fbpx

Ketahui Contoh Nota Apotek dan Cara Pembuatannya

Ketahui Contoh Nota Apotek dan Cara Pembuatannya

Nota merupakan salah satu hal yang penting dalam transaksi jual beli. Berkat adanya nota, maka suatu transaksi jual beli dapat terbukti kebenaran dan keasliannya. Semua ranah bisnis pasti membutuhkan nota, termasuk bisnis apotek. Lalu, bagaimana contoh nota apotek dan cara buatnya? Simak ulasan berikut!

Apa Itu Nota Apotek?

Pada dasarnya, nota adalah sebuah bukti transaksi sah yang diberikan penjual kepada pembeli seusai melakukan sebuah kegiatan jual beli. Di dalam sebuah nota berisi rincian informasi jenis atau nama serta jumlah barang yang konsumen beli. 

Saat ini, nota bisa berbentuk tulisan manual di kertas ataupun nota elektronik yang sudah banyak berkembang.

Adanya nota dapat membantu pembeli membuktikan keaslian transaksi yang pernah mereka lakukan di suatu toko. Selain itu, manfaat nota bagi penjual adalah dapat membantu evaluasi jual beli. Sebab, data yang ada pada nota tersebut akan penjual rekap ke dalam sistem atau laporan penjualan. 

Hal ini membuktikan bahwa keberadaan nota memang sangat penting sekaligus memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Contoh Nota Apotek

Memiliki fungsi yang penting, keberadaan nota juga sangat perlu dalam bisnis apotek selayaknya bisnis umum lainnya. Nota apotek ini pun tidak jauh berbeda dengan kebanyakan nota pembelian lainnya. 

Di dalam sebuah nota apotek harus terdapat informasi jumlah barang yang konsumen beli, nama barang, harga barang satuan, total harga per item, dan total keseluruhan barang.

Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana bentuk dan isi nota apotek, berikut ini beberapa contoh nota apotek yang dapat kamu jadikan referensi:

Invoice Manual

nota apotek

Cara Membuat Nota Manual

Nota apotek dapat kamu buat sendiri dengan mudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Aplikasi ini sudah pasti terinstal di setiap komputer atau laptop yang kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk membuat nota apotek:

  • Buka lembar baru pada Microsoft Excel.
  • Apabila apotek yang kamu kelola sudah memiliki logo, kamu dapat menambahkan logo pada nota tersebut melalui menu “insert picture”.
  • Selanjutnya, berikan informasi alamat serta nomor telepon apotek di pojok kanan dari desain nota yang kamu buat.
  • Kemudian, buat garis pembatas antara kepala nota dan isi nota. Hal ini dapat kamu lakukan dengan cara klik “insert” lalu pilih “rectangle” dan sesuaikan ukuran kotak dengan kepala nota.
  • Buat kotak berukuran lebih besar di bawah kepala nota yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Berikutnya, buat beberapa kolom dan tuliskan “No”, “Item”, “Harga”, “Jumlah”, dan “Total” pada masing masing kolom kosong tersebut.
  • Setelah itu, buat border atau garis tepi pada kolom yang telah kamu buat sebelumnya. Border dapat kamu buat dengan cara klik “format” kemudian klik “border”.
  • Selanjutnya, buat tanda terima dengan cara menuliskan kolom “Penjual” pada bagian kanan bawah, dan kolom “Penerima” pada bagian kiri bawah.

Supaya lebih paham mengenai ilustrasi pembuatan nota menggunakan Microsoft Excel, kamu dapat mempelajarinya di sini.

Sudah Memahami Contoh Nota Apotek dan Cara Buatnya?

Nota sendiri adalah bukti transaksi sah dari penjual kepada pembeli dan berisikan detail item barang yang konsumen beli. Pembuatan nota apotek dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan Microsoft Excel.

Namun, untuk mempermudah pembuatan nota apotek secara digital, kamu dapat menggunakan software apotek. Salah satu Software Apotek yang banyak pebisnis gunakan dan memiliki kualitas unggul adalah aplikasi Vmedis. Aplikasi Vmedis memiliki berbagai fitur unggulan salah satunya adalah pembuatan nota digital.

Faktur Penjualan contoh nota apotek

Share
WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?