Cara Digital untuk kelola Laporan Keuangan Klinik Tanpa Ribet

Laporan Keuangan Klinik

Laporan Keuangan Klinik – Di samping memberikan pelayanan kesehatan berkualitas terbaik, klinik tetaplah sebuah usaha yang harus dipantau keberlangsungannya. Salah satu faktor paling penting yang menentukan kelancaran usaha klinik adalah keuangan. Kondisi keuangan kerap mencerminkan kondisi sebuah usaha. Hal ini berlaku pula pada usaha klinik.

Kabar baiknya, saat ini kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk mengelola laporan keuangan klinik secara lebih mudah dan tentunya tanpa ribet. Bagaimana caranya? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Gunakan aplikasi khusus untuk pengelolaan otomatis

Di era digital sekarang, sudah bukan zamannya mengelola laporan keuangan secara konvensional. Bukannya hal tersebut tidak bisa dilakukan, hanya saja akan memakan banyak waktu dan tenaga. Sekarang sudah tersedia aplikasi klinik khusus yang mampu membantu Anda mempermudah pengelolaan laporan keuangan. Bahkan jika Anda menggunakan aplikasi klinik Vmedis, Anda juga bisa sekaligus mengelola stok obat dan data pasien dalam satu platform yang sama.

Melalui aplikasi klinik Vmedis, seluruh data keuangan dapat tercatat secara otomatis sehingga begitu praktis. Dengan begini, risiko kesalahan atau human error pun bisa ditekan. Hasil laporan keuangan akan lebih akurat, memungkinkan Anda untuk melakukan analisis keuangan klinik secara lebih optimal.

Jangan lupa masukkan setiap data transaksi

Salah satu kunci akurasi laporan keuangan bisnis adalah memastikan bahwa seluruh data telah dicantumkan, terutama data transaksi. Dalam usaha klinik, data transaksi tidak hanya mencakup biaya yang diberikan pasien saat melakukan konsultasi dengan dokter, tetapi juga penjualan obat hingga utang piutang. Apabila menggunakan cara konvensional, risiko seperti hilangnya dokumen transaksi bisa saja terjadi.

Namun, dengan aplikasi klinik seperti Vmedis, segala pencatatan data transaksi bisa dikumpulkan menjadi satu dan diubah menjadi data digital. Aplikasi klinik akan menyimpan data-data tersebut secara aman dan sistematis, memudahkan Anda jika ingin mencari suatu data di hari-hari mendatang.

Catat setiap utang dan piutang

Ada dua hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat menyusun laporan keuangan klinik, yaitu utang dan piutang. Utang adalah uang yang Anda pinjam dari pihak lain, sedangkan piutang merujuk pada penagihan kepada pihak lain yang berutang kepada Anda. Dengan mencatat dan mengetahui setiap utang dan piutang usaha klinik, Anda bisa lebih mudah memprioritaskan utang yang mana untuk dilunasi sekaligus menekan risiko piutang yang tidak tertagih.

Mungkin memang terdengar cukup rumit, tetapi pada praktiknya bisa lebih mudah selama Anda menggunakan aplikasi klinik seperti Vmedis. Setiap transaksi utang piutang bisa tercatat secara otomatis pada laporan keuangan sehingga menghemat waktu dan tenaga Anda.

Susun berbagai laporan keuangan dengan praktis

Tahukah Anda bahwa laporan keuangan terdiri beberapa jenis yang lebih spesifik? Contohnya seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, bahkan hingga laporan pajak. Penting bagi Anda untuk menyusun masing-masing laporan keuangan berdasarkan fungsinya tersebut. Tidak hanya lebih sistematis, Anda pun jadi lebih mudah dalam melakukan analisis keuangan dan merefleksikannya pada kondisi bisnis klinik Anda.

Tidak perlu bingung harus melakukan penyusunan laporan keuangan satu per satu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi klinik seperti Vmedis mampu mencatat seluruh transaksi keuangan secara otomatis dalam modul keuangan. Nah, seluruh data ini akan digunakan menyusun laporan laba rugi, neraca, bahkan hingga laporan pajak secara real-time untuk Anda.

Jadi, demi kemajuan usaha klinik sekaligus efisiensi pelayanan kesehatan, sudah saatnya Anda beralih mengelola laporan keuangan klinik secara digital. Aplikasi klinik Vmedis dapat membantu Anda melakukan berbagai hal yang disebutkan di atas. Untuk informasi lebih lanjut, langsung saja kunjungi situs www.vmedis.com.

Share