5 Hal Penting Ketika Ingin Buka Usaha Apotek

Cara buka usaha apotek

Buka Usaha apotek merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan buka usaha apotek anda dapat mempermudah orang untuk membeli obat. Hampir setiap hari selalu ada saja orang yang mencari obat atau alat kesehatan lainnya.

Hal ini dikarenakan seseorang tidak bisa memprediksi kapan sakit, dan ketika sakit mereka akan mencari obat di tempat yang mudah dijangkau selain ke dokter. Apotek adalah salah satu solusinya. Tidak hanya itu, orang yang sehat pun akan mencari vitamin atau suplemen lainnya untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, bisnis ini tidak akan pernah sepi.

Membuka bisnis apotek tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Tentu Anda harus mempelajari dahulu seluk beluknya. Mulai dari perizinan, pemilihan lokasi dan bagaimana manajemen serta strategi yang akan Anda jalankan. Bagi Anda yang memiliki keinginan membuka usaha bisnis apotek, berikut lima hal penting yang perlu diperhatikan.

Lokasi untuk Buka Usaha Apotek

Pemilihan lokasi adalah faktor pertama yang perlu Anda perhatikan saat hendak membuka usaha apotek. Dalam menentukan lokasi apotek, Anda sebaiknya harus jeli dan memahami aturan yang dibuat oleh pemerintah. Aturan mengenai apotek tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek.

Salah satu syarat berdirinya apotek adalah bangunannya bersifat permanen. Di sini Anda bisa mencari lokasi strategis. Contohnya di persimpangan jalan, area pertokoan, hingga pusat keramaian lainnya. Tidak kalah pentingnya adalah dekat dengan pusat pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik, laboratorium, hingga puskesmas.

Pengurusan surat izinnya

Setelah Anda menentukan lokasi yang tepat untuk mendirikan apotek. Langkah selanjutnya adalah mengurus segala bentuk perizinannya. Pertama adalah perizinan bangunan atau IMB untuk menunjukkan keabsahan kepemilikan bangunan apotek Anda. Sedangkan untuk izin pendirian, tetap mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 tentang Apotek terutama dalam pasal 12 dan 13 mengenai perizinan.

Setelah mengajukan perizinan, selanjutnya permohonan tersebut akan dievaluasi oleh pemerintah kabupaten/kota. Pihak pemerintah kabupaten/kota berikutnya menugaskan tim pemeriksa untuk mengecek kesiapan apotek.

Setelah dinyatakan siap, Anda akan mendapatkan surat izin pendirian apotek (SIA) yang berlaku selama lima tahun dan  bisa diperpanjang selama memenuhi persyaratan.

Pilih pemasok obat dan peralatan dari supplier terpercaya

Dalam membuka usaha apotek, Anda juga perlu memperhatikan pemasok obat yang akan dijual. Menentukan pemasok obat terbaik tidak hanya dengan melihat harga yang ditawarkan saja. Lebih dari itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas obatnya. Contohnya saja adalah apakah obat yang ditawarkan itu sudah terdaftar dalam BPOM, tidak berbahaya, kadaluarsa dan sebagainya.

Begitu juga dengan peralatan kesehatan yang Anda jual. Jangan sampai Anda terkecoh dengan penawaran menarik namun mengesampingkan kualitas. Tentu hal ini akan merugikan konsumen dan membuat mereka perlahan meninggalkan apotek Anda. Penting pula untuk mengetahui rekam jejak dari pemasok obat ini agar semakin nyaman dan terpercaya.

Manajemen tata kelola apotek yang jelas

Berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah Anda perlu membuat manajemen dan tata kelola apotek dengan jelas. Tata kelola di sini mulai dari pelayanan, pengadaan barang, hingga keuangan serta sumber daya manusia. Selain itu dalam membuat manajemen yang baik, Anda perlu untuk membuat suatu strategi untuk buka usaha apotek.

Memang, dalam perencanaan manajemen Anda perlu ketelitian dan kejelian maka dari itu tidak ada salahnya berkonsultasi dengan pemilik apotek yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa membuat perencanaan yang mungkin membuat apotek berbeda dari pesaing. Semisalnya dengan menyediakan platform online untuk memudahkan konsumen.

Pilih software apotek untuk memudahkan

Menyambung dari poin di atas, platform online memang dibutuhkan dalam usaha apotek di era kemajuan teknologi seperti sekarang. Untuk itulah Anda perlu memikirkan pula untuk menggunakan software apotek terbaik untuk memudahkan segala manajemen di apotek Anda. Mulai dari mengelola stok obat sampai keuangan di apotek.

Semua data yang ada akan terintegrasi dengan sistem secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya itu saja, karena menggunakan sistem otomatis kemungkinan kesalahan yang dibuat oleh pengelola (human error) dapat diminimalisir dengan baik. Salah satu software apotek di Indonesia yang menyediakan multi platform dan bisa Anda pilih adalah Vmedis.com.

Itulah beberapa hal penting untuk Anda yang ingin membuka bisnis apotek. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Share