Pengelolaan Apotek Pakai Aplikasi Apotek, Apa Saja Kemudahannya?

Pengelolaan Apotek

Salah satu ciri apotek terbaik bisa sobat vmedis lihat dari bagaimana pengelolaan apotek itu sendiri. Karena fungsinya yang sangat penting, maka cara mengelola apotek itu sendiri memiliki standar dan aturannya sendiri. Pengelolaan ini juga termasuk bagaimana pengelolaan obat itu sendiri.

Pengelolaan Apotek

Dalam mekanismenya, sebuah apotek sebisa mungkin harus bisa menyediakan berbagai macam stok obat. Tentu tidak mudah untuk melakukan hal ini. Ada banyak obat yang harus tersedia, tentu akan sulit untuk menghafal. Beruntung saat ini sudah ada software apotek yang bisa membantu memudahkan pengelolaan apotek.

Pengelolaan apotek dalam hal ketersediaan obat sendiri terdiri dari beberapa tahapan, seperti:

1. Perencanaan Obat

Langkah pertama yang merupakan bagian dari pengelolaan apotek adalah merencanakan obat apa saja yang harus ada. Termasuk di dalamnya melakukan pengecekan stok obat mana saja yang akan habis, obat apa saja yang mendesak, dan lain-lain.

2. Mekanisme Penyaluran

Tahap selanjutnya dalam hal ini adalah mekanisme penyaluran. Proses ini sebenarnya adalah proses bagaimana obat yang apotek butuhkan bisa tersedia. Proses ini sama dengan proses pembelian. Dalam proses ini juga akan menentukan mana obat yang akan dibeli dalam jumlah besar dan mana yang bisa dalam jumlah kecil. Selain itu, pada tahap ini juga akan melihat mana obat yang kebutuhannya mendesak dan mana obat yang memang harus selalu tersedia.

Nantinya, dalam proses pelaksanaanya semua obat yang telah dibeli akan diberi label yang berisi informasi penting tentang obat tersebut. Beberapa informasi tersebut seperti cara pembuatan, cara penggunaan, tanggal kadaluarsa, dan lainnya.

3. Penyimpanan Obat

Hal lain yang juga akan selalu menjadi perhatian dalam pengelolaan apotek adalah masalah penyimpanan obat. Seperti contohnya, obat yang bisa dibeli dengan bebas biasanya akan dipajang di etalase sementara obat yang perlu resep dan racikan akan disimpan di tempat lain.

Penyimpanan obat ini juga akan dikelompokan dalam beberapa jenis. Seperti bentuk, jenis, stabilitas, penggunaan, dan lainnya. Penyimpanan obat-obatan ini juga akan menggunakan tempat khusus yang sudah terstandar. Penyimpanan masing-masing obat juga akan berbeda satu sama lain.

4. Distribusi Obat

Ini mungkin bagian yang paling rumit dalam pengelolaan apotek. Distribusi obat merupakan bagian ketika obat dibeli oleh yang membutuhkan. Dari sini maka setiap obat yang keluar tentu harus memiliki catatan yang biasanya akan terinput ke dalam sistem. Di sinilah salah satu peran aplikasi apotek seperti Vmedis akan sangat berguna.

Dengan adanya aplikasi apotek Vmedis maka semua pencatatan akan bisa terlaksana dengan mudah. Bahkan nantinya semua laporan tentang penjualan, barang masuk dan keluar, dan hal lain yang berkaitan dengan pengelolaan apotek bisa tercatat dengan lengkap.

5. Pemusnahan

Tahap akhir dari proses pengelolaan untuk masalah obat ini adalah pemusnahan. Ini merupakan tahapan ketika ada stok obat yang rusak atau juga sudah melewati tanggal kadaluarsa. Proses pemusnahan ini akan berguna untuk memastikan obat yang sudah tidak layak tersebut tidak akan terjual.

Itulah beberapa tahapan pengelolaan apotek dalam masalah obat. Jika melihat urutannya mungkin sobat Vmedis akan melihat jika proses tersebut cukup rumit. Belum ditambah dengan pengelolaan dalam hal manajemen keuangan, manajemen resep, dan lain-lain.

Itulah mengapa untuk mengatasi masalah pengelolaan ini maka sobat Vmedis bisa menggunakan software aplikasi apotek yang tersedia dari Vmedis. Software ini akan sangat membantu banyak pekerjaan sobat Vmedis. Selain itu, tentu juga akan membantu juga dalam pengelolaan apotek yang sobat Vmedis butuhkan. 

Untuk info selengkapnya, sobat Vmedis bisa langsung mengakses https://vmedis.com/software-apotek-terbaik/. Di situ sobat Vmedis akan mendapatkan banyak informasi tentang mengapa software ini merupakan solusi terbaik untuk masalah pengelolaan apotek.

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?