Apa itu Apotek Hidup? Pengertian, Fungsi dan Tanaman Obatnya

Apa Itu Apotek Hidup

Saat ini, sudah banyak orang yang mulai memutuskan untuk memiliki apotek hidup sendiri. Banyak dari mereka yang menyadari betapa penting dan bermanfaatnya hal yang satu ini bagi manusia. Sayangnya, saat ini tidak sedikit orang yang kurang mengetahui pengertian dari istilah yang satu ini.

Untuk itu, simak pembahasan mengenai hal tersebut berikut ini!

Apa itu Apotek Hidup?

Apabila kamu membayangkan apotek hidup sebagai salah satu jenis toko-toko apotek yang menjual obat, maka kamu tidak sepenuhnya salah. Kamu benar dalam hal ketersediaan obat-obatan yang ada di apotek yang satu ini. Namun, anggapanmu salah jika kamu harus berhadapan dengan pegawai apotek di apotek yang satu ini.

Apotek hidup merupakan kegiatan masyarakat dalam memanfaatkan sebagian pekarangan rumah sebagai tempat untuk menanam berbagai tanaman obat yang bisa Sobat Vmedis ambil sewaktu-waktu ketika ada salah satu anggota keluarga atau bahkan tetangga yang membutuhkan tanaman itu sebagai obatnya.

Hal ini sangat cocok dengan budaya masyarakat Indonesia yang saat ini masih lebih percaya dengan obat-obatan tradisional karena dirasa lebih aman daripada obat-obatan kimia. Taman di pekarangan rumah ini mampu menyediakan berbagai tanaman herbal yang bisa menjadi obat tradisional semacam ini.

Selain karena tanaman yang bisa dijadikan obat, ada beberapa tanaman obat yang juga memiliki tampilan yang cantik dan indah. Ini juga bisa berguna sebagai penghias halaman rumah Sobat Vmedis sehingga tampak lebih sejuk dan enak dipandang.

Lalu, Apa Saja Tanaman yang Bisa Ditanam Di Apotek Hidup?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Sobat Vmedis bisa menanam berbagai jenis tanaman obat tergantung seberapa besar pekarangan rumah yang digunakan untuk membuat apotek semacam ini. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis tanaman obat yang bisa Sobat Vmedis tanam. Diantaranya :

1. Lidah Buaya

Musim hujan menjadi musim dimana orang-orang bisa dengan mudah terkena penyakit. Salah satu penyakit yang umum adalah penyakit batuk. Lidah buaya bisa Sobat Vmedis tanam di apotek hidup sebagai obat batuk yang sangat ampuh. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kegunaan lain yaitu bisa menyuburkan rambut.

2. Sirih

Kemudian Sobat Vmedis juga bisa menanam sirih pada apotek hidup di depan rumah. Sirih merupakan tanaman obat yang terkenal ampuh sebagai antiseptik alami. Tanaman yang satu ini juga bisa digunakan untuk meredakan batuk seperti tanaman sebelumnya.

3. Lengkuas

Lengkuas menjadi tanaman ketiga yang bisa Sobat Vmedis jadikan koleksi pada apotek hidup milik Sobat Vmedis. Tanaman ini memiliki kegunaan untuk menyembuhkan panu pada kulit yang seringkali membuat Sobat Vmedis kurang percaya diri.

4. Daun Salam

Selanjutnya daun salam juga bisa ditanam pada apotek hidup. Daun salam merupakan tanaman obat yang sangat cocok bagi Sobat Vmedis yang memiliki penyakit turunan diabetes. Sobat Vmedis bisa memanfaatkan daun salam sebagai obat untuk menurunkan kadar gula dari penderita diabetes.

5. Jahe

 terakhir adalah jahe sebagai tanaman apotek hidup yang sudah sangat terkenal berbagai khasiatnya. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe ini juga terbukti ampuh dalam mengobati batuk yang tidak kunjung sembuh. Selain itu, jahe juga sangat bagus dalam mengobati gangguan pencernaan.

Sudah Paham Apa itu Apotek Hidup?

Nah, bagi Sobat Vmedis memiliki apotek sendiri dan sedang kebingungan dalam mengelolanya, gunakanlah software apotek. Dengan begitu, Sobat Vmedis bisa lebih mudah dalam mengelola apotek. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?