Vmedis.com : Aplikasi Apotek & Klinik TERBAIK

Lebih Mudah Kelola Klinik dengan Software Berfitur Database Pasien

Database Pasien

Database Pasien

Database Pasien – Pelayanan yang cepat dan tepat adalah hal utama dalam sebuah klinik. Para pasien maupun pengunjung cenderung memilih klinik dengan pelayanan yang prima dalam menangani segala keluhan. Oleh karena itu, penting bagi sebuah klinik untuk menggunakan software klinik agar memudahkan dalam pelayanan. Terlebih lagi software klinik yang memiliki fitur tata kelola database pasien. Apa keuntungannya menggunakan software ini bagi pengelola maupun pemilik klinik? Simak ulasannya di bawah ini.

Memudahkan cara menghitung kunjungan pasien

Sebagian klinik yang ada di Indonesia masih menggunakan cara lama dalam mencatat registrasi pasien dan mencatat jumlah kunjungan. Melalui cara manual tersebut, proses yang dilakukan cukup memakan waktu serta data keseluruhan terkadang tidak valid. Ketika Anda meggunakan software klinik, proses registrasi akan semakin efisien sehingga bisa menentukan berapa kunjungan pasien per harinya. Bandingkan bila Anda menggunakan cara lama, selain memakan waktu juga besar kemungkinan terjadi human error.

Setelah melakukan registrasi melalui sistem komputer, selanjutnya data pasien tersebut akan masuk ke dalam reservasi pasien. Pada menu inilah pasien akan masuk dalam daftar tunggu untuk diperiksa oleh dokter. Dengan begitu, akan memudahkan pengelola klinik, pasien dan dokter.

Membantu dalam pengambilan tindakan melalui rekam medis

Rekam medis pasien adalah data penting bagi dokter maupun petugas kesehatan lainnya dalam sebuah klinik untuk menentukan tindakan selanjutnya yang harus diambil. Dari data rekam medis yang dilihat dari software klinik, juga dapat mengetahui bagaimana kondisi dan perkembangan pasien. Contohnya saja dalam software klinik dari Vmedis, dapat kita lihat beberapa fitur menu dalam mempermudah pelacakan rekam medis seorang pasien seperti berikut:

Data pasien tersimpan dengan baik

Dalam kasus tertentu, terkadang klinik menganggap sepele data pasien. Tentu ini akan menjadi hal yang sangat fatal, mengingat data pasien inilah yang menjadi rujukan utama klinik dalam menangani pasien. Dahulu, data pasien akan disimpan dengan menggunakan cara manual yakni menuliskan data kemudian disimpan dalam sebuah brankas. Apabila sewaktu-waktu dibutuhkan, Anda pun harus membongkarnya dan menelitinya satu per satu. Jelas, ini akan memakan waktu dan tidak efektif.

Dengan Database Pasien

Beda halnya ketika Anda menggunakan software klinik. Database akan tercatat secara otomatis sejak Anda menginputnya. Mengenai kevalidan data pun dapat dijamin secara akurat. Begitu juga dengan sistem keamanannya, software klinik akan memperbarui sistem dan melakukan backup data secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data pasien ini bila terjadi kerusakan pada komputer.

Setidaknya hal-hal di atas itulah yang menjadikan alasan mengapa Anda harus menggunakan software klinik terbaik di Indonesia untuk menunjang kinerja klinik. Terutama dalam mengelola data pasien. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version