Sudahkah Anda Mencatat Setiap Penjualan Resep di Klinik Anda?

Sudahkah anda mencatat setiap penjualan resep yang ada di klinik anda

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebuah klinik dalam pelayanan maupun operasionalnya. Salah satunya adalah mengenai pencatatan setiap penjualan resep. Pencatatan tersebut dirasa penting karena berkaitan langsung dengan pelayanan terhadap pasien. Oleh karena itulah bagi pemiliki maupun pengelola klinik diharapkan perlu melakukan pencatatan resep secara berkala. Berikut beberapa alasan mengapa pencatatan setiap penjualan klinik menjadi hal yang penting 

Mengetahui stok obat yang tersedia

Dalam setiap klinik banyak jenis obat yang tersedia untuk para pasien. Dengan melakukan pencatatan penjualan resep obat, setidaknya dapat mengetahui berapa stok obat yang tersedia di klinik Anda. Memang, dalam melihat stok obat yang ada terkadang tidaklah mudah.

Hal ini mengingat banyaknya jenis dan jumlah obat tersebut. Jika mengunakan cara manual, jelas akan memakan waktu yang cukup lama dan ini bisa mengganggu terhadap jalannya operasional dan pelayanan klinik.

Maka dari itu, menggunakan aplikasi klinik dalam melakukan pengecekan sangatlah penting untuk meminimalisir dan efisiensi waktu. Selain itu dengan mengetahui stok obat Anda dapat melakukan persiapan-persiapan bila obat tersebut dalam jumlah yang menipis.

Jangan sampai Anda tidak mencatat penjualan resep dan mengetahui stok obat dan ketika pasien membutuhkan jenis obat tersebut tidak ada. Tentu hal ini akan merugikan pasien dalam mendapatkan penanganan medis.

Mengetahui berapa nilai yang dihasilkan dari penjualan resep

Alasan kedua mengapa mencatat setiap penjualan obat sangat penting adalah untuk mengetahui nilai yang dihasilkan dari penjualan resep. Anda bisa melakukan pencatatan resep obat klinik secara berkala. Misalnya mulai dari pencatatan harian, mingguan, maupun bulanan. Dari pencatatan resep tersebut, akan nampak perkembangan dari resep obat tersebut.

Apakah penjualan kali ini mengalami peningkatan atau justru mengalami penurunan. Apabila mengalami peningkatan jumlah maupun nilainya, maka pihak klinik bisa melakukan strategi untuk mempertahankan penjualan tersebut.

Namun, jika dirasa mengalami penurunan pihak klinik juga harus membuat dan merencanakan strategi apa yang seharusnya dilakukan dalam meningkatkan penjualan tersebut.

Memudahkan koordinasi dengan dokter maupun supplier obat

Selain kedua hal di atas, mencatat setiap penjualan resep di klinik juga memberikan manfaat lainnya. Yakni dapat memudahkan koordinasi baik dari dokter maupun pengelola klinik kepada supplier obat. Pencatatan penjualan menjadi sebuah data awal bagi Anda sebagai pengelola klinik untuk membuat rancangan apa yang harus dilakukan, seperti akan menyetok obat jenis apa dalam jumlah berapa yang dibutuhkan oleh klinik.

Bagi supplier obat, data stok obat dari klinik sangatlah membantu dalam pengadaan barang atau obat. Dengan demikian pengiriman obat dari supplier ke klinik dapat segera tertangani dengan baik dan memberikan pelayanan yang prima kepada para pasien.

Berdasarkan ulasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa mencatat setiap resep yang ada di klinik sangat penting untuk dilakukan. Guna mendukung kelancaran pencatatan setiap penjualan resep obat tersebut, penting bagi Anda sebagai pemilik maupun pengelola klinik menggunakan aplikasi klinik terbaik dan terpercaya.

Salah satunya yang ada di Indonesia adalah aplikasi klinik dari Vmedis.  Jadi, sudahkah Anda mencatat setiap penjualan resep di klinik? Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Share