Apa Itu Emulsi? Penjelasan dan Cara Pembuatannya!

apa itu emulsi

Ketika kita mendengar kata “Emulsi” yang ada pada pikiran kita mungkin praktikum minyak dan air yang pernah kita lakukan saat Sekolah Menengah Atas. Lalu sebenarnya, apa itu emulsi dan bagaimana cara kerjanya?

Emulsi adalah sesuatu zat berjenis koloid dimana zat ini akan ada pada fase yang melakukan dispersi ke fase lainnya karena adanya bantuan dari zat pengemulsi. Singkatnya, emulsi ini adalah penggabungan dua buah zat yang tidak bisa bergabung menjadi satu kesatuan. 

Komponen Emulsi

Emulsi sendiri mempunyai dua komponen yang terkandung dan menjadi dua golongan, yaitu sebagai berikut :

1. Komponen Dasar Emulsi

Komponen dasar ini adalah bahan-bahan yang terdapat pada suatu emulsi untuk dapat menggabungkan kedua zat yang biasanya tidak akan menyatu. Komponen ini terdiri atas 3 bagian :

  • Fase Internal 

Fase ini mempunyai banyak nama, seperti fase dispersi dan fase discontinue. Maksudnya pengemulsi tersebut berbentuk sebagai zat cair yang terbagi menjadi butiran kecil hingga dapat bergabung dengan butiran kecil lainnya.

  • Fase Eksternal

Pada fase komponen dasar emulsi kedua ini, zat emulsi berfungsi sebagai bahan pendukung terjadinya proses penggabungan kedua zat tersebut.

  • Emulgator

Pada komponen ketiga ini, emulsi berfungsi sebagai bahan stabilizer penggabungan. Biasanya, zat-zat yang berfungsi menjadi emulgator ini adalah agar-agar, gelatin, kuning telur, sabun dan magnesium Aluminium Silikat.

2. Komponen Tambahan

Untuk komponen yang satu ini, zat-zat yang termasuk ke dalamnya berfungsi sebagai bahan tambahan agar memperoleh hasil yang baik dalam penggabungan dua zat tersebut. Contoh dari komponen-komponen tambahan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Corrigen (Actionis sebagai zat perbaikan cara kerja obat, Colouris sebagai zat perubahan warna obat, Solubillis sebagai zat perbaikan kelarutan obat).
  • Preservativ, tujuannya untuk mengawetkan. Contoh zatnya adalah asam benzoate dan asam sorbet.
  • Anti Oksidan, contohnya adalah asam sitrat dan asam askorbat.

Cara Pembuatan Emulsi

Selain mengetahui apa itu emulsi, Sobat Vmedis juga harus tahu bagaimana proses dan cara pembuatan emulsi. Ada 3 metode cara pembuatan emulsi yang ada. Berikut ini penjelasannya:

1. Metode Continental

Pada metode ini, zat pengemulsi atau zat pencampur akan dicampurkan ke dalam minyak. Setelah zat nya tercampur, minyak tersebut akan dicampur dengan air secara perlahan. Hal ini bertujuan sebagai pembentukan corpus emulsi. Setelah itu minyak akan diaduk dan diencerkan dengan air yang telah tersisa.

2. Metode Inggris

Untuk metode inggris ini, zat pengemulsi akan lebih dulu masuk ke dalam air. Hal ini bertujuan agar air membentuk suatu mucilago (polimer alam).

Setelah itu, minyak akan dengan perlahan-lahan dimasukkan ke atas air untuk bersatu dan membentuk emulsi. Setelah minyak bersatu dengan air, barulah kedua cairan tersebut diencerkan lagi dengan sisa air yang ada.

3. Metode Botol

Metode botol ini cocok menjadi metode saat minyak menguap. Minyak yang sudah mengalami proses penguapan akan melepas zat-zat yang mempunyai viskositas yang rendah. 

Hal ini akan menyebabkan minyak akan kehilangan kekentalannya. Setelah itu, minyak dan pengemulsi akan bersama-sama dimasukkan ke dalam satu botol kering sebelum air. Setelah ketiga zat tercampur, botol akan dikocok keras sampai kedua zat tersebut bergabung.

Sudah Tahu Apa Itu Emulsi?

Itulah beberapa penjelasan dan jawaban atas pertanyaan apa itu emulsi. Jika Sobat Vmedis perlu membeli obat tanpa ribet keluar rumah, bisa menggunakan Software Apotek Vmedis, sebagai software terbaik di Indonesia. Selain itu, software ini juga dapat membantu kamu yang mempunyai masalah seputar apotek, loh. Selamat mencoba!

WeCreativez WhatsApp Support
Kami ada untuk membantu Anda, silakan tanya apa saja!
👋 Hi, ada yang ingin ditanyakan tentang aplikasi kami?