Cara Menganalisis Data Kunjungan Pasein dari Grafik

Kunjungan Pasien

Bagi sebuah klinik, data kunjungan pasien sangatlah penting  dalam hal kegiatan operasional maupun pelayanan. Oleh sebab itu, sebuah klinik wajib menjaga aset data tersebut sebaik mungkin agar tidak hilang atau rusak. Keberadaan data kunjungan pasien juga dapat menjadi bahan evaluasi klinik pada masa mendatang. Khususnya, dalam menentukan langkah bagaimana yang akan dilakukan selanjutnya.

Saat klinik Anda ramai dikunjungi pasien, ini berarti pelayanan meningkat. Lalu, jika klinik dirasa sepi pengunjung atau pasien berari ada beberapa hal yang harus dibenahi. Data kunjungan pasien adalah data awal yang perlu Anda olah dan analisis secara berkala. Cara mengolahnya bisa secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi klinik.

Manfaat menggunakan fitur aplikasi klinik

Untuk mencatat kunjungan pasien, sebelumnya banyak klinik yang masih menggunakan cara manual. Klinik tersebut akan mencatat setiap pasien yang datang berdasarkan nomor registrasi ke dalam sebuah buku khusus. Kemudian akan dianalisis secara berkala baik itu secara mingguan maupun bulanan. Cara tersebut selain dianggap sudah kurang sesuai perkembangan zaman, juga dinilai banyak memakan waktu. Maka dari itu, klinik masa kini penting untuk menggunakan aplikasi klinik. Adapun manfaat menggunakan layanan berbasis online ini adalah:

  • Lebih praktis

Menganalisis dengan cara konvensional sangatlah memerlukan waktu cukup lama. Mengingat Anda harus melihat dengan detail data kunjungan pasien dalam kurun waktu tertentu. Anda pun juga harus bekerja dua kali setelah mengetahui jumlah rekapannya, baru Anda menganalisisnya. Sementara itu, menggunakan aplikasi klinik, semua kendala ini dapat dipangkas sehingga waktu yang dibutuhkan lebih sedikit.

  • Meminimalisir biaya dan aman

Selain menghemat waktu, menganalisis kunjungan pasien manual juga meminimalisir biaya dan memberikan rasa aman. Data manual memerlukan ruang penyimpanan yang mumpuni seperti rak atau lemari yang mampu menjaga kelembaban suhu. Jika klinik memakai aplikasi berbasis online, ini tidak lagi dibutuhkan dan semua data kunjungan pasien akan terjaga dengan baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan data.

  • Mengurangi tingkat kesalahan

Terkadang dalam menganalisis data kunjungan pasien secara manual, tidak luput dari kesalahan. Ini disebabkan karena kurang jelinya petugas dalam melakukan analisis. Kejadian seperti ini bisa diminimalisir menggunakan aplikasi klinik. Sebab, semua data akan diproses secara otomatis dan Anda tinggal menganalisanya saja sesuai dengan kebutuhan klinik.

Cara menganalisa pasien dari grafik kunjungan pasien

Untuk bisa menggunakan aplikasi klinik, terlebih dahulu Anda harus menginstallnya pada peranti komputer klinik. Di Indonesia salah satu yang bisa digunakan ialah aplikasi klinik dari Vmedis. Penggunaannya pun sangat mudah. Pertama, Anda perlu mengklik menu ‘Pendaftaran Klinik’ dan lanjutkan ke menu ‘Laporan Data Kunjungan Pasien’.

Kedua, Anda bisa pilih berdasarkan periodenya, bisa berupa per minggu atau per bulan dalam tahun tertentu. Setelah itu, data akan muncul data pasien yang berkunjung dalam klinik tersebut. Data pasien ini bisa Anda filter berdasarkan nomor registrasi pasien, nama dokter, hingga poli. Data-data tersebut sangatlah rinci dan bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi.

Ingat, kunjungan pasien di sini tidak hanya sebatas pada pengobatan saja. Melainkan yang bisa dicatat adalah juga mengenai kunjungan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter dalam sebuah poli tertentu di klinik Anda. Bagaimana, cukup mudah bukan menganalisis kunjungan pasien menggunakan grafik maupun data dari layanan aplikasi klinik? Semoga bermanfaat.

Share