fbpx

Mengenal Apotek Online BPJS: Cara Daftar dan Manfaatnya

Aplikasi Apotek Online BPJS

Apotek Online BPJS merupakan program terbaru dari BPJS Kesehatan berwujud aplikasi yang berguna untuk memudahkan pesertanya dalam memperoleh obat di apotek. Rilis pada Agustus 2018 lalu, program ini bertujuan untuk menjembatani apoteker dan fasilitas kesehatan dengan peserta BPJS dalam proses pemberian maupun pengambilan obat.

Untuk mengetahui cara daftar beserta manfaatnya, mari kenali terlebih dahulu mengenai aplikasi Apotek Online BPJS ini dalam pembahasan berikut!

Sekilas Tentang Apotek BPJS Online

Bagi Sobat Vmedis yang merupakan termasuk peserta BPJS mungkin pernah merasa kesulitan dalam mendapatkan obat dari apotek karena ketersediaannya yang minim. Maka dari itu, BPJS Kesehatan merilis aplikasi Apotek Online agar masyarakat dapat mengakses perawatan kesehatan secara lebih optimal, tak terkecuali obat-obatan.

Dengan adanya aplikasi ini, pihak berkepentingan mulai dari apoteker, peserta BPJS, dan fasilitas kesehatan dapat memperoleh kemudahan dalam pemerolehan obat. Dan lagi, semua apotek rujukan BPJS terintegrasi dengan aplikasi Apotek Online yang membuat pelayanan obat jadi lebih maksimal.

Manfaat Apotek Online BPJS

Setelah mengetahui mengenai aplikasi Apotek Online, selanjutnya Sobat Vmedis juga harus tahu apa saja manfaat dari aplikasi ini. Baik itu untuk peserta BPJS, apoteker, fasilitas kesehatan (faskes), hingga BPJS Kesehatan sendiri.

1. Bagi Peserta BPJS

Pihak pertama yang dapat merasakan manfaat dari aplikasi Apotek Online BPJS sudah pasti peserta BPJS. Seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya bahwa aplikasi ini sudah diterapkan di semua apotek rujukan BPJS.

Dengan begitu, peserta BPJS memperoleh akses untuk mengurus dan mengambil obat secara Online dimanapun dan kapan pun. Bukan cuma itu, peserta BPJS juga memperoleh akses untuk mengetahui riwayat pelayanan yang  dalam mengurus obat-obatan di apotek.

Peserta BPJS juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tebusan obat karena sudah ter-cover oleh BPJS Kesehatan. Kendala jarak tak lagi menjadi persoalan untuk memperoleh obat karena sistemnya yang sudah terdigitalisasi.

2. Bagi Apoteker

Sedangkan bagi apoteker, manfaat aplikasi Apotek Online dapat membantu dalam memperoleh laporan atas keluhan mengenai ketersediaan obat. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pihak apoteker untuk mencatat atau merekap resep obat serta mengakses perubahan harga obat.

Menariknya lagi, semua proses administratif tersebut dapat dilakukan secara real-time. Jadi, data yang tersaring pun lebih akurat dan aktual. Hal ini tentu berdampak positif pada meningkatnya segi pelayanan kesehatan masyarakat.

3. Bagi Fasilitas Kesehatan (Faskes)

Manfaat berikutnya dari dari aplikasi ini juga berlaku untuk faskes, terutama perihal kecepatan dan ketepatan dalam mengetahui apakah persediaan obat-obatan di apotek rujukan BPJS masih tersedia atau tidak. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pihak faskes dalam melakukan klaim obat di luar BPJS dengan lebih cepat.

4. BPJS Kesehatan

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan layanan kesehatan masyarakat, BPJS Kesehatan pun juga turut merasakan manfaat dari aplikasi Apotek Online. Salah satunya, pihak BPJS Kesehatan dapat mengaktualisasi data, mulai dari informasi tentang karakteristik peserta, diagnosis, fasilitas kesehatan, jenis layanan, hingga biayanya.

Selain itu, aplikasi Apotek Online ini juga membantu dalam proses akurasi dan utilisasi data obat di luar paket layanan BPJS. Ini juga menjadi bukti bahwa BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan yang transparan kepada masyarakat.

Cara Daftar Aplikasi Apotek Online BPJS

Selanjutnya yang perlu Sobat Vmedis ketahui sebelum menggunakan aplikasi ini adalah mengenai cara daftar aplikasi Apotek Online. Sobat Vmedis harus tahu apa saja dokumen yang harus disiapkan beserta alur pendaftarannya. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak cara daftarnya berikut ini:

1. Perhatikan Kelengkapan Dokumen

Hal pertama yang harus Sobat Vmedis perhatikan sebelum mendaftar tentu saja memperhatikan kelengkapan dokumen. Syarat untuk mendaftar aplikasi ini adalah bahwa Sobat Vmedis harus memiliki salinan resep serta surat keterangan dari fasilitas kesehatan bahwa ketersediaan obat yang dibutuhkan sudah habis.

2. Pendataan Resep

Setelah Sobat Vmedis menyerahkan dokumen, petugas akan memberikan fotokopi surat eligibilitas untuk menebus obat yang bisa dilakukan di semua apotek rujukan. Kemudian, buka aplikasi Apotek Online dan pergi ke menu Faskes Asal Resep untuk melakukan pendataan resep.

3. Validasi Obat

Setelah daftar resep terdata, maka pihak apoteker akan memvalidasi obat berdasarkan kode yang sudah diinput ke aplikasi. Perlu Sobat Vmedis catat bahwa resep yang sudah diverifikasi tidak dapat diinput kembali.

Jadi, apabila batal menginput, menghapus, atau gagal verifikasi kode resep, maka Sobat Vmedis harus menginput ulang. Resep obat yang telah diinput dan diverifikasi harus diambil sebelum melebihi batas 30 hari.

Sudahkah Sobat Vmedis Mencoba Aplikasi Apotek Online BPJS?

Nah, demikianlah informasi terkait aplikasi Apotek Online BPJS yang perlu Sobat Vmedis tahu. Proses monitoring persediaan obat juga bisa kamu dapatkan di Vmedis yang merupakan software apotek terbaik di Indonesia, baik dalam bentuk aplikasi mobile maupun web. Jadi, kini tidak perlu repot mengurus BPJS secara manual dan menghabiskan waktumu. Selamat mencoba!

Share
WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?