Site icon Vmedis.com : Software Apotek dan Klinik TERBAIK No. 1 di Indonesia

Contoh Surat Sakit Sekolah Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Surat Sakit Sekolah

Pernahkah Sobat Vmedis tidak berangkat ke sekolah karena mendadak sakit demam, pusing, flu dan sejenisnya? Jika pernah, Sobat Vmedis tentu sudah akrab dengan surat izin sakit. Dalam menulis surat izin sakit Sobat Vmedis harus memperhatikan aturan penulisannya seperti yang tertera pada beberapa contoh surat sakit sekolah di bawah ini.

Mengenal Contoh Surat Sakit Sekolah

Orang biasanya membuat surat keterangan sakit ketika tidak bisa menghadiri suatu acara. Biasanya surat ini kerap ada di sekolah, kampus, hingga tempat kerja.

Karena sifatnya yang formal, surat sakit memiliki aturan penulisan yang harus diikuti, sama halnya seperti surat formal lainnya. Pasalnya, aturan ini berlaku supaya penerima bisa menerima maksud dan tujuan surat tersebut.

Pada umumnya, surat izin sakit terdiri dari satu lembar surat keterangan yang memberitahukan bahwa orang tersebut sakit. Surat ini cukup menggunakan tulisan tangan saja. Namun, tentu akan lebih kuat lagi apabila melampirkan surat izin yang dibuat oleh dokter maupun dokter gigi.

Aturan yang memperbolehkan dokter maupun dokter gigi mengeluarkan surat keterangan sakit tertera di UU No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Selama mereka memiliki surat tanda registrasi, maka status surat keterangan sakit ini adalah legal.

Cara Membuat Surat Sakit Sekolah

Berikut ini adalah urutan penulisan surat yang benar:

  • Tanggal dan tempat pembuatan surat
  • Tujuan dan alamat penerima surat
  • Salam pembuka
  • Kalimat pembuka surat
  • Isi surat
  • Salam penutup
  • Nama pengirim surat
  • Lampiran (jika ada)

Selain urutan penulisan surat, Sobat Vmedis juga harus memperhatikan beberapa hal lainnya seperti:

  • Pada bagian tujuan dan alamat penerima surat, tulis nama atau instansi penerima dengan lengkap. Apabila Sobat Vmedis ingin memberikan surat ini kepada perorangan seperti wali kelas, pastikan untuk menulis gelar dengan lengkap.
  • Sebelum menulis nama penerima, Sobat Vmedis perlu mencantumkan kata “Kepada” atau “Yth” (yang terhormat). Pilih salah satu saja, jangan gunakan keduanya supaya tidak menimbulkan makna ganda. 
  • Selanjutnya, tulislah alamat tujuan secara singkat atau bisa menggunakan kata “di tempat” yang lebih fleksibel.
  • Pada bagian salam pembuka, akan lebih baik jika Sobat Vmedis menggunakan salam pembuka “dengan hormat” yang sifatnya lebih netral.
  • Tulislah surat menggunakan kertas HVS, lalu bungkus dengan amplop. Pastikan Sobat Vmedis menulisnya dengan tulisan tangan dan bolpoin warna hitam atau biru.
  • Jangan gunakan tipe-X maupun coretan pada surat. Jika ada kesalahan tulis, maka lebih baik menggantinya dengan kertas yang baru.

Contoh Surat Sakit Sekolah Dengan SK Dokter Maupun Tidak

Jakarta, 10 Agustus 2021

 

Hal : Permohonan Izin Sekolah (jika tidak ada SK dokter maka abaikan saja)

Lampiran : 1 lembar (jika tidak ada SK dokter maka abaikan saja)

 

Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X IPA-1

SMA … … …

di Tempat

 

Dengan hormat,

Bersama datangnya surat ini, saya selaku orang tua murid dari:

Nama : … … …

Kelas : … … …

No. Absen/NISN: … … …

Alamat : … … …

memberitahukan bahwa anak saya tersebut di atas tidak dapat mengikuti pelajaran pada hari ini karena sakit. Dokter menyarankan agar murid tersebut istirahat selama 2 hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter saya lampirkan dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin saya buat. Atas perhatian Bapak/Ibu diucapkan terima kasih.

 

Hormat kami,

Orang tua murid

(ttd)

Nama orang tua murid

 

Itulah cara membuat dan contoh surat sakit sekolah yang bisa Sobat Vmedis ikuti. Jika Sobat Vmedis sudah merasakan gejala tidak enak badan, lebih baik segera periksa ke dokter atau konsumsi obat yang ada di Apotek. 

Lalu kalau anda adalah pengusaha klinik, Vmedis dengan software klinik nya dapat memudahkan anda memanajemen klinik secara online. Silahkan dicoba Gratis!

Exit mobile version