Manajemen Faskes: Pengertian dan Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui

Manajemen Faske

Dalam dunia medis, fasilitas kesehatan adalah sesuatu yang amat vital. Penyembuhan pasien sangat tergantung pada fasilitas yang ada dan seberapa memadainya. Karena itu manajemen faskes atau manajemen fasilitas kesehatan menjadi hal yang amat diperlukan.

Apa saja hal-hal yang perlu Sobat Vmedis tahu mengenai hal ini? Yuk, simak terus pembahasan menarik dan bermanfaat yang satu ini. Jangan lupa siapkan buku catatan untuk menuliskan hal-hal penting dari baru buat Sobat Vmedis.

Apa Itu Manajemen Faskes?

Sebagai penyedia pelayanan kesehatan utama, rumah sakit harus menyelenggarakan kegiatan dengan fasilitas yang aman dan mendukung kenyamanan bagi pasien, keluarga staf kesehatan dan orang-orang yang berkunjung kesana. 

Untuk mewujudkan hal itu perlu mengelola dengan sedemikian rupa agar fasilitas fisik, medis dan SDM yang ada agar efektif. Cara untuk mengelola dan memberdayakan hal-hal di tempat pelayanan kesehatan itulah yang bisa Sobat Vmedis mengerti sebagai manajemen faskes.

Dalam manajemen faskes melingkupi pengendalian terhadap bahaya atau risiko, pencegahan kecelakaan dan cedera di lingkungan tempat pelayanan kesehatan, dan pemeliharaan kondisi aman dan nyaman bagi setiap orang di wilayah tempat layanan kesehatan. 

Dalam hal ini biasanya pimpinan tempat layanan kesehatan akan melakukan perencanaan, pendidikan dan pemantauan secara multidisiplin demi menunjang keperluan klinis. Dukungan dari setiap SDM juga menjadi hal penting dalam menjalankan manajemen faskes yang sukses.

Hal Penting Dalam Manajemen Faskes

Ada beberapa hal penting yang Sobat Vmedis perlu ketahui mengenai hal ini. Berikut ini penjelasannya.

1. Pentingnya Pengelolaan Manajemen Risiko Fasilitas Kesehatan

Manajemen risiko menjadi hal penting dalam manajemen faskes. Hal ini juga telah diatur dengan beberapa Permenkes kalau di Indonesia. Setiap rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan harus memperhatikan hal-hal mengenai risiko ini.

Ada beberapa manfaat yang bisa pengelola dapatkan ketika menerapkan manajemen risiko dengan baik. Antara lain adalah bisa memiliki tindakan preventif, mitigasi, setiap pekerjaan juga jadi lebih terstruktur, mutu meningkat, nampak pendekatan yang konsisten, dan selangkah lebih baik dalam hal pemenuhan standar faskes yang layak.

2. Manajemen Keuangan Faskes

Selain risiko yang perlu pengelola tempat kesehatan kelola, ada juga manajemen keuangan untuk faskes yang perlu diperhatikan. Manajemen keuangan adalah setiap hal yang berurusan dengan bisnis perawatan kesehatan.

Setiap pengelola harus memastikan bahwa fasilitas yang mereka berikan kepada pasien memiliki kualitas bertanggung jawab secara fiskal. Pengelolaan keuangan yang baik dan tepat bisa meningkatkan kepercayaan pasien. 

Hal ini juga akan mempengaruhi risiko. Pengelola juga harus memikirkan soal investasi dan eksplorasi terhadap aliran pendapatan-pendapatan baru yang mungkin bisa mereka dapatkan.

Perlu diketahui oleh Sobat Vmedis, pengelolaan keuangan di zaman ini telah berubah. Dari yang tadinya pasien memiliki beban untuk setiap layanan yang mereka dapatkan berganti ke arah pembayaran berdasarkan sistem nilai. 

Pasien harus membayar berdasarkan hasil kesehatan yang mereka dapatkan. Serta SDM faskes bisa mendapatkan timbal-balik dari usahanya membantu pasien mengurangi risiko penyakit kronis. Hal ini membuat pasien bisa mengurangi biaya perawatan yang berjangka panjang.

Vmedis, Software Manajemen Faskes Terbaik!

Sobat Vmedis mungkin sekarang sudah lebih mengerti dan lebih paham mengenai manajemen faskes beserta hal-hal pentingnya. Jika Sobat Vmedis adalah pengelola fasilitas kesehatan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memakai layanan manajamen sederhana berupa Software Klinik yang Vmedis sediakan. Untuk lebih jelasnya, Sobat  Vmedis bisa langsung coba kunjungi website resminya. Mari mencoba lebih baik untuk kesehatan bersama!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?