Site icon Vmedis.com : Software Apotek dan Klinik TERBAIK No. 1 di Indonesia

Aplikasi Rekam Medis: Ini Manfaatnya Bagi Dunia Medis

Aplikasi Rekam Medis

Pelayanan kesehatan saat ini berkembang secara cepat ke arah yang lebih baik. Tentu saja, hal ini adalah hasil dorongan dari kemajuan teknologi yang sangat bermanfaat. Salah satu dampak kemajuan tersebut bagi dunia kesehatan adalah munculnya aplikasi rekam medis yang memungkinkan adanya digitalisasi data-data penting yang berguna bagi pelayanan kesehatan masyarakat.

Seberapa pentingkah aplikasi rekam medis? Yuk simak selengkapnya di artikel yang satu ini. Jangan lupa siapkan alat tulis Sobat Vmedis, barangkali nantinya akan ada informasi yang penting bisa Sobat catat.

Apa Itu Rekam Medis?

Buat Sobat Vmedis yang tidak bekerja di bidang kesehatan, meskipun familiar  di telinga dengan istilah rekam medis pastinya masih bingung apakah sebenarnya hal itu.

Jadi yang Sobat Vmedis dengar sebagai rekam medis adalah kumpulan data-data atau informasi tentang kondisi seorang pasien yang mendapatkan layanan kesehatan. Isinya sangat bermacam-macam, mulai dari kartu riwayat pemeriksaan hingga tindakan-tindakan yang pernah pasien dapat selama berobat di sebuah rumah sakit.

Seseorang yang mengelola data-data atau informasi tersebut adalah seorang staf ahli informasi medis atau petugas rekam medis. Data-data yang oleh petugas rekam medis olah berfungsi sebagai pedoman pemeliharan serta langkah awal pengobatan seorang pasien.

Selain berguna untuk tindakan pengobatan, di luar itu sebuah rekam medis pasien berguna untuk dokumen pembuktian di depan pengadilan jika dibutuhkan, menjadi bahan sumber penelitian dan edukasi, pedoman pembayaran pelayanan kesehatan pasien, serta data statistik kesehatan.

Manfaat Adanya Aplikasi Rekam Medis bagi Dunia Kesehatan

Sobat Vmedis pastinya sudah lebih paham mengenai apa itu rekam medis lewat ulasan di atas. Kini mari lanjut pembahasan manfaat dari adanya aplikasi rekam medis.

1. Pelayanan Lebih Efektif dan Efisien

Tentu saja, di dunia yang semakin serba digital seperti sekarang ini adanya aplikasi khusus untuk menangani data informasi pasien menjadi penting. 

Penanganan data rekam medis secara manual akan memakan waktu yang lama. Terutama jika ingin temu balik data, jika masih berupa kertas berkas tersebut bisa saja sulit untuk Sobat Vmedis ditemukan sebagai seorang petugas informasi.

Karena itu adanya aplikasi untuk pengolahan data tersebut bisa mempermudah pekerjaan. Nantinya layanan informasi menjadi lebih efektif dan efisien. Apalagi jika hal itu berbasis online, maka datanya akan sulit untuk rusak dan mudah ditemukan.

2. Mengurangi Human Error

Pendataan rekam medis yang manual biasanya memiliki banyak celah kesalahan. Apalagi karena berbasis pada manusia. Data-data tersebut bisa tercecer atau tercampur baur. Sehingga membuat data atau informasi untuk penanganan medis terhambat.

Keberadaan dari sebuah aplikasi tentu saja untuk mengurangi adanya hal tersebut. Yang perlu Sobat Vmedis ingat bahwa rekam medis pasien adalah pedoman bagi dokter untuk melakukan tindakan.

3. Aplikasi Rekam Medis Bisa Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Kelebihan dari penggunaan aplikasi rekam medis tentu saja adalah kecepatan temu balik informasinya. Dengan adanya kecepatan ini membuat tindakan untuk pasien bisa terlaksana dengan segera.

Pelayanan yang cepat membuat pasien lebih segera bisa dokter tolong. Bayangkan saja jika efisiensi dan kecepatan tidak bisa dimaksimalkan, maka penanganan pasien bisa tersendat.

Aplikasi Rekam Medis Terbaik, Vmedis Pilihannya!

Sobat Vmedis sudah tahu seberapa pentingnya aplikasi rekam medis seperti yang ada di atas. Penting sekali buat Sobat Vmedis yang memiliki klinik. Kemana harus memulai digitalisasi data ini? Tentu saja dengan memanfaatkan Vmedis sebagai penyedia software klinik terbaik di Indonesia. Yuk, kelola administrasi secara canggih dengan software Vmedis!

Exit mobile version