Apotek Hidup, Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

Aplikasi Apotek Hidup

Tanaman herbal memiliki banyak manfaat sebagai apotek hidup atau obat-obatan tradisional yang bisa Sobat Vmedis tanam di halaman rumah. Dengan memiliki tanaman herbal ini, Sobat dapat meracik obat-obatan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti batuk, pilek, demam, dan lain sebagainya.

Tentunya, apotek hidup ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan dan meminimalisir kemungkinan terkena penyakit.

Manfaat Apotek Hidup

Apotek hidup tidak hanya memudahkan Sobat Vmedis untuk mendapatkan obat-obatan herbal saja. Ternyata, tanaman herbal tersebut memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

  1. Memperbaiki kualitas udara di lingkungan rumah.
  2. Mempercantik halaman rumah.
  3. Menambah persediaan bumbu masak.
  4. Mengatasi berbagai macam penyakit ringan hingga komplikasi untuk anggota keluarga.
  5. Menghemat biaya untuk berobat ke rumah sakit atau membeli obat-obatan.
  6. Melestarikan tanaman herbal.

Jenis Tanaman Herbal yang Wajib Sobat Vmedis Miliki di Rumah

Indonesia terkenal akan kekayaan rempah dan tanaman liar lainnya. Tidak heran jika kita bisa menemukan tanaman herbal yang dapat subur dengan mudah di pekarangan rumah kita. Berikut adalah beberapa jenis tanaman herbal yang bisa Sobat Vmedis lestarikan di pekarangan rumah:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan apotek hidup yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan hingga perawatan tubuh.

Lendir yang dihasilkan dari tanaman lidah buaya dapat Sobat manfaatkan sebagai penyubur rambut. Selain itu, lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai obat herbal untuk mengatasi penyakit seperti radang dan sembelit.

2. Tomat

Memang biasanya tomat kerap digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun, ternyata tomat memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kita.

Salah satunya adalah mengontrol tekanan darah dan sembelit. Selain itu, tomat kaya akan vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh Sobat Vmedis dan menjaga kesehatan kulit.

3. Daun Sirih

Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman apotek hidup yang wajib Sobat Vmedis miliki di pekarangan rumah, apalagi jika Sobat Vmedis memiliki lahan pekarangan yang sangat terbatas.

Manfaat dari daun sirih ini sangat banyak, daun sirih dapat menghambat pendarahan, mengobati batuk, dan memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

4. Jahe

Meskipun terasa sedikit pahit dan pedas, namun jahe memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain untuk pelengkap masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu kandungan yang ada di dalam jahe adalah Zingiberaceae yang dapat mengatasi masalah pencernaan mual, kekebalan tubuh, dan masih banyak lainnya.

5. Kunyit

Tanaman apotek hidup yang wajib Sobat Vmedis miliki selanjutnya adalah kunyit. Kunyit memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan perawatan tubuh. 

Anda dapat menumbuk kunyit hingga menjadi bubuk halus. Bubuk tersebut sangat berguna untuk mengatasi berbagai penyakit seperti maag dan radang. Selain itu, kunyit juga memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dan dapat mencegah penyakit kanker.

6. Daun Jarak

Apabila Sobat Vmedis sering mengalami gatal-gatal atau jamur, maka Sobat wajib memiliki tanaman ini di pekarangan rumah Anda. Pasalnya, daun jarak dikenal memiliki khasiat untuk mengatasi masalah gatal-gatal, koreng, hingga jamur pada kulit.

Selain itu, daun jarak juga sering digunakan untuk mengatasi bengkak akibat pukulan atau benturan. Biasanya, ibu rumah tangga juga kerap menggunakan daun jarak ini untuk mengatasi kembung yang dimiliki oleh anaknya.

Selain menanam apotek hidup, Sobat juga bisa menemukan obat-obatan herbal dengan lengkap melalui Software Apotek Vmedis, loh. Melalui aplikasi ini, maka Sobat bisa mendapatkan obat dengan mudah melalui apotek terdekat. Cukup pesan lewat rumah, tanpa antre dan ribet. Tertarik mencoba?

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?