fbpx

Tips Belajar Bisnis Apotek dari Nol Agar Sukses untuk Pemula

Tips Belajar Bisnis Apotek dari Nol Agar Sukses untuk Pemula

Belajar bisnis apotek di zaman sekarang menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi di era new normal ini, banyak orang semakin sadar akan pentingnya kesehatan. Namun, tahukah kamu bagaimana cara membuka bisnis kesehatan ini dari nol? Simak artikel ini untuk tips lengkapnya!

Tips Belajar Bisnis Apotek dari Nol untuk Pemula

Membuka bisnis kesehatan khususnya dalam bidang penyedia obat-obatan sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, beda hal jika kamu masih pemula dalam dunia apoteker. Oleh karena itu, kamu butuh beberapa tips ini agar bisa sukses memulai bisnis apotek:

1. Pelajari Dasar Bisnis Apotek Terlebih Dahulu

Langkah paling awal untuk membangun bisnis apotek adalah mempelajari dasar bisnis itu sendiri. Kamu harus tahu perizinan, cara penyimpanan dan penanganan obat, pelayanan pelanggan, serta jenis obat yang bisa dan boleh di beli oleh pasien. 

2. Mencari dan Meriset Lokasi Strategis

Berikutnya adalah mencari dan meriset lokasi yang strategis. Karena apotek akan menjadi garda terdepan yang menyiapkan obat dari para pasien. Sehingga, kamu harus mencari lokasi yang mudah diakses serta punya sirkulasi lalu lintas yang cukup ramai.

3. Mengurus Perizinan 

Belajar tentang mengenai perizinan juga penting ketika membangun bisnis apotek. Pastikan seluruh usaha yang kamu kerjakan mendapatkan izin yang sesuai. Terutama kamu harus terdaftar dalam Kemenkes dan memiliki SIPA (Surat Izin Praktik Apoteker). Selain itu, beberapa syarat berikut juga harus kamu penuhi, yaitu:

  • STRTTK (Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian) untuk penanggungjawab.
  • SIKTTK (Surat Izin Kerja Tenaga Teknis Kefarmasian) untuk untuk penanggungjawab.
  • Denah bangunan sesuai lokasi bisnis.
  • Ketersediaan sarana dan prasarana bisnis.
  • Serta yang paling penting adalah berita acara pemeriksaan dari Kemenkes setempat.

4. Rekrut Pegawai

Langkah selanjutnya adalah melakukan rekruitmen pegawai. Selaku pemilik usaha kamu tidak akan sanggup menangani semuanya sendirian seiring berkembangnya usaha. Kamu bisa merekrut tenaga ahli bidang farmasi atau TTK di bawahnya.

5. Riset Pasar Apotek di Lingkungan Bisnis

Melakukan riset juga menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Penilaian dan kepekaan kamu terhadap kondisi pasar menjadi penentu jalannya usaha. Kamu juga harus tahu beberapa poin berikut untuk menentukan strategi bisnis:

  • Tingkat kompetisi yang terjadi.
  • Siapa saja kompetitor dan apa strategi yang digunakan.
  • Kebutuhan konsumen terhadap produk farmasi.
  • Persaingan harga per produk farmasi.

6. Membuat Strategi Bisnis dan Juga SOP Kerja

Hal berikutnya yang perlu kamu dalami saat belajar bisnis apotek adalah bagaimana cara membuat strategi dan SOP yang tepat. Kamu harus memikirkan strategi mulai dari penanganan stok opname produk, teknik penyimpanan, pemasaran, struktur organisasi, dan SOP untuk para pekerja di masing-masing bidang.

7. Membuat Sistem 

Agar bisnis kamu lebih lancar, kamu harus membuat sistem yang baik sedari awal. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk langsung membuat dan membiasakan menggunakan sistem digital.

Karena sistem digital dapat mengatur segala kebutuhan lingkup kerja bisnis apotek. Mulai dari masalah pergudangan, perputaran uang, mesin kasir dan stok otomatis, serta pembuatan laporan. 

Kamu Siap Menerapkan Tips Belajar Bisnis Apotek di Atas?

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat belajar bisnis apotek. Kamu sekarang tahu bahwa sistem digital menjadi salah satu aspek penting yang dapat membantu kamu membangun bisnis Apotek. Salah satu sistem digital yang bisa kamu gunakan adalah Aplikasi Apotek dari Vmedis.  

Vmedis bisa membuat segala pekerjaanmu jadi jauh lebih mudah. Bahkan, aplikasi ini juga sudah dipercaya ribuan apotek di seluruh Indonesia, lho. Karena itu, kamu tidak perlu ragu. Sekarang adalah giliranmu untuk memulai bisnis bersama Vmedis!

Share
WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?