Kemudahan yang Ditawarkan Rekam Medis Berbasis Web adalah

Rekam Medis Adalah

Rekam medis adalah data yang paling penting bagi dokter dan klinik untuk mendiagnosa pasien dan menentukan tindakan medis selanjutnya yang akan diambil.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi digital, kini rekam medis sudah ada yang berbasis website.

Aplikasi berbasis web memang membutuhkan akses internet dalam penggunaannya. Salah satu nya aplikasi rekam medis berbasis web adalah Vmedis. Aplikasi rekam medis berbasis web ini memiliki banyak keunggulan di antaranya adalah sebagai berikut.

Memberikan kemudahan akses

Kemudahan terbesar yang dapat dirasakan oleh para dokter maupun petugas klinik yang menggunakan rekam medis berbasis web adalah dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Asalkan ada koneksi dan jaringan internet data rekam medis dapat dilihat. Begitu juga ketika ingin melakukan pengeditan dan meninjau kembali rekam medis tersebut.

Ini jelas berbeda jauh bila dibandingkan dengan rekam medis konvensional. Dokter maupun petugas medis harus membuka dokumen fisik satu per satu di klinik.

Belum lagi jika dokumen rekam medis tersebut terselip, maka akan menambah waktu lagi untuk melakukan pencarian.

Keamanan data lebih terjamin

Para pasien biasanya merasa khawatir data rekam medis yang dibuat secara manual hilang atau rusak. Tentu ini akan menyulitkan para dokter dan petugas lainnya di klinik.

Untuk mengambil tindakan lanjutan jika data rekam medis tersebut hilang atau rusak. Lalu, pasien akan menjalani proses dari awal kembali dan ini akan memakan waktu yang sangat lama.

Keunggulan bila menggunakan rekam medis berbasis web adalah data lebih aman sebab dirancang dengan sistem yang baik. Selain itu fitur ini biasanya dilengkapi dengan disaster recovery system.

Yakni sistem pencadangan data jika sewaktu-waktu data hilang atau rusak masih ada cadangan yang sudah di backup.

Selain itu, kerahasiaan data pasien dapat terjaga dengan baik karena tidak semua orang bisa membukanya kecuali memiliki akses yang telah diizinkan.

Lebih efisien dan fleksibel

Mekanisme dan prosedur rekam medis yang menggunakan cara lama atau konvensional cenderung rumit dan tidak praktis.

Cara seperti ini akan membutuhkan banyak waktu, biaya dan tempat penyimpanan. Semisalnya saja penggunaan kertas untuk mencatat data rekam medis pasien harus ditempatkan pada rak khusus yang cukup luas dan aman.

Hal ini tentu sangat berbeda bila klinik Anda menggunakan aplikasi rekam medis berbasis web. Rekam medis berbasis web akan mencatat secara runtut proses rekam medis pasien dengan rapi dan terstruktur.

Bila menggunakan cara lama Anda harus mengurutkannya satu per satu dari catatan yang ada. Sementara rekam medis berbasis web akan mencatat semua proses secara otomatis.

Jadi, ketika Anda membutuhkannya semua data langsung tersaji dengan baik dan mudah untuk dikenali.

Dapat meminimalisir kesalahan

Kesalahan membaca diagnosa dan rekam medis secara manual bisa berakibat fatal bagi pasien. Hal ini dikarenakan adanya petugas yang salah membaca tulisan tangan atau kesalahan tulis pada dokumen maupun berkas rekam medis pasien.

Menggunakan aplikasi klinik dan sistem informasi yang terintegrasi dapat menghindari kesalahan seperti ini.

Data rekam medis akan terbaca jelas dan akurat karena tidak ditulis tangan, dan ini akan mempermudah dokter maupun petugas klinik untuk mendiagnosa penyakit pasien.

Melihat betapa besarnya kemudahan dan manfaat dari rekam medis berbasis web ini, maka penting bagi klinik Anda untuk memilikinya.

Hal ini selain memudahkan para dokter maupun petugas medis juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

 

Share