Site icon Vmedis.com : Software Apotek dan Klinik TERBAIK No. 1 di Indonesia

Hal Penting yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Manajemen Faskes

Manajemen Faskes

Dunia kesehatan sangat erat kaitannya dengan manajemen kesehatan, khususnya manajemen fasilitas kesehatan (faskes). Kenyamanan serta tingkat kecepatan penyembuhan pasien sangat bergabung pada sistem manajemen kesehatan pada suatu rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. 

Apa yang dimaksud dengan Manajemen Fasilitas Kesehatan?

Manajemen fasilitas kesehatan adalah meliputi pengendalian terhadap bahaya atau risiko, pencegahan terhadap kecelakaan ataupun cedera di lingkungan kesehatan, serta pemeliharaan kondisi aman dan nyaman untuk orang di lingkungan fasilitas kesehatan.

Contoh Manajemen Kesehatan

Rumah sakit merupakan wadah pelayanan fasilitas kesehatan. Karena itu, rumah sakit haruslah memiliki fasilitas, sarana serta prasarana yang baik dan mendukung bagi pasien, keluarga pasien, bahkan hingga pengunjung. 

Oleh karena itu, perlu adanya sistem pengelolaan, agar fasilitas fisik, media, serta sumber daya masyarakat yang ada dapat berjalan secara optimal dan efektif. 

Sedangkan, sebuah cara untuk mengelola dan mengatur semua hal di atas yang berkaitan dengan fasilitas kesehatan, dapat Sobat Vmedis sebut sebagai manajemen fasilitas kesehatan. 

Hal Penting dalam Manajemen Faskes

Demi mendukung penunjangan manajemen fasilitas kesehatan, ada beberapa hal penting yang perlu digaris bawahi dalam sebuah sistem manajemen fasilitas kesehatan. Berikut adalah beberapa hal penting tersebut: 

1. Pengelolaan Manajemen Risiko Faskes

Manajemen risiko menjadi hal penting dalam manajemen faskes. Pengelolaan manajemen fasilitas kesehatan telah diatur secara legal oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Setiap rumah sakit atau tempat layanan kesehatan wajib memperhatikan hal-hal tentang risiko ini.

Apabila dikelola dengan baik, manajemen fasilitas kesehatan akan memberikan manfaat lebih. Misalnya, memiliki tindakan preventif, mitigasi, setiap pekerjaan lebih terstruktur, mutu meningkat, nampak pendekatan yang konsisten, dan selangkah lebih baik dalam hal pemenuhan standar faskes yang layak.

2. Manajemen Keuangan Faskes

Selain risiko yang perlu diperhatikan, pengelolaan keuangan juga menjadi salah satu hal yang perlu difokuskan. Manajemen keuangan, yaitu pengelolaan dana masuk dan keluar terhadap hal-hal yang berkaitan dengan bisnis pelayanan kesehatan.

Pihak  pengelola manajemen fasilitas kesehatan wajib memastikan fasilitas yang diberikan haruslah baik secara fiskal. Pengelolaan keuangan bisnis yang baik dan tepat, tentunya dapat meningkatkan rasa percaya pasien terhadap tempat layanan kesehatan. 

Hal ini juga akan mempengaruhi risiko. Pengelola juga harus memikirkan soal investasi dan eksplorasi terhadap aliran pendapatan-pendapatan baru yang mungkin bisa mereka dapatkan.

Perlu Sobat Vmedis ketahui, pengelolaan keuangan di zaman ini telah berubah. Misalnya, dahulunya pasien mempunyai beban bagi setiap layanan kesehatan yang mereka dapatkan menjadi pembayaran yang berdasarkan sistem nilai. 

Biaya pasien harus setara dengan hasil kesehatan yang mereka dapatkan. Selain itu, sumber daya manusia faskes bisa mendapatkan timbal-balik dari usahanya membantu pasien mengurangi risiko penyakit kronis.

Software Manajemen Faskes, VMedis !

Apakah sobat Vmedis sekarang lebih mengerti dan paham tentang manajemen fasilitas kesehatan? Apabila telah mengerti, maka kami rekomendasikan sobat Vmedis untuk mencoba layanan pengelolaan fasilitas kesehatan Vmedis. 

Vmedis merupakan software klinik yang menunjang pengelolaan manajemen faskes. Bila ingin mengetahui informasi lebih detailnya, Sobat Vmedis dapat mengunjungi website resmi vmedis.com 

Adanya teknologi, kini segalanya menjadi lebih mudah bukan?  Bahkan hingga ke dalam ranah penunjangan fasilitas kesehatan pun bisa ditunjang menggunakan teknologi. Seperti halnya aplikasi Vmedis yang sangat membantu pengelolaan fasilitas kesehatan secara digital.Bagi Sobat Vmedis yang memiliki usaha klinik kesehatan, sangat recommended untuk berlangganan aplikasi Vmedis. Agar pengelolaan fasilitas kesehatan dan hal lainnya bisa terkontrol dengan baik.

Exit mobile version