Mengapa Menyimpan Data Rekam Medis Melalui Sistem Informasi Terintegrasi Penting

 

Data rekam medis pasien merupakan aset yang harus benar-benar dijaga. Maka dari itu, sistem keamanan yang baik sangat dibutuhkan. Sebelumnya, di sebuah klinik biasa menyimpan data rekam medis pasien dilakukan secara konvensional dengan dokumen-dokumen tertulis. Sebenarnya, cara ini justru rentan kerusakan akibat human error atau faktor-faktor lain. Misalnya, kelembaban udara di ruang penyimpanan sehingga data rekam medis pasien tertulis menjadi rusak dan tidak dapat terbaca dengan baik.

Kini, lewat adanya aplikasi dan sistem informasi terintegrasi, data rekam medis pasien disimpan lebih aman dan terjaga dengan baik. Kerusakan yang disebutkan sebelumnya bisa dicegah secara maksimal. Selain itu, masih banyak manfaat yang didapat dengan menyimpan rekam medis pasien melalui data terintegrasi ini. Berikut beberapa di antaranya.

Mudah dilacak

Masalah kedua yang dihadapi oleh petugas klinik ketika hendak mencari data rekam medis pasien terkadang mengalami kesulitan pelacakan. Mengingat banyaknya berkas dan dokumen yang bertumpuk, petugas membutuhkan cukup banyak waktu untuk menemukan rekam medis pasien. Tentu hal ini tidak akan terjadi lagi bila sebuah klinik menggunakan aplikasi melalui sistem informasi yang terintegrasi.

Para petugas hanya perlu memasukkan data pasien dalam sebuah aplikasi, kemudian mereka akan bisa menemukan data rekam medis pasien secara tepat. Jelas, hal ini bisa menghemat waktu dan tenaga para petugas jika dibandingkan menggunakan cara lama melacak di berkas yang bertumpuk. Dengan begitu pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

Mempermudah proses diagnosa pasien

Kesalahan membaca resep atau rekam medis secara manual bisa berakibat fatal bagi pasien. Hal ini dikarenakan adanya petugas yang salah membaca tulisan tangan atau kesalahan tulis pada dokumen maupun berkas rekam medis pasien. Menggunakan aplikasi klinik dan sistem informasi yang terintegrasi dapat menghindari kesalahan seperti ini. Data rekam medis akan terbaca jelas dan akurat karena tidak ditulis tangan, dan ini akan mempermudah dokter maupun petugas klinik untuk mendiagnosa penyakit pasien.

Membuat penanganan lebih cepat

Apabila diagnosa pasien dari data rekam medis dalam sistem informasi yang terintegrasi akurat, maka dampak positifnya adalah penanganan pasien lebih cepat. Terlebih lagi bila pasien didiagnosis mengalami penyakit yang berbahaya, dengan penanganan yang lebih cepat dampak buruk dari penyakit dapat diminimalisir.

Dokter maupun petugas medis lainnya juga bisa memperkirakan tindakan apa yang harus dilakukan terhadap pasien berikutnya. Pasien pun menjadi lebih tenang dan bila penanganan cepat dan akurat, tentu saja ini bisa berdampak meningkatkan citra baik dari pelayanan klinik Anda.

Dapat menghemat tempat dan biaya

Manfaat lain dari penggunaan sistem informasi terintegrasi dalam hal penyimpanan rekam medis adalah dapat menghemat tempat maupun biaya. Dalam sistem rekam medis konvensional, mekanismenya cukup panjang. Selain itu, cara tersebut juga memerlukan banyak biaya dan tempat serta tenaga. Seperti jumlah tenaga rekam medis, kertas maupun formulir untuk penyimpanan data, hingga rak penyimpanan data rekam medis pasien. Bayangkan, berapa biaya yang dibutuhkan untuk hal itu dan membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menyimpan data pasien yang tidak sedikit.

Sementara itu, bila klinik Anda menggunakan aplikasi maupun sistem informasi yang terintegrasi dapat menanggulangi masalah tersebut. Aplikasi klinik bisa menyimpan data pasien secara otomatis dalam jumlah yang cukup besar dan praktis. Anda tidak membutuhkan rak maupun tempat menyimpan dokumen, semuanya ada dalam sebuah sistem yang sudah berjalan dengan baik.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan aplikasi klinik terbaik dalam hal penyimpanan rekam medis pasien. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi Vmedis Klinik yang dilengkapi fitur-fitur canggih dan paling up-to-date. Informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi di sini.

 

Share