resep tidak jelas atau berpotensi berbahaya bagi pasien, apoteker perlu memastikan dosis dan formulasi (misalnya, cairan atau tablet), serta apakah produk bermerek diperlukan atau jika apoteker dapat menggantinya dengan obat generik yang setara.

3. Memastikan keselamatan pasien

Memeriksa Patient Medical Record (PMR) atau catatan pengobatan setiap pasien setiap kali dia mendapat resep baru atau resep isi ulang. Ini adalah cara terbaik bagi apoteker untuk mencegah interaksi yang berpotensi berbahaya antar obat. Apabila anda ingin mudah melihat Riwayat pengobatan pasien, pakailah aplikasi apotek seperti Vmedis.

4. Konseling pasien

Konseling melibatkan lebih dari sekadar menginformasikan tentang reaksi merugikan dan interaksi dengan obat lain, makanan, alkohol, dan minuman lain. Konseling berbagi tip tentang bagaimana meminimalkan efek samping sambil memaksimalkan manfaat dan mendengarkan semua kekhawatiran pasien. Karena sekarang lagi musim pandemi, banyak orang memilih untuk beli obat secara online. Sehingga konsultasi juga harus bisa online, untuk itu melakukannya anda bisa memakai aplikasi apotek. Vmedis, bisa memfasilitasi anda untuk memberi konseling kepada pasien secara real time.

5. Bekerja sama dengan pasien untuk menjaga pola hidup

Menjaga kesehatan membutuhkan lebih dari sekedar minum obat resep, Apoteker dapat membantu pasien menyembuhkan dan menghindari sakit dengan berbagi saran tentang penggunaan obat tanpa resep, mengonsumsi suplemen kesehatan seperti vitamin, menggunakan produk kesehatan herbal dan alami, berolahraga dan menjaga pola makan yang baik.

6. Bekerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan

Poin ini yang masih jarang dilakukan oleh apoteker di Indonesia walaupun beberapa telah mulai bekerjasama dengan asuransi kesehatan BPJS atau perusahaan asuransi swasta lainnya.

7. Mengatur staf

Apoteker memiliki tanggung jawab utama untuk memastikan “tiga tepat” obat yang tepat, pasien yang tepat, dan dosis yang tepat. Memenuhi tanggung jawab ini membutuhkan pengawasan pekerjaan dan pendampingan teknisi farmasi, mahasiswa magang dan penduduk.

Pemilik dan apoteker juga memiliki tanggung jawab untuk membuat keputusan perekrutan dan menetapkan serta menegakkan kebijakan tempat kerja. Agar lebih mudah mengatur job desk staff di apotek, anda bisa menggunakan aplikasi yang ada hak aksesnya. Jadi setiap staff bisa bekerja sesuai pekerjaannya masing-masing.

8. Melakukan pekerjaan administratif

Setiap orang di apotek memiliki tanggung jawab untuk selalu memperbarui file pasien, memastikan produk yang dibutuhkan tersedia dan laporan yang diperlukan dibuat dan diajukan. Jika apoteker memegang posisi supervisor atau manajemen, apoteker dapat menggunakan waktu sebanyak atau lebih banyak untuk tugas administratif seperti pada perawatan pasien.

9. Mengedukasi tenaga kesehatan lainnya

Dokter, perawat, dan penyedia layanan kesehatan lainnya tentang pengobatan baru dan protokol terapi obat.

Apoteker juga harus menyelesaikan kursus pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan dan memperbarui izin mereka; tetap up to date pada persetujuan obat, penarikan produk dan perubahan indikasi dan peringatan obat; dan memastikan mereka mematuhi undang-undang dan negara bagian yang mengatur apotek.

 

Jadi itu lah kewajiban apoteker yang seharusnya menurut apa yang saya ketahui. Lalu untuk menunjang pekerjaan apoteker, sekarang kita dapat menggunakan aplikasi apotek. Sehingga pekerjaan apoteker jadi lebih ringan dan cepat, serta meminimalisir kesalahan yang terjadi. Aplikasi Apotek Vmedis bisa anda coba demonya GRATIS, di dibawah :

KLIK UNTUK DAFTAR DEMO

Sumber :

Farmasetika
TheBalanceCareer
Jurnal Unpad

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?