Apa itu Farmasi Klinis? Ini Istilah Penting yang Perlu Kamu Ketahui!

Apa itu Farmasi Klinis

Apakah Sobat Vmedis pernah dengar istilah kesehatan yaitu farmasi klinis? Kalau sudah pernah dengar, sejauh mana Sobat Vmedis mengetahuinya? Farmasi klinis adalah salah satu istilah yang penting untuk Sobat pelajari, terutama kalau Sobat Vmedis ingin sekali menggeluti profesi tenaga kesehatan.

Dalam artikel yang satu ini, Sobat Vmedis yang belum tahu mengenai istilah di atas akan bisa mengenalnya. Karena itu, siapkan alat tulisnya sembari pantengin aplikasi Vmedis.

Apa itu Farmasi Klinis?

Secara umum, farmasi klinis adalah cabang ilmu farmasi atau peracik obat-obatan yang mana apoteker sebagai ahli dalam pekerjaan ini akan memberikan pelayanan perawatan untuk pasien secara langsung. Kegiatan mereka bertujuan untuk melakukan optimalisasi penggunaan bahan obat-obatan dan saran peningkatan kesehatan, kebugaran, serta pencegahan terhadap penyakit tertentu.

Seorang apoteker klinis akan melakukan perawatan terhadap pasien di semua lini perawatan. Namun, tempat utama mereka bekerja ada di rumah sakit dan juga klinik. 

Seorang ahli dalam bidang ini akan menuntutnya untuk dekat dengan pasien karena tidak hanya berorientasi pada drug oriented, tetapi juga patient oriented. Yang artinya kegiatan kefarmasiannya sangat mengedepankan pentingnya kondisi pasien, daripada obat sebagai objeknya.

Munculnya farmasi klinis adalah akibat dari munculnya banyak kecelakaan obat yang terjadi di masa lalu. Penggunaan obat secara berlebihan dan sirkulasi obat yang bebas banyak menyebabkan kematian. 

Sehingga perlu orang-orang dalam bidang ini yang bisa mengatur agar pasien bisa menggunakan obat sesuai dengan ketentuan keselamatan jiwa dan standar pengobatan yang telah ada.

Ruang Lingkup Pekerjaan Ahli Farmasi Klinis

Seperti yang sudah Sobat Vmedis baca sebelumnya, seorang yang bekerja dalam bidang farmasi klinis akan mengedepankan dua orientasi yaitu drug oriented dan patient oriented. Kedua orientasi membuat seorang apoteker klinis untuk memiliki filosofi pharmaceutical care.

Maksud filosofi pharmaceutical care dalam bidang ini adalah bentuk optimalisasi peran dari apoteker dalam sebuah upaya pengobatan yang mengedepankan interaksi langsung serta sesering mungkin dengan pasien guna menghasilkan pelayanan kesehatan yang maksimal serta meningkatkan kualitas hidup dari seorang pasien.

Dalam filosofi ini, seorang apoteker punya ruang lingkup yang lebih luas dalam usaha pengobatan seorang pasien. Tidak hanya melakukan aktivitas meracik obat semata, tetapi ada hal-hal lain yang juga bisa mereka lakukan.

1. Farmasi Klinis Memberikan Konsultasi

Jika seorang farmasi industri hanya mengedepankan produksi obat, maka seorang apoteker bidang ini harus lebih manusiawi. Mereka bisa memberikan pelayanan konsultasi konsumsi obat kepada pasien yang membutuhkannya.

2. Memberikan Informasi dan Edukasi Terkait Obat

Salah satu ruang lingkup pekerjaan  seorang ahli ini adalah membuka informasi kandungan yang ada dalam obat serta bagaimana caranya seorang pasien bisa mengkonsumsinya. Hal ini penting agar tidak terjadi penyelewengan atau akibat buruk lainnya.

3. Monitoring Pasien

Setelah memberikan obat kepada pasien, seorang apoteker klinis bisa melakukan monitoring bahkan evaluasi terhadap pasien serta memberikan rekomendasi penggunaan obat. Hal ini perlu untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Dengan ruang lingkup yang luas ini, seorang apoteker klinis harus meningkatkan kompetensinya dalam banyak aspek seperti pengetahuan dan keterampilan, serta sikapnya sendiri. mereka akan lebih aktif berinteraksi dengan para pasien. Publik speaking menjadi tombak penting yang harus mereka miliki.

Sudah tahu Apa Itu Farmasi Klinis?

Sudah lebih tahu kan Sobat Vmedis soal bidang ini itu apa. Bisa jadi catatan kecil nih kalau farmasi klinis adalah sebuah cabang obat-obatan dalam ilmu kedokteran yang punya orientasi kepada pasien saat proses pengobatan. 

Ruang lingkup pekerjaan ahli farmasi klinis tidak hanya memproduksi obat tapi juga aktivitas-aktivitas pasca hal tersebut seperti pelayanan konsultasi dan monitoring pasiennya. 

Nah, bagi kamu yang mempunyai usaha apotek, bisa menggunakan Software Apotek Vmedis sebagai software apotek terbaik di Indonesia untuk mempermudah pekerjaanmu. Semoga sukses!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?