fbpx

Mulai Bisnis Apotek dengan 6 Langkah Ini, Dijamin Cuan!

Mulai Bisnis Apotek dengan 6 Langkah Ini, Dijamin Cuan

Bisnis apotek adalah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Faktanya, semua orang pasti memerlukan akses ke obat-obatan. Terlebih lagi pasca pandemi Covid-19 yang sempat menggemparkan dunia. Setelahnya, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Apabila kamu ingin memanfaatkan peluang ini menjadi sumber keuntungan, maka kamu perlu mengetahui semua hal di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Apotek agar Untung Besar

Bisnis apotek memang menawarkan potensi cuan besar. Namun, untuk mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan, kamu perlu memahami berbagai faktor penting di bidang ini. Uraian di bawah ini akan menjawab semua rasa penasaran kamu.

1. Pilih Sistem Bisnis Apotek, Mandiri atau Franchise

Sejauh ini, ada 2 model yang banyak diterapkan di apotek. Yang pertama adalah sistem mandiri. Pada sistem ini, kamu harus mengurus semuanya secara personal. Mulai dari perizinan, alur distribusi, harga, operasional, dan masih banyak lagi.

Keunggulan sistem mandiri adalah peluang pemasukan yang lebih besar, karena semuanya ‘masuk kantong’. Sedangkan kekurangannya, antara lain kesulitan manajemen dan branding yang lebih berat.

Sistem yang kedua adalah franchise. Pada sistem ini, seluruh kebutuhan kamu akan dibantu oleh penyedia. Mulai dari brand, logo, pasokan produk, alur operasional, dan lain sebagainya. Jadi, kamu hanya perlu menyediakan modal untuk membuka usaha. Selebihnya serahkan saja pada penyedia franchise.

Kelebihan dari sistem ini adalah operasional yang lebih mudah. Selain itu, kamu tidak perlu bersusah-payah branding, karena kamu menggunakan brand franchise yang sudah bereputasi. Sedangkan kekurangannya ialah peluang penghasilan yang lebih kecil, karena harus bagi hasil dengan penyedia.

2. Cari Lokasi Strategis

Agar bisnis apotek kamu lebih cepat berkembang, kamu perlu menentukan lokasi yang strategis. Alasannya tentu saja untuk memudahkan masyarakat sekitar menemukan apotek kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat mendatangkan pelanggan, bahkan sejak bulan pertama.

Tidak hanya itu, lokasi yang strategis juga memudahkan alur distribusi. Pengiriman obat-obatan dari agen tidak akan terkendala, karena akses jalan yang mudah.

3. Siapkan Fasilitas yang Dibutuhkan

Bisnis apotek pasti memerlukan peralatan dan fasilitas khusus. Mulai dari etalase obat, pendingin ruangan, lemari es, dan lain sebagainya. Siapkan semua fasilitas yang kamu perlukan, agar usaha kamu tidak tersendat. Pastikan juga bahwa kamu punya fasilitas yang memadai untuk menjual jenis obat-obatan tertentu.

4. Pilih Produk Bersertifikat BPOM

Kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih produk yang akan kamu jual. Syarat mutlak produk medis layak edar adalah sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jadi, sebelum memutuskan untuk menjual produk tertentu, kamu bisa memeriksa sertifikatnya di laman Cek Produk BPOM.

5. Rekrut Karyawan yang Kompeten

Untuk menjalankan bisnis apotek, tentunya kamu memerlukan karyawan yang kompeten di bidang obat-obatan. Karyawan inilah yang akan membantumu mengelola produk dan menyarankan obat yang tepat kepada konsumen. Jadi, pastikan bahwa karyawan kamu benar-benar kompeten dan siap kerja.

6. Manfaatkan Teknologi Canggih

Hari ini, semua bisnis pasti mengandalkan teknologi. Bisnis apotek pun tak lepas dari penggunaan teknologi canggih, seperti software, sensor, bahkan Internet of Things (IoT). Agar usaha kamu lebih berdaya saing, maka kamu perlu mengadopsi teknologi terbaru.

Salah satunya adalah dengan menggunakan software apotek Vmedis. Software ini memiliki banyak fitur yang akan memudahkan kamu dalam menjalankan usaha. Beberapa contoh fiturnya ialah:

  • Monitoring real-time dari mana saja.
  • Pembayaran dengan layanan dompet digital.
  • Pengiriman obat dengan kurir.
  • Penjualan obat secara online
  • Fitur multi satuan dan nomor batch.
  • Laporan keuangan dan pajak.

Dengan software ini, usaha kamu akan tampil lebih unggul dari kompetitor.

Sudah Siap Meraup Cuan dari Bisnis Apotek?

Demikianlah tahapan dan hal-hal penting berkaitan dengan usaha di bidang penjualan obat. Agar usaha kamu berjalan lebih cepat, efektif, dan efisien, maka kamu perlu menggunakan software khusus untuk operasional apotek. Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah Vmedis. Raup cuan dari bisnis apotek sekarang!

 

Referensi:

https://store.sirclo.com/blog/bisnis-apotek/

https://www.jurnal.id/id/blog/usaha-apotek-untuk-pemula-sbc/

https://www.akseleran.co.id/blog/tertarik-bisnis-apotek-berikut-langkah-langkah-untuk-memulainya/

Share
WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?