Site icon Vmedis.com : Software Apotek dan Klinik TERBAIK No. 1 di Indonesia

Berikut ini merupakan tugas distributor, kecuali…

berikut ini merupakan tugas distributor kecuali

Sebuah perusahaan atau pabrik pastinya memiliki setiap komponen yang bertugas untuk mengatasi kegiatan produksi hingga pemasaran. Salah satunya yaitu bagian distributor yang penting untuk menjembatani antara produsen dan konsumen. Namun terdapat penjelasan berikut ini merupakan tugas distributor, kecuali.

Apa Itu Distributor?

Distributor merupakan pihak yang melakukan kegiatan distribusi atau menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Para distributor jarang untuk menjual barang produksi ke konsumen langsung. Mereka akan bekerja sama dengan pihak yang akan membeli produk secara grosir. Distributor sangat penting bagi perusahaan. 

Bukan Tugas Dari Seorang Distributor

Dalam setiap proses distribusi pastinya harus mematuhi dan menjalankan setiap perintah yang ada serta sesuai dengan peraturan. Menjadi distributor umumnya akan menyalurkan barang kepada para konsumen. Namun terdapat beberapa hal yang bukan tugas distributor. Berikut ini merupakan tugas distributor, kecuali.

1. Melakukan Proses Produksi

Para sobat Vmedis, yang bukan merupakan tugas distributor yang pertama yaitu melakukan proses produksi. Dalam sebuah perusahaan atau pabrik terdapat beberapa bagian seperti produksi, distribusi, dan konsumsi. Untuk yang melakukan tindakan produksi bukanlah distributor melainkan seorang produsen.

Mereka yang bekerja sebagai buruh atau yang bekerja di bagian produksi disebut sebagai produsen. Nantinya mereka yang akan mengolah bahan baku mentah menjadi barang siap konsumsi. Setelah barang produksi itu selesai dalam pengemasan maka tugas akan beralih ke pihak distributor. 

2. Menyimpan dan Mengeluarkan Barang Produksi

Untuk berikut ini merupakan tugas distributor kecuali menyimpan dan mengeluarkan barang produksi. Setelah barang hasil produksi jadi maka akan melalui tahap pengemasan. Biasanya setiap kemasan tersebut akan disimpan terlebih dahulu ke dalam gudang penyimpanan yang besar sebelum pendistribusian.

Nantinya orang – orang yang akan bertugas menyimpan barang yaitu dari pihak gudang. Mereka yang akan mengambil kemasan barang produksi dan menatanya ke dalam gudang. Jika nantinya ingin melakukan distribusi maka barang akan mereka keluarkan dan masukan ke dalam truk. 

3. Melakukan Kegiatan Jual Beli Barang dan Jasa

Berikutnya yaitu melakukan kegiatan jual beli barang dan jasa. Hal tersebut merupakan bukan dari tugas seorang distributor. Pihak distribusi secara umum bertugas menyalurkan barang dari hasil produksi. Nantinya barang yang tersalurkan ke berbagai wilayah akan mereka stok ke pihak penggrosir.

Kemudian barang – barang tersebut sudah tersebar ke berbagai wilayah dan tersedia di setiap toko atau lainnya. Setelah itu para konsumen yang membutuhkan barang tersebut yang akan membelinya. Jadi distributor di sini tidak membeli barang dari produsen dan hanya menyalurkannya saja. 

4. Menjual Kembali Barang Dari Produksi

Untuk satu ini juga bukan bagian dari tugas distributor yaitu menjual kembali barang produksi. Seorang distributor tidak berwenang untuk menjual kembali barang produksi dan dengan harga yang berbeda dari yang sudah pihak perusahaan tentukan. Biasanya yang memiliki tindakan tersebut yaitu seorang reseller. 

Sudah Paham Apa yang Bukan Tugas Dari Distributor?

Dengan demikian, setiap bagian dalam perusahaan memang sangat penting untuk menunjang kemajuan nantinya. Salah satu bagian terpenting yang menjangkau pihak produsen dengan konsumen yaitu para distributor. 

Tanpa adanya mereka, tidak akan bisa orang – orang menikmati atau menggunakannya. Sebagai distributor obat juga harus bertugas secara hati – hati dan bertanggung jawab karena membawa produk kesehatan yang dikonsumsi. 

Nah, Untuk kamu yang memiliki apotek dan ingin mencatat barang yang datang dengan mudah dapat menggunakan Software Apotek dari Vmedis. Dengan bantuan aplikasi ini, pendataan jadi akurat dan cepat. Tertarik untuk mencoba? Semoga berhasil!

Exit mobile version