Apa Itu Resep Elektronik? Berikut Pembahasan Lengkapnya!

Resep Elektronik

Situasi pandemi covid-19 atau Coronavirus Disease 19 saat ini membuat beberapa perubahan pada sistem pelayanan masyarakat. Salah satu perubahan terlihat pada proses peresepan obat-obatan. Saat ini, penggunaan resep elektronik menjadi hal yang efektif untuk diterapkan pada saat kondisi pandemi seperti ini.

Disamping penggunaannya yang begitu populer saat ini, masih banyak orang yang belum memahami pengertian dari istilah peresepan yang satu ini. Berikut ini terdapat pembahasan mengenai hal itu. Langsung saja, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Resep Elektronik?

Resep elektronik ini juga disebut dengan istilah peresepan elektronik atau e-prescribing. Salah satu istilah dalam dunia medis ini, merupakan cara peresepan dengan memanfaatkan teknologi perangkat lunak dalam komputer, sehingga bisa menghasilkan sebuah racikan resep secara otomatis. Seluruh proses yang terjadi, dilakukan secara otomatis oleh komputer tanpa ada campur tangan manusia.

Proses yang terjadi secara otomatis ini akan sangat mengandalkan bagaimana sistem yang tertanam pada komputer tersebut. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang dipakai, maka analisa untuk peresepan yang terjadi akan semakin akurat juga. Dalam hal ini, penting untuk Sobat Vmedis perhatikan bagaimana spesifikasi komputer yang Sobat Vmedis miliki sebelum menerapkan sistem yang satu ini. 

Komputer perlu mempersiapkan dirinya untuk bisa melakukan beberapa tahapan dari proses resep elektronik ini. Proses yang pertama adalah proses prescribing atau penulisan resep yang dilakukan oleh komputer. 

Kemudian dilanjutkan dengan proses transcribing dimana komputer juga harus bisa membaca resep yang sudah dituliskan. Setelah itu masuk ke proses dispensing dimana komputer akan membantu dalam proses penyiapan obat oleh petugas. Dan tahap terakhir adalah tahap administration serta monitoring.

Manfaat Peresepan Elektronik

Resep elektronik menjadi hal yang populer digunakan di masa pandemi ini. Dalam penerapannya, tentunya hal ini memiliki beberapa manfaat yang akan sangat membantu dalam pelayanan masyarakat terkait obat-obatan. Nah, berikut beberapa manfaat dari peresepan elektronik ini.

Mengurangi Terjadinya Medication Error

Manfaat yang pertama dari resep elektronik ini adalah dapat mengurangi terjadinya medication error. Medication error merupakan suatu kesalahan yang terjadi oleh manusia saat menuliskan resep dari sebuah obat. Kesalahan semacam itu bisa terjadi karena kondisi manusia yang belum tentu fit sepenuhnya saat diminta untuk menuliskan sebuah resep obat secara manual.

Berbeda halnya dengan peresepan elektronik. Dengan memanfaatkan komputer untuk mengerjakan seluruh proses peresepannya, kesalahan semacam itu akan sangat berkurang. Hal ini karena komputer tidak akan pernah memiliki rasa lelah saat bekerja. Namun, tentunya Sobat Vmedis harus memiliki sistem yang benar-benar baik agar fungsionalitas semacam ini bisa Sobat Vmedis andalkan sepenuhnya.

Mengurangi Terjadinya Kontak Antar Manusia

Selain itu, resep elektronik juga memiliki manfaat dalam mengurangi adanya kontak antar manusia satu dengan yang lain. Sebelumnya, kontak antar manusia sudah pasti terjadi karena pasien harus bertemu secara langsung untuk bisa mendapatkan resep. Hal ini tentunya akan membuat tenaga medis menjadi terpapar penyakit dari banyak pasien yang dilayani pada saat itu.

Dengan peresepan elektronik, paparan semacam itu bisa dihindari dengan mudah. Apalagi di tengah kondisi pandemi semacam ini dimana sebisa mungkin kontak fisik harus dihindari. Hal inilah yang membuat peresepan elektronik menjadi hal yang populer diterapkan di masa pandemi ini.

Contoh Resep Elektronik

Resep ElektronikAgar lebih memahaminya, berikut terdapat contoh yang bisa menambah pengetahuan kamu. Berikut contoh resep elektronik yang bisa menambah pemahamanmu!

Sudah Paham Mengenai Apa Itu Resep Elektronik?

Setelah memahaminya, tentunya Sobat Vmedis semakin mengerti pengertian dari salah satu istilah di dunia medis yang satu ini. Selain memahami pengertiannya, Sobat Vmedis juga sudah memahami bagaimana saja manfaatnya saat diterapkan di dunia medis. Dengan begitu, Sobat Vmedis akan lebih mengerti bahwa resep elektronik memiliki dampak yang bagus dalam penerapannya. 

Ingin mendapatkan informasi seputar apotek lengkap? software apotek terbaik di Indonesia solusinya! Dijamin informasinya bermanfaat untukmu selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?